Conceptual Diagram

Definisi


Conceptual Diagram atau Diagram konseptual adalah representasi visual dari bagaimana system bekerja yang terbuat dari susunan konsep yang digunakan untuk membuat orang tahu, mengerti, atau menstimulasikan subjek model yang ditampilkan. Beberapa dari modelnya merupakan objek fisik; sebagai contoh model mainan yang dapat dirakit dan dapat bekerja seperti objek yang diwakilinya.
Conceptual diagram adalah alat yang berguna selama proses pengidentifikasi stressor dari penyusunan awal brainstorming untuk menyediakan kerangka kerja pengumpulan dan analisis data demi mencapai suatu hasil. Diagram ini dapat digunakan untuk mengacu kepada model yang terbentuk setelah proses konseptualisasi atau generalisasi.
Conceptual diagram juga menyajikan gambaran umum tentang bagaimana stressor tertentu yang mungkin dapat dihubungkan dengan sumber dan efek biologis dengan menggambarkan potensi hubungan antara stressor dan kemungkinan sumber-sumber dan efek berdasarkan literature ilmiah dan penilaian professional. Penyertaan hubungan menunjukkan bahwa hubungan tersebut bisa terjadi atau juga tidak selalu terjadi.
Model konseptual memiliki tipe yang bervariasi, mulai dari yang lebih konkret seperti gambaran mental dari objek fisik yang familiar hingga sifat umum dan keabstrakan model matematika yang tidak dapat dibayangkan. Selain itu model konseptual juga bervariasi dari lingkup pokok permasalahan

Tujuan


• Meningkatkan pemahaman individu dari sistem representative
• Memberi titik acu bagi perancang sistem untuk mengambil spesifikasi sistem.
• Mendokumentasikan sistem untuk referensi di masa mendatang dan menyediakan sarana untuk berkolaborasi/bekerja sama.
• Pengembangan model konseptual merupakan langkah pertama dalam mengembangkan model kuantitatif yang lebih rinci.
• Pengembangan interaktif dari model konseptual dapat digunakan dengan sangat efektif sebagai lingkungan belajar Interactive Engagement (baca di: http://serc.carleton.edu/introgeo/models/IntEng.html)
• Pada beberapa permasalahan, partisipasi siswa dalam pengembangan dan validasi model konseptual akan membantu mereka memahami bahwa proses fisik merupakan tujuan pembelajaran yang berharga.
Selain itu pengembangan model ini dapat membantu memperkenalkan siswa untuk berpikir konseptual. Misalnya feedback loop positif dan negatif akan lebih kualitatif dibahas dan diidentifikasi dengan diagram lingkaran sebab akibat. Dalam hal ini juga membantu siswa berpindah dari pemikiran yang linear ke pemikiran sistem.

Kelebihan Model Konseptual


• Tidak memperhatikan apa tujuan utamanya untuk lebih mengembangkan topik yang kualitatif dan kuantitatif.
• Memberi pemahaman tentang ide yang baik untuk sedikit melangkah mundur dan membahas model konseptual dari proses tersebut. Atau dengan kata lain untuk mengembangkan kerangka kerja konseptual.
• Menyampaikan prinsip dan fungsi dasar dari system yang diwakili.
• Memberikan sistem interpretasi yang mudah untuk penggunanya.
• Membantu menjelaskan dan membahas fitur menarik di set data.

Komponen


Dalam setiap bentuk, ↑ menunjukkan peningkatan, ↓ menunjukkan penurunan, dan Δ menunjukkan perubahan dalam parameter yang diberikan, baik melalui waktu atau jika dibandingkan dengan sebuah situs referensi. Panah yang mengarah dari satu bentuk dengan yang lainnya menunjukkan hubungan kausal potensial, yang dapat diartikan sebagai bentuk asal yang mengakibatkan atau mengarah ke bentuk yang menunjuk. Kurung terkemuka dari satu bentuk ke bentuk lain menunjukkan hubungan hirarkis, dengan bentuk tanda kurung menjadi sub-kategori bentuk asal.

[details=Referensi]http://serc.carleton.edu/introgeo/conceptmodels/why.html
https://www3.epa.gov/caddis/ssr_condiag_popup.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Conceptual_model
[/details]