Crown Shyness, fenomena apakah itu?

image

Ada sebuah fenomena alam yang cukup aneh yang membuat banyak ilmuwan bingung. Fenomena tersebut adalah Crown Shyness. Apakah itu Crown Shyness?

Crown Shyness adalah pelepasan kanopi. Hal ini terjadi di mana mahkota beberapa jenis pohon tidak saling bersentuhan, tapi dipisahkan oleh celah yang terlihat sangat jelas dari permukaan tanah.

Ada banyak teori yang beredar di kalangan ilmiah untuk menjelaskan fenomena alam yang aneh ini. Menurut ahli hutan asal Australia, M.R. Jacobs, fenomena ini terjadi karena tiap pohon tumbuh sensitif terhadap abrasi, yang berakibat dengan kesenjangan kanopi atau Crown Shyness. Namun beberapa ilmuwan mengatakan bahwa Crown Shyness merupakan pertahanan alami pohon dari penyabaran serangga pemakan daun. Lalu seorang ilmuwan Malaysia mengatakan bahwa pohon yang tumbuh peka terhadap tingkat cahaya dan berhenti tumbuh jika mereka terlalu dekat dengan pohon lainnya. Hal ini karena tanaman dapat mendeteksi frekuensi cahaya tertentu. Namun teori-teori tersebut juga masih belum bisa dipastikan kebenarannya, semuanya masih menjadi misteri.

baca artikel