Cerita pendek inspiratif : belajar dari keserakahan

Seorang siswa bertanya kepada gurunya, “Apa itu Keserakahan?” Guru berkata, “Untuk menjawab pertanyaan Anda, pergilah ke pabrik cokelat di sebelah sekolah kami dan pilih satu cokelat yang paling Anda sukai. Tapi ada aturannya. Ketika Anda melewati pabrik, Anda tidak dapat kembali. Anda harus memilih cokelat saat Anda maju saja. "

Siswa pergi ke pabrik cokelat. Saat dia berjalan, Dia melihat satu cokelat dibungkus dengan baik, dia langsung menyukainya tapi dia bertanya-tanya bahwa dia mungkin menemukan yang jauh lebih besar. Jadi, Dia berjalan lebih jauh, lalu dia melihat cokelat lain. Tetapi sekali lagi, dia berpikir hal yang sama. Ketika dia mulai mendekati akhir pabrik, dia tidak dapat melihat cokelat sama besarnya dengan yang tidak dia pilih sebelumnya dan mulai menyesali keputusannya untuk melepaskannya.

Akhirnya, dia menyerah. Dia kembali ke guru dengan tangan kosong dan memberikan penjelasan tentang apa yang dia lakukan.

Sang guru memberi tahu dia, “Kamu memang sangat menyukai cokelat, tetapi tetap saja kamu terus mencari yang lebih besar. Dan kemudian Anda menyadari bahwa apa yang Anda lepaskan adalah cokelat terbaik yang dapat Anda temukan di sana. itulah anakku, yang disebut Keserakahan. ”

Moral: Kita melepaskan banyak hal baik dalam hidup kita karena keserakahan kita memiliki hal-hal yang lebih baik. Alam Manusia kami sedemikian rupa sehingga kami selalu ingin lebih baik dan lebih baik. Namun dalam pencarian yang lebih baik, kami melepaskan banyak hal baik yang bisa memberi kami kepuasan yang sama dan membuat kami bahagia. Belajar membuat pilihan Anda dengan bijak.

Apa pendapat anda?

SUMBER:

Keserakahan akan selalu ada di dalam diri manusia manapun, tidak terbatas pada umur, ras, jenis kelamin ataupun yang lain. Yang dapat kita lakukan adalah belajar mensyukuri apa yang kita miliki dan tidak membiasakan diri menginginkan semua hal.