Corregidor Island, Filipina, Pulau berhantu!

image

Filipina punya pulau berhantu bernama Corregidor Island di Teluk Manila. Pulau yang bakal bikin siapa saja merinding, sebab diperkirakan belasan ribu tentara dari Filipina, AS dan Jepang tewas mengenaskan di pulau tersebut saat Perang Dunia II. Sejarahnya, Corregidor Island dikuasai oleh AS pada tahun 1570 sampai 1898 untuk dijadikan basis militer dan penjara. Bagaimanakah kisahnya?

Mereka kala itu berperang dengan Spanyol. Lalu di abad ke-19, tentara AS membuat pangkalan perang yang besar di sana untuk menjaga kekuasaannya di Asia. Kemudian ketika Jepang mengebom Pearl Harbour pada tahun 1941, tentara AS menarik mundur pasukannya dari Hawaii ke Corregidor Island. Jepang pun makin beringas dan pertempuran selanjutnya pecah di sana yang disebut Battle of Corregidor. 1.000 Tentara AS dan 6.500 tentara Jepang tewas dalam peperangan tersebut.

Kemudian, Jepang berhasil menduduki pulaunya dan menahan 3.000 tentara AS. Mereka semua disiksa dan banyak yang mati kelaparan. Namun laporan lain menyebutkan, terdapat 3.000 tentara Jepang yang tewas dengan cara bunuh diri setelah mendengar kabar kekalahan Jepang akibat pengeboman Hiroshima dan Nagasaki. Usut punya usut, itu menjadi salah satu kasus bunuh diri masal terbesar di dunia.

sumber