Cerita Mini: Mama dan Masakannya yang Gagal Ditiru

MamaDanMasakannya

Mama dan Masakannya yang Gagal Ditiru

Seorang istri yang baru sebulan menikah mengeluh kepada ibunya.

“Ma…Aku sudah sebulan menikah. Aku sudah berusaha membuat masakan yang enak untuk suamiku. Kenapa masakanku masih saja tidak enak?

“Sabarlah anakku. Belajar itu butuh waktu. Tetaplah semangat.”

Enam bulan kemudian sang anak bertemu ibunya lagi.

“Ma, apa aku ditakdirkan tidak bisa masak ya? Sudah enam bulan berlalu. Setiap hari aku berusaha masak yang enak, tapi masih saja masakanku terasa tidak enak.”

“Apa yang kamu lakukan setiap hari itu anakku?

“Aku berusaha memasak sesuai resep dari mama.”

“Dengan cara yang sama? Dengan bahan-bahan yang sama?”

“Benar, Ma. Aku masak sesuai resep mama. Sejak awal langkahku sudah persis sama dengan resep mama. Bahan-bahannya juga sudah benar. Aku sudah berusaha melakukan yang terbaik.”

“Kamu tidak pernah merubah cara memasaknya? Atau mencari bahan merk lain?”

“Nggak pernah ma. Aku sudah merasa persis sesuai resep sejak awal memasak.”

“Anakku. Sejatinya kamu hanya belajar memasak satu kali, saat awal kamu memasak. Lalu kamu ulang-ulang sebanyak seratus delapan puluh kali”

“Maksudnya apa ma?”

“Saat kamu awal memasak dan mengetahui hasil masakanmu tidak sesuai harapan, kamu seharusnya mengevaluasi proses memasakmu. Dan kamu harus melakukan perubahan pada proses itu bila kamu ingin hasilnya berubah menjadi lebih baik."

Renungan :

Teman-teman, memang benar bahwa syarat menuju sukses adalah konsisten dan bersungguh-sungguh. Namun bila hasil kerja kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita harus segera melakukan evaluasi dan merubah cara kerja kita. Suatu hal yang berbeda antara bekerja bertahun-tahun dengan bekerja setahun dan mengulangnya berkali-kali.

Bila anda ingin mendapatkan HASIL yang BERBEDA, Anda HARUS menggunakan CARA yang BERBEDA. Bila Anda ingin mendapatkan HASIL yang LEBIH BAIK, Anda HARUS melakukan dengan CARA yang LEBIH BAIK.

Apa pesan moral yang dapat Anda simpulkan dari kisah tersabut?

Referensi

http://ceritamotivasiterupdate.blogspot.co.id/2012/11/butuh-cara-berbeda-untuk-hasil-yang.html?m=1

Kisah ini mengajarkan kepada kita bahwa semuanya itu tidak harus sama. Seperti dikisahkan dalam cerita tersebut, seorang anak yang merasa dirinya tidak bisa memasak padahal sudah mengikuti resep ibunya persis. Dan ibunya mengatakan bahwa dia seharusnya mengevaluasi proses memasaknya. Iya, itu benar. Terkadang kita tidak bisa melakukan hal yang sama untuk memperoleh hasil yang sama.