Cara menggunakan salmeterol?

image
Salmeterol adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengurangi gejala-gejala akibat asma atau gangguan pada paru-paru. Gejala-gejala tersebut antara lain adalah batuk, mengi, dan sesak napas. Salmeterol merupakan golongan bronkodilator. Obat ini bekerja dengan cara memperlebar saluran udara di paru-paru, sehingga udara dapat mengalir keluar masuk paru-paru dengan lancar. Dengan begitu, gejala-gejala seperti sesak napas, mengi, batuk, dan lainnya bisa berkurang. Bagaimana cara menggunakan obat ini?

Baca Panduan Pengobatan yang tersedia dari apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan salmeterol dan setiap kali Anda melakukan isi ulang. Ikuti petunjuk ilustrasi yang disediakan oleh produsen untuk tentang cara menggunakan perangkat ini. Jika ada informasi yang tidak jelas, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Selalu aktifkan dan gunakan perangkat ini pada posisi datar dan horizontal.

Hirup obat ini melalui mulut, biasanya dua kali sehari pada pagi dan sore hari (selang 12 jam), atau gunakan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Anda mungkin merasa atau mungkin tidak merasakan obat ketika Anda menarik napas. Kedua kondisi adalah yang normal. Jangan pernah menghembuskan napas ke dalam perangkat. Jangan gunakan dengan spacer. Jangan mencuci corong atau bagian apapun dari perangkat.

Jika Anda menggunakan inhaler lain pada saat yang sama, tunggu setidaknya 1 menit antara penggunaan masing-masing obat.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Gunakan obat ini secara teratur untuk menerima manfaatnya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Jangan menggunakannya lebih sering daripada yang disarankan atau menggunakan lebih dari 1 hirupan dua kali sehari karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

Jangan berhenti minum obat ini atau mengubah dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika obat ini tiba-tiba berhenti. dosis Anda mungkin perlu menurun secara bertahap.

Jika Anda telah menggunakan inhaler bantuan cepat pada jadwal harian yang teratur (seperti 4 kali sehari), Anda harus menghentikan jadwal penggunaan ini dan hanya menggunakannya seperti yang diperlukan untuk sesak napas/asma tiba-tiba . Konsultasikan dengan dokter Anda untuk rincian lebih lanjut.

Jika Anda hanya menggunakan obat ini kadang-kadang untuk mencegah asma yang disebabkan oleh olahraga (bronkospasme), gunakan setidaknya 30 menit sebelum olahraga dan jangan menggunakan dosis lain untuk setidaknya 12 jam. Jika Anda memiliki asma/sesak nafas tiba-tiba, gunakan inhaler bantuan cepat (misalnya, albuterol). Konsultasikan dengan dokter Anda untuk rincian.

Jika obat ini berhenti bekerja dengan baik, atau Anda perlu menggunakan inhaler bantuan cepat Anda lebih sering dari biasanya (4 atau lebih hirupan per hari atau penggunaan lebih dari 1 inhaler setiap 8 minggu), dapatkan bantuan medis segera. Kondisi ini mungkin merupakan tanda dari memburuknya asma dan merupakan kondisi yang serius.

Pelajari inhaler mana yang Anda harus Anda gunakan setiap hari (obat pengontrol) dan mana yang Anda harus gunakan jika napas Anda tiba-tiba memburuk (obat-obatan bantuan cepat). Tanyakan kepada dokter Anda, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya jika Anda memiliki batuk baru atau batuk yang memburuk atau sesak napas, mengi, peningkatan sputum, memburuknya pembacaan peak flow meter, bangun di malam hari dengan kesulitan bernapas, jika Anda menggunakan inhaler bantuan cepat lebih sering (lebih dari 2 hari seminggu), atau jika inhaler bantuan cepat Anda tampaknya tidak akan bekerja dengan baik. Pelajari kapan Anda dapat mengobati masalah pernapasan mendadak Anda sendiri dan kapan Anda harus mendapatkan bantuan medis segera.

Beritahu dokter jika gejala tidak membaik atau semakin memburuk

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Sumber : hellosehat.com