Cara untuk memperkuat rambut

Memiliki rambut yang tebal dan kuat merupakan keinginan sebagian besar wanita. Apalagi jika termasuk pemilik rambut yang tipis dan mudah rontok. Adakah cara sehingga rambut menjadi kuat?

  1. Gunakan shampoo yang mengandung ginseng.
    Khasiat ginseng untuk rambut memang sudah dikenal sejak dahulu. Kandungannya dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan menstimulasi aliran darah ke kulit kepala. Hal inilah yang membuat folikel rambut menjadi sehat dan kuat. Kini kamu tidak perlu repot mencari ginseng dan menggunakan ekstraknya pada kulit kepala. Ekstrak ginseng banyak ditemukan dalam berbagai macam produk perawatan rambut dan shampoo.

  2. Memilih model rambut yang tepat.
    Normalnya, kamu akan ekstra hati-hati jika sedang memegang bayi. Inilah yang harus kamu lakukan terhadap rambutmu. Jangan menggosok rambut dan kulit kepalamu terlalu keras, atau membungkusnya dengan handuk terlalu lama. Hal ini akan menyakiti folikelmu. Kamu juga harus bijak dalam memilih gaya rambut. Misalnya, jangan gunakan gaya ponytail yang terlalu kencang saat kulit kepala sedang bermasalah karena hal ini dapat memperburuk keadaan. Ketegangan yang dialami oleh folikel akan membuat mereka rapuh, bahkan bisa membuatnya rusak. Saat kulit kepala sedang bermasalah, sebaiknya kamu mencoba model rambut kepang atau low ponytail. Memilih model rambut yang tepat adalah salah satu cara menguatkan akar rambut agar.

  3. Menyisir rambut dengan benar.
    Mungkin belum banyak yang tahu kalau menyisir rambut dapat memperlancar sirkulasi darah di kepala. Akibatnya, masih banyak yang menyepelekan cara menyisir. Kebiasaan buruk ini harus kita hentikan karena cara menyisir yang salah, misalnya terlalu keras, dapat membuat folikel menjadi rapuh sehingga rambut mudah rontok. Lalu, gunakan conditioner setiap selesai keramas agar rambut tidak menjadi kusut.

  4. Spa ke salon.
    Pijatan di salon ternyata bisa menjadi salah satu cara menguatkan akar rambutSalah satu cara menyehatkan kulit kepala adalah relaksasi di salon. (Foto: Shutterstock)
    Perawatan spa ke salon ternyata bisa menyehatkan kulit kepalamu! Pijatan yang dilakukan oleh terapis di salon dalam melancarkan aliran darah dan memberikan kelembapan yang diperlukan. Rasa rileks yang didapat juga bisa membuat kulit kepalamu tenang dan siap bekerja untuk mempertahankan rambut sehat!

  5. Makanan sehat.
    Meski klise, namun hal ini cukup penting. Diet yang tidak sehat seringkali mengakibatkan kerontokan rambut. Makanlah makanan yang mengandung banyak zat besi seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, atau daging merah. Zat besi berguna untuk membawa oksigen pada folikel rambut dan kekurangan oksigen dapat melemahkannya. Memastikan aupan protein yang cukup seperti telur, tuna, atau daging ayam adalah salah satu cara menguatkan akar rambut.

  6. Minum air putih yang cukup.
    Perlakukan kulit kepalamu seperti kulitmu yang lain. Kekurangan cairan bisa membuat kulit kepala mudah dehidrasi dan kering. Minumlah air putih minimal delapan gelas sehari. Air dapat membantu sistem dalam tubuh bekerja lebih baik, termasuk dalam tugasnya untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Kamu bisa rasakan perbedaan pada rambutmu saat kamu minum air cukup maupun saat dehidrasi.

  7. Memotong rambut menjadi pendek.
    Mungkin tips ini terdengar kontra-produktif namun kamu bisa mempertimbangkannya. Saat kondisi kulit kepala sedang lemah, ia hanya butuh waktu untuk pulih. Semakin panjang rambut, berarti semakin besar pula beban yang ditopang oleh folikel. Dengan memotong pendek, kamu akan memberikan waktu istirahat bagi kulit kepala. Ketika keadaan sudah membaik, rambut akan tumbuh sehat dan kamu bisa mendapatkan rambut panjangmu kembali. Coba deh intip berbagai inspirasi model rambut pendek yang sedang trend dan sudah kami kurasi di sini. Siapa tahu kamu akan semangat untuk punya rambut pendek.

Sumber: