Cara merawat dan melatih anjing kintamani agar tidak galak

Foto-anjing-kintamani-300x250

Anjing Kintamani merupakan salah satu anjing ras lokal yang berasal dari Indonesia yang memiliki tampang yang cantik, rambut tebal dan berkelir putih semu orange. Kalau kita perhatikan anjing ini sekilas mirip Samoyed, anjing cantik penarik kereta salju.

Berikut merupakan cara merawat anjing kintamani yang baik dan benar

  1. Ada baiknya memelihara anjing kintamani sejak ia masih kecil alias puppy.
  2. Selain bisa lebih mengenal karakternya, Anda juga jadi bisa melatihnya lebih dini. Anjing kintamani adalah tipe anjing yang mudah curiga terhadap orang asing. Jadi, jika belum dilatih, ia bisa menyerang kapan saja. Meski mungkin yang diserangnya bukan orang jahat.
  3. Jika Anda baru mendapatkan anjing kintamani pada usia 1,5 bulan, biasanya ia masih sulit beradaptasi.
  4. Saat ditempatkan di kandang baru, anjing kintamani jadi suka melolong sampai menangis dan berisik sekali. Kalau menghadapi hal seperti ini, lebih baik anjing dibiarkan di tempat terbuka dulu dan taruh makanan di dekatnya. Satu atau dua hari setelah mengenali lingkungan barunya dia akan lebih mudah beradaptasi. Dan, akhirnya mau masuk ke dalam kandang.
  5. Anjing kintamani berusia 3 bulan kadang mengalami susah makan.
  6. Kalau sudah begitu, cek apakah anak anjing kintamani Anda dalam kondisi sehat. Jika ia biasa makan makanan anjing kalengan, coba ganti menunya dengan makanan buatan sendiri seperti nasi campur daging sapi atau ayam matang.
  7. Dan sebaliknya, tidak ada salahnya juga memberi obat cacing dan lihat reaksinya. Kalau sudah sehat, makannya akan banyak seperti sedia kala. Jika tidak mau makan juga, segera bawa ia ke dokter hewan terdekat.
  8. Cara merawat anjing kintamani supaya tetap sehat perilaku dan fisiknya bisa juga dengan diajak jalan-jalan.
  9. Awalnya, gunakan strap atau tali pengikat di lehernya. Lama-kelamaan jika anjing sudah mengenali lingkungan di mana ia suka diajak jalan oleh pemiliknya, singkirkan strap, biarkan ia berkeliaran bebas.
  10. Meski tanpa tali pengikat, anjing kintamani biasanya akan selalu dekat dengan tuannya. Karena, seperti kebanyakan anjing peliharaan, kintamani merupakan anjing yang setia. Meski begitu, tetap bawa strap di tas Anda bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Bukan tidak mungkin di jalan ia bertemu dengan anjing lain yang ia tidak suka dan akhirnya fighting.
  11. Sekali waktu, Anda punya dana lebih untuk perawatan anjing kintamani, Anda bisa datang ke salon perawatan khusus anjing yang kini mulai banyak ditemui di kota-kota besar.
  12. Di salon anjing, saat datang, anjing Anda akan ditimbang berat badannya terlebih dahulu. Lalu, bulu-bulunya akan disikat dengan sikat khusus. Anda juga bisa memilih jenis shampo dengan aroma sesuai keinginan. Serahkan shampo pada petugas yang selanjutnya akan memandikan atau showering anjing kesayangan Anda. Setelah selesai mandi, bulu-bulu dikeringkan dengan hair-dryer sekaligus dirapikan bulu-bulu yang tumbuhnya tak beraturan.