Cara tepat menerapkan MVP saat jalankan Start Up Bootstrap

Adapun cara-cara yang harus digunakan dan diperhatikan guna menerapkan MVP terutama saat menjalankan Start Up Bootstrap.

#Pertama : Jangan hanya fokus di teknologi

Tidak semua teknologi dapat menjadi solusi terbaik suatu permasalahan, termasuk dalam membangun startup kesalahan terbesar yaitu terlalu berfokus pada teknologi. Padahal untuk menghasilkan produk yang baik adalah dengan mencari permasalahan pengguna dan mencari solusi terkait masalah tersebut yang dapat diterima oleh pasar.
Karena pada akhirnya konsumen hanya ingin menggunakan aplikasi yang mudah dipahami tanpa peduli teknologi apa yang digunakan serta fitur yang dimiliki. Hal ini disampaikan oleh Puja Co-Founder Taptopick.

Dari sini peranan MVP cukup besar karena kita dapat mengetahui minat konsumen melalui feedback yang diberikan terhadap produk kita. Dari feedback startup dapat menentukan fitur yang tidak diperlukan, kurang dipahami, dan akhirnya perusahaan dapat fokus pada fitur yang penting.

#Kedua : Komunikasi dengan target Pasar

Kebanyakan startup merasa cukup yakin dengan produk yang mereka miliki dan langsung meluncurkan produk mereka sehingga menghiraukan feedback dari pengguna. Padahal melakukan komunikasi dengan pengguna dapat menentukan langkah berikutnya yang dapat mendukung kesuksesan produk kita.

#Ketiga : Uji Coba Langsung

Agar mengetahui apakah produk kita sudah sesuai dengan fungsi yang kita inginkan lakukan uji coba terkait produk yang kita buat. Dengan adanya uji coba startup dapat menentukan perkiraan waktu, tantangan, dan solusi yang ideal terhadap kendala yang ada.

Jadi hindari telalu fokus terhadap teknologi dan jangan melupakan kebutuhan dari konsumen atau pengguna karena itu penting.

Sumber :