Cara mudah simpan beras agar tak berkutu atau berjamur

Beras yang disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama apabila kurang diperhatikan kebersihannya bisa ditumbuhi jamur dan juga kutu

image

  1. Daun jeruk purut
    Selain wanginya yang khas, daun jeruk purut juga memiliki fungsi lain. Yaitu sebagai pengusir kutu. Caranya adalah dengan menumbuk 50gram daun jeruk purut, lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma dari daun jeruk purut membuat kutu tak betah berlama-lama di dalamnya, selain itu beras juga akan mengeluarkan aroma harum ketika dimasak.

  2. Daun belimbing wuluh
    Sejak zaman dahulu, daun belimbing wuluh dipercaya dapat menangkal kutu di tempat penyimpanan beras. Caranya mudah, cukup keringkan 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang sudah dibersihkan, kemudian masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras lalu tutup tempat penyimpanan serapat-rapatnya tanpa ada celah udara sedikitpun. Dengan begitu, kutu nggak akan berani balik lagi!

  3. Daun asam jawa
    Tumbuhan herbal yang satu ini ternyata daunnya memiliki khasiat untuk mengusir kutu dan jamur pada beras! Bersihkan 2 – 3 tangkai daun asam jawa, kemudian keringkan. Lalu taruh ke dalam Rice Box. Dijamin beras akan bebas kutu dan jamur.

  4. Lada dan cabai kering.
    Untuk mengantisipasi kutu dan jamur, kita bisa juga menaruh biji lada kering atau cabai kering ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma menyengat dari cabai dan lada akan membuat kutu beras ogah buat balik lagi. Simpan beras di tempat yang kering dan sejuk untuk mencegah dari suhu lembab. Dengan begitu kutu dan jamur nggak akan muncul lagi.

Referensi: