© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Cara Meningkatkan Fotografi Gunpla dengan Pemandangan Sehari-hari

Tidak ada yang lebih menyenangkan selain memamerkan Gunpla Anda yang sudah selesai. Tetapi jika Anda tidak siap untuk berinvestasi dalam kotak cahaya (atau membuat sendiri ), Anda tidak kehabisan pilihan. Hari ini, Julie menunjukkan kepada kami bagaimana Anda dapat mengambil foto cantik Gunpla Anda dengan menggunakan adegan sehari-hari untuk keuntungan Anda.


Kita semua memiliki ide itu di dalam kepala kit Gunapar kita yang menunjukkan dengan tepat bagaimana kita menginginkannya dalam latar yang dimaksudkan untuk dihuni — dari hutan basah, jalan-jalan yang dipenuhi puing-puing, atau bahkan dengan latar belakang langit malam yang berbintang.

Anda dapat membawa visualisasi itu ke kehidupan di diorama, tetapi itu membutuhkan banyak waktu, energi, dan tingkat keterampilan yang mungkin belum Anda miliki. Jadi saya telah menemukan solusi yang terjangkau dan memakan waktu lebih sedikit: meminjam pemandangan sehari-hari di sekitar Anda.

Ide saya menggunakan pengaturan sehari-hari sebagai latar belakang fotografi dimulai sebagai lelucon. Saya akan memotret Gunpla yang memegang sikat gigi saya, atau melayani sebagai buku di rak saya. Akhirnya, saya memiliki terobosan: alih-alih berpose Gunpla saya untuk menyesuaikan lingkungan saya, mengapa tidak mengubah lingkungan saya menjadi pemandangan untuk meningkatkan Gunpla saya?

Apakah Anda tinggal di kota atau negara, saya yakin ada peluang visual di dekat Anda yang bisa membuat pengaturan fotografi Gunpla Anda mengagumkan. Berikut tips saya:

Jalan-jalan

Anda hanya tahu rumah dan lingkungan Anda pada tingkat manusia. Sekarang, saya menantang Anda untuk menjelajahinya dengan pikiran Gunpla.

Berjalan di sekitar tempat Anda. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin pemandangan Anda terlihat, dan temukan pengganti rumah tangga sehari-hari. Ingin dedaunan dan tanaman hijau? Gunakan houseplants atau halaman belakang. Ingin latar belakang perkotaan? Temukan lorong atau jalan tepi jalan atau tembok bata.

Dapatkan Kamera Anda

Kamera apa pun yang Anda miliki seharusnya baik-baik saja, tetapi jika Anda penasaran, saya menggunakan DSLR, khususnya Canon EOS Rebel T3i / 600D . Jika Anda ingin meng-upgrade ke versi terbaru dari itu, Anda akan ingin Canon EOS Rebel T6i / 750D untuk kepentingan perbandingan.

Jika Anda berada di pasar untuk kamera baru untuk fotografi Gunpla, dan Anda memiliki anggaran sebesar $ 300-500, saya akan merekomendasikan Canon EOS Rebel T6 / 1300D  atau Nikon D3400 untuk pemula. Untuk anggaran yang lebih rendah sebesar $ 100-200, saya akan merekomendasikan kamera point-and-shoot seperti Canon PowerShot SX710 HS . [ Catatan Editor: Lauren dan John Gunpla 101 foto diambil dengan Nikon Coolpix P7000 . ]

Tentu saja, Anda juga bisa menggunakan ponsel Anda! Kamera-kamera smartphone juga akan sangat baik, terutama pada model-model ponsel terbaru. Mereka terutama ditingkatkan dengan murah, di bawah $ 50 lensa kit seperti Photojojo Magnetic Lens atau seri Mobi-Lens .

Berlutut

Kit Gunpla tidak setinggi dirimu, jadi berpikirlah rendah ke tanah. Coba dan tempatkan diri Anda dalam posisi kamera, rendah dan menghadap ke atas untuk menambahkan skala monumental ke set miniatur Anda. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu berbaring telentang. Bagi Anda yang mungkin memiliki masalah mobilitas, tergantung pada jenis dan ukuran kamera, saya sangat menyarankan alat seperti tripod kecil dan bahkan tongkat selfie !

Anda mungkin kehilangan sedikit martabat dengan pose canggung yang akan Anda tarik jika Anda keluar di depan umum, tetapi memiliki kamera apa pun akan menyelamatkan Anda lebih dari yang Anda pikirkan. Juga tidak pernah ada rasa malu dalam mendapatkan sedikit kotor untuk tembakan yang sempurna.

Pilih Model dan Scene Anda

Apakah Anda ingin menciptakan momen ikonis? Bangun suasana hati? Atau hanya bersenang-senang? Sebanyak ada kesempatan untuk membangun medan perang dengan tidak lebih dari kerikil, tongkat, dan dinding bata, ada saat-saat lain di mana pemandangan yang lucu atau tidak terduga dapat membuat foto yang sama-sama menarik perhatian.

Model tentu saja menghitung sebanyak pemandangan. Anda mungkin menginginkan saingan pahit dari seri masing-masing, atau jenis medan yang cocok bersama-sama di musim. Secara pribadi, saya menemukan kit Century Universal dengan berbagai format untuk bekerja terbaik bagi saya. Pasti mencampur dan mencocokkan. Menghabiskan waktu selama proses ini membantu saya lebih memahami koleksi saya dan lubang mana yang mungkin ingin saya isi!

Memahami Pencahayaan

Pencahayaan dalam fotografi selalu penting. Jika Anda menginginkan pemandangan siang hari, tahu persis seperti apa siang hari yang Anda inginkan. Apakah mendung akan bekerja lebih baik daripada sinar matahari yang cerah, atau pencahayaan buatan seperti lampu meja atau lampu senter lebih baik menghadirkan pemandangan yang hidup?

Suhu pencahayaan juga memainkan peran penting: hari mendung atau pencahayaan fluorescent memberikan perasaan lebih sejuk pada gambar, sementara sinar matahari dan bola lampu tungsten rata-rata Anda menghasilkan warna yang lebih hangat. Untungnya kamera digital dari semua jenis memiliki mode White Balance. Pilih apa yang paling sesuai dengan lingkungan di mata Anda dan Anda tidak akan menyesali hasilnya. Eksperimentasi adalah kunci di sini, jadi main-mainlah, ambil banyak cuplikan uji coba, dan itu akan bersatu.

Sabar

Fotografi adalah tentang kesabaran, tentang bereksperimen dan menunggu pencahayaan yang tepat, suasana yang tepat, untuk mendapatkan bidikan yang Anda inginkan. Misalnya, Anda mungkin perlu menunggu hingga sebelum matahari terbenam, "jam emas" fotografi, untuk mendapatkan tampilan yang tepat. Jika Anda memotret di ruang publik, Anda mungkin juga harus menunggu hingga pantai jernih sehingga Anda tidak berada di tempat siapa pun.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan lupa untuk bersenang-senang! Apakah Anda seorang pemula atau ahli, ini adalah hobi di mana kesenangan Anda adalah yang paling penting. Istirahatlah jika Anda merasa frustrasi, atau hentikan sama sekali jika ini tidak terasa cocok untuk Anda. Bagi saya, saya menemukan proses ini membawa sedikit lebih banyak anak batin saya, mampu "bermain" dengan kit saya dan memanjakan imajinasi saya.

Punya ide yang menurut Anda mungkin berhasil? Ada saran lain untuk spot pemandangan yang bagus? Apakah Anda mencobanya dan menikmati hasilnya? Tunjukkan pada kami di komentar!

Semoga bermanfaat ya guys!

Sumber
Cara Meningkatkan Fotografi Gunpla dengan Pemandangan Sehari-hari

img_5278-640x427

Setelah puas dengan merakit gunpla dengan semua pekerjaan yang dimulai dari pemotongan part, perakitan, detailing, memasang decal dan topcoat yang anda lakukan, sebelum anda memajang gunpla baru ke koleksi Anda, ada satu hal yang tersisa untuk dilakukan, yaitu memamerkannya dan sekaligus langkah terakhir adalah memfoto si gunpla ini untuk dijadikan galeri yang nantinya mungkin bisa di pamerkan hehe.

Tentunya sebuah langkah yang sia-sia jika hanya difoto secara asal karena tidak menampilkan gunpla seperti secara tatap mata hanya karna faktor pengambilan fotonya yang tidak benar. Trus gimana agar memfoto gunpla menjadi lebih bagus? apa harus punya kamera mahal? tidak butuh kamera mahal untuk memfoto sebuah gunpla cukup kamera pocket atau hp hanya saja yang penting cukup dengan pencahayaan yang baik dan focus, ada banyak faktor foto gunpla menjadi jelek seperti ada debu pada gunpla, pose gunpla tidak benar, foto blur/tidak focus ataupun foto gelap karena pencahayaan yang kurang. Berikut ini tips dasar memfoto gunpla agar menjadi lebih bagus dan keren.

  1. Pose Gunpla
    Salah satu aspek terbesar gunpla yakni kemampuannya untuk berpose. Model Gundam, seperti yang anda tahu, memiliki berbagai jenis skala HG/RG/MG/PG dan tingkat artikulasi yang hampir memungkinkan untuk meniru pose sepertiyang ada pada anime gundam. Faktor inilah yang membuat model Gundam begitu keren saat di foto. Mempose-kan gunpla dengan keinginan anda sebenarnya cukup sederhana, pada saat berpose untuk di foto memang agak sedikit rumit karena posenya harus terlihat seperti benar benar robot. Baca : Tips pose gunpla sebelum difoto

  2. Gunakan Tripod
    Salah satu faktor hasil foto gunpla blur adalah karean kamera yang tidak stabil, blur ini mengakibatkan foto gunpla menjadi kabur/tidak terlihat benar, ada dua penyebab umum kenapa foto menjadi blur yakni karena shutterspeed lambat dan karena kamera tidak stabil, maka dari itu untuk mengatasi agar foto tidak blur menggunanakan tripod, bisa gunakan tripod kamera dlsr ataupun tripod mini, menggunakan tripod dapat mengatasi foto blur karena mungkin tangan anda bergetar saat menenkan tombol kamera, jadi jika tidak ingin bergetar gunakan tripod dan fitur timer pada kamera.

  3. Foto Ditempat Dengan Cahaya Yang Cukup
    Sebuah hasil foto gunpla yang bagus dipengaruhi oleh pencahayaan yang bagus juga, tidak perlu kamera/gadget mahal cukup pencahayaan yang baik dan focus sudah cukup membuat foto menjadi keren. Biasanya sih saya memfoto gundam pada siang hari karena cahayanya cukup terang masuk lewat jendela, dan tanpa diedit contras/brighness hasilnya pun sudah sangat bagus karena dengan pencahayaan yang natural. Untuk seorang professional biasanya menggukan lightbox dengan pencahayaan dari lampu

  4. Gunakan Mini Studio
    Mengguakan mini studio menjadi alternatif untuk memfoto gunpla tanpa tergatung dari cahaya matahari siang, karena mini studio menggunakan cahaya dari lampu sebagai pencahayaan, saya lebih merekomendasikan memfoto gunpla anda dengan mini studio karena selain tidak tergantung cahaya matahari juga background mini studio bisa di atur sesuai keinginan, untuk harga sebuah mini studio model kit memang cukup mahal, tetapi ada cara aleternatif lain yakni dengan cara membuat mini studio sendiri dengan bermodalkan kardus dan lampu belajar, jika anda ingin membuat mini studio sendiri, silakan baca : Cara Membuat mini studio untuk foto model kit.