Citra wajah dapat digunakan sebagai analisa usia seseorang

Saya membaca buku yang ditulis oleh Gonzalez (2004) berjudul Digital Image Processing using
Matlab
dan menemukan bahwa teknologi digital saat ini bisa digunakan untuk menganalisa metadata dari sebuah foto menjadi berbagai informasi. Salah satu hasil analisa digital yang dapat dilakukan adalah mengetahui usia seseorang. Produk digital yang digunakan merupakan foto wajah. Apakah Kadics memiliki informasi mengenai bagaimana citra wajah digunakan untuk menganalisa usia seseorang?

4 Likes

Citra wajah manusia ternyata mengandung banyak informasi yang penting seperti gender, ras, usia, dll (Amin dan Junianti, 2017). Berdasarkan fakta tersebut maka telah banyak dilakukan penelitian terkait pendeteksian wajah, prediksi wajah manusia beberapa tahun yang akan datang, klasifikasi gender manusia, dan lain sebagainya. Salah satu topik penelitian yang telah dan masih terus dilakukan pada analisis citra wajah manusia adalah klasifikasi kelompok usia manusia.

Gender, ras, usia, bahkan kesehatan tubuh manusia bisa diketahui melalui analisa citra wajah. Indikator yang dapat digunakan salah satunya kerutan. (Amin dan Juniati, 2017)


Sumber: Amin dan Juniati, 2017

Klasifikasi kelompok umur manusia tersebut dapat didasarkan pada intensitas kerutan yang nampak pada citra wajah. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis intensitas kerutan tersebut salah satunya yaitu dimensi fraktal box counting . Namun, untuk mendapatkan penampakan kerutan wajah pada citra wajah terlebih dahulu dapat dilakukan pengolahan citra diantaranya konversi citra RGB menjadi citra HSV dan konversi menjadi citra grayscale , serta metode utama untuk memperjelas penampakan kerutan pada citra wajah yaitu deteksi tepi Canny.

Citra tepi wajah yang telah dihitung nilai dimensi fraktalnya menggunakan metode box counting memiliki nilai dimensi yang semakin besar seiring dengan umur individu yang ada di citra tepi wajah tersebut. (Amin dan Juniati, 2017)

Pernyataan tersebut menunjukan bahwa nilai dimensi fraktal suatu citra tepi wajah berbanding lurus dengan umur individu dalam citra wajah dengan perhitungan metode box counting pada deteksi tepi Canny. Persentase akurasi analisis dimensi fraktal * box counting untuk* klasifikasi kelompok umur manusia ketika diuji menggunakan 𝜅𝑁𝑁 mendapatkan nilai sebesar 95% dengan nilai 1, 2, dan 4.

Kesehatan kulit seseorang menurun sebanding dengan umur dan tingkat perawatan kulit yang dilakukan. (Kurniawan, 2011)

Deteksi tipe Canny pada citra wajah terbukti dapat menganalisa umur seseorang. Kerutan merupakan bagian dari pertambahan umur sehingga metode box counting sangat sesuai digunakan untuk menganalisa umur seseorang melalui citra wajahnya.

Referensi
  1. Amin, Muchammad dan Juniati, Dwi. 2017. Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting dari Citra Wajah Dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, Volume 2 No.6 Tahun 2017 ISSN 2301-9115
  2. Hardiantara, Kurniawan. 2011. Pencegahan Keriput. Termuat di: http://kurniawan-hfisip08.web.unair.ac.id/artikel_detail-37227-kesehatan-pencegahan%20keriput.html.

Salah satu aplikasi deteksi usia yang pernah populer pada tahun 2015 yang bernama How-Old.Net, dapat diakses melalui tautan https://www.how-old.net/ juga menggunakan citra wajah sebagai bahan untuk memperirakan usia seseorang. Aplikasi ini menggunakan bahasa teknologi dasar yaitu API (Application Programming Interface).


Sumber: how-old.net

Pembuat aplikasi How-Old.Net, Thompson dan Balasubramania mengklaim bahwa aplikasinya telah bekerja cukup baik dalam identifikasi jenis kelamin, tetapi masih tidak terlalu akurat dalam menebak usia seseorang.

Sorry if we didn’t quite get the age and gender right, we are still improving this feature. Ujar developer melalui laman How-Old.Net

Bagaimana cara kerja How-Old.Net dalam menganalisa usia seseorang melalui wajah?

Berdasarkan laman The Magic Behind (dapat diakses melalui https://www.how-old.net/themagic) perancang aplikasi menjelaskan bahwa konsep dasar pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman API. Data berupa gambar wajah berupa mata, hidung, mulut, dan kulit akan dianalisa menggunakan Cortana Analytics Suite, sebuah software yang dimiliki oleh Microsoft. Selanjutnya diterjemahkan berdasarkan beberapa aturan pemrograman yang dibuat sehingga menampilkan usia pada kotak pendeteksi wajah.


Sumber: how-old.net

Although there are some issues in this app, it still worth it to try and you can find some improvement to make yourself younger (Joseph Sirosh)