Cerita inspiratif : 2 inci tongkat

Suatu kali rumah pedagang kaya dirampok. Pedagang itu menduga bahwa pencuri itu adalah salah satu pelayannya. Jadi dia pergi ke Birbal dan menyebutkan kejadian tersebut. Birbal pergi ke rumahnya dan mengumpulkan semua pelayannya dan bertanya siapa yang mencuri barang-barang milik saudagar itu. Semua orang membantah.

Birbal berpikir sejenak, lalu memberi tongkat panjang yang sama kepada semua pelayan pedagang dan berkata kepada mereka bahwa tongkat pencuri akan lebih panjang dua inci besok. Semua pelayan harus hadir lagi besok dengan tongkat mereka.

112877750_6a3d716b-f5c1-4438-ac1d-692deed91ff0_540_960

Semua pelayan pergi ke rumah mereka dan berkumpul lagi di tempat yang sama pada hari berikutnya. Birbal meminta mereka untuk menunjukkan kepadanya tongkat mereka. Salah satu pelayan memiliki tongkatnya lebih pendek dua inci. Birbal berkata, “Ini adalah pencuri Anda, pedagang.”

Kemudian pedagang itu bertanya kepada Birbal, “Bagaimana Anda bisa menangkapnya?” Birbal berkata, “Pencuri itu telah memotong tongkatnya sepanjang dua inci di malam hari karena takut tongkatnya akan lebih panjang dua inci pada pagi hari.”

Moral: Kebenaran akan selalu menang.

Kadang dalam kehidupan kita sering melihat orang benar selalu bernasib malang, dan orang jahat malah hidup senang. Tapi semua itu bukan berarti kita tidak harus menjadi baik, karena kebaikan dan kebenaran pasti akan mendapatkan ganjaran suatu saat nanti.

Apa pendapat anda?

SUMBER:

Intiny semua tidak seperti yang kita lihat. Orang miskin belum tentu hidupnya sedih,atau orang jahat yang hidup makmur dan menjadi kaya belum tentu nantinya akan mendapatkan hal yang baik. Semua itu kembali pada kita apakah kita mementingkan apa yang terlihat di depannya saja atau kita menginginkan kebaikan di balik semua yang kita perbuat.