Catat Tanggalnya, 3 Festival Unik Ini Bakal Dihelat di Thailand Tahun 2018

Festival Songkran

Festival Songkran atau festival air merupakan festival yang dilaksanakan saat tahun baru Thailand tiba. Semua orang akan berkumpul dengan ‘senjata’ nya masing-masing untuk menyiramkan air pada orang-orang di sekitarnya. Gajah-gajah pun ikut serta dalam festival ini lho. Masyarakat Thailand percaya bahwa air merupakan media untuk pembersihan diri, terutama dalam menyambut datangnya tahun baru. Hanya ada satu kata untuk festival ini, BASAH.

Festival Songkran akan diselenggarakan mulai tanggal 13 hingga 15 April.

Festival Roket (Bun Bang Fai)

Bun Bang Fai merupakan festival roket yang diadakan di Provinsi Yasothon, Thailand. Menurut sejarahnya, festival ini dilaksanakan sebagai bentuk permintaan kepada dewa untuk menurunkan hujan. Masyarakat di Provinsi Yasothon dalam beberapa kelompok akan bekerjasama dalam membuat roket dari bambu berukuran sekitar 6 meter yang kemudian akan ditembakkan ke udara. Kelompok dengan roket yang membumbung paling tinggi ke angkasa akan diberikan sejumlah uang sebagai hadiah. Selain acara utama tersebut, juga akan ada parade di jalan raya, pertunjukan budaya serta kontes kecantikan.

Dilansir dari Carnifest, Bun Bang Fai akan dihelat pada tanggal 4 Mei dan akan berlangsung selama dua hari.

Festival Hantu (Phi Ta Khon)

Jangan keburu takut dulu, ya dengan namanya yang disebut festival hantu. Acara Phi Ta Khon yang diadakan di Provinsi Loei, Thailand selama tiga hari ini tak akan mempertemukanmu dengan hantu beneran kok. Dilansir dari Asean Tourism, di hari pertama festival yang disebut Boon Prawat, akan ada parade pemuda yang menari dengan memakai topeng yang terbuat dari dahan pohon kelapa. Para pemuda inilah yang nantinya akan menakuti-nakuti para penonton yang ikut serta menyaksikan parade.

Festival hantu ini biasanya diselenggarakan antara bulan Maret hingga Juli. Tahun ini Phi Ta Khon diperkirakan akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni.

Ada juga loh namanya Festival Lentera Chiang Mai (Yi Peng). Thailand juga mempunyai festival lenteranya sendiri yang disebut dengan Yi Peng. Berbeda dengan festival serupa berjuluk Loy Krathong yang menghanyutkan lentera ke sungai, dalam festival yang digelar di Chiang Mai ini, partisipan akan menerbangkan lentera kertas ke udara, sebagai simbolisasi dari menghilangkan kecemasan dan ketakutan yang dirasakan. Saat semua lentera berhasil dilepas ke udara, kamu bisa bisa menyaksikan indahnya langit dihiasi dengan ribuan cahaya dari lilin lentera yang berpendar dengan terangnya.

Festival Yi Peng kemungkinan digelar di akhir bulan November, 2018.