Coping Mechanism, baik atau buruk bagi kesehatan mental?

Akhir akhir ini, istilah Coping Mechanism sering menjadi perbincangan di sosial media. Tapi apa yang sebenarnya dimaksud dengan coping mechanism ini?

Coping mechanism adalah sebuah cara atau strategi untuk menghadapi stress. Sebagai manusia, rentan sekali untuk stres, bisa dikerenakan oleh akibat dari kejadian negatif seperti putus dengan pasangan, tapi juga bisa disebabkan oleh kejadian positif, seperti memiliki pekerjaan baru.

Banyak orang yang memiliki coping mechanism seperti melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga yoga, selain menjaga kesehatan dapat juga menjadi stress relief. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika coping mechanism seseorang itu hanya mengatasi stres secara sementara dan menimbulkan hal akibat buruk yang berjangka panjang, seperti mengkonsumsi minuman beralkohol atau mengisolasi diri. Coping mechanism ini disebut sebagai maladapative coping, bentuknya hanya mengabaikan dan menghindari masalah.

Lalu, dari kedua jenis coping mechanism ini, menurut teman-teman, apakah coping mechanism itu berpengaruh baik atau buruk terhadap kesehatan mental seseorang?

Referensi

“Coping Mechanism” Good Therapy, diakses melalui https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/coping-mechanisms pada 19 Juli 2021.