Cara mencegah timbulnya bau badan

Bau badan seringkali tidak disadari oleh seseorang yang mengalaminya. Hal ini membuat siapapun yang merasakannya menjadi tidak nyaman. Bagaimanakah cara mengatasinya?

Bau badan merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Terutama pada musim kemarau, dimana tubuh menjadi mudah sekali berkeringat. Namun, jika bau badan tidak segera diatasi, akibatnya bisa serius. Tidak sedikit orang yang kehilangan rasa percaya dirinya akibat aroma tubuhnya yang kurang sedap.

Cara mengatasi bau badan:

Mencegah bau badan dengan membatasi makanan dan minuman tertentu

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan. Salah satunya dengan membatasi makanan dan minuman pemicu bau badan. Makanan seperti bawang, daging kambing, daging sapi, dan makanan pedas dianggap sebagai pemicu bau badan. Nah, agar bau badan bisa teratasi, batasilah konsumsi keempat jenis makanan tersebut. Hal ini sering kali tidak disadari sehingga upaya untuk menghilangkan bau badan seolah tidak menghasilkan apa-apa. Selain keempat makanan tersebut, minuman berkafein juga ternyata bisa memicu timbulnya bau badan. Kafein bisa merangsang tubuh untuk memproduksi keringat lebih banyak. Dengan adanya keringat, tubuh menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Dari sinilah masalah bau badan timbul. Untuk itu, jika Anda ingin terbebas dari masalah bau badan tak sedap, kurangi konsumsi minuman berkafein. Cara hilangkan bau badan yang satu ini terbukti ampuh mengatasi bau badan tak sedap.

Mengatasi bau badan dengan cara mandi teratur minimal 2 kali sehari

Membatasi konsumsi makanan dan minuman pemicu bau badan akan menjadi sia-sia saja jika Anda tidak menjaga kebersihan tubuh. Maka dari itu, upaya selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mandi teratur minimal 2 kali sehari. Mandi teratur merupakan cara agar tidak bau badan yang paling mudah dan murah. Agar hasilnya lebih optimal, gunakan sabun anti bakteri untuk membasmi bakteri pemicu bau badan dari tubuh Anda. Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk hingga benar-benar kering agar tubuh tidak lembap. Langkah mengeringkan tubuh usai mandi harus dilakukan karena tubuh yang lembap bisa menjadi sarang kuman penyebab bau badan.

Mencegah bau badan dengan menghindari berkeringat terlalu lama

Aktivitas yang padat dan cuaca yang terik membuat tubuh jadi lebih mudah berkeringat. Belum lagi akibat makanan yang dikonsumsi. Hal ini perlu jadi bahan pertimbangan Anda jika tak ingin terkena masalah bau badan tidak sedap. Caranya, hindari berkeringat terlalu lama. Sedia tisu atau handuk kecil untuk menyeka keringat Anda. Manfaatkan juga kipas angin, buku, atau majalah untuk membantu mengeringkan tubuh Anda yang berkeringat. Cara hilangkan bau badan ini terbukti bisa membantu Anda terbebas dari bau badan.

Hilangkan bau badan dengan cara berganti baju sesering mungkin

Bau badan sering kali muncul akibat malas ganti baju, khususnya saat berkeringat. Kondisi baju yang basah akibat keringat membuat tubuh jadi semakin lembap. Kondisi ini sangat disukai oleh bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, sering-seringlah berganti pakaian agar tubuh terhindar dari bau badan tidak sedap. Pertimbangkan juga bahan baju yang dikenakan guna mencegah bau badan. Pilihlah bahan yang menyerap keringat guna menghindari keringat berlebih. Dengan begitu, bau badan bisa dihindari.

Sumber:

http://www.lifebuoy.co.id/article/detail/1207314/6-cara-mencegah-bau-badan-membandel