Cara menggunakan salbutamol

image
Salbutamol adalah obat yang dapat melebarkan saluran udara pada paru-paru. Obat yang masuk ke dalam golongan bronkodilator ini bekerja dengan cara melemaskan otot-otot di sekitar saluran pernapasan yang menyempit sehingga udara dapat mengalir lebih lancar ke dalam paru-paru.

Salbutamol mampu meringankan gejala-gejala asma dengan cepat saat serangan asma berlangsung, serta dapat juga dipakai untuk mengobati penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Bagaimana cara menggunakannya dengan tepat?

Selalu minum tablet salbutamol tepat seperti apa yang dokter sampaikan. Jika Anda tidak yakin, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.

Telan tablet dengan air. Jika Anda khawatir tablet tidak bekerja seperti biasanya, hubungi dokter untuk meminta saran.

Dosis salbutamol yang standard untuk orang dewasa adalah 4 mg tiga atau empat kali sehari. Dokter Anda mungkin akan menaikkan dosis secara bertahap hingga batas maksimal 8 mg sehari tiga atau empat kali. Beberapa pasien sukses diobati dengan 2 mg tiga atau empat kali sehari.

Dosis untuk orang lanjut usia atau pasien yang terkenal sensitif terhadap produk ini: dimulai dengan 2 mg tiga atau empat kali sehari.

Sumber : hellosehat.com