Cara membuat yoghurt

Mengkonsumsi yogurt secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda dan keluarga. Pencernaan yang sehat akan membuat ketahanan tubuh tetap terjaga. Membuat yogurt di dapur Anda tidak susah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat yogurt adalah

  • 1000 ml Susu segar Cimory
  • 1/2 Cangkir Yogurt Plain (yogurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)

Berikut tahap-tahap untuk membuat yogurt:

  1. Tuang susu ke dalam panci dan panaskan menggunakan kompor dengan api kecil sambil diaduk perlahan, bisa juga menggunakan oven dengan temperature hingga 85 derajat celcius. Perlu diperhatikan saat proses pemansan jangan sampai susu mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.

  2. Setelah merasa cukup, angkat susu dan dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan hingga suhu susu mencapai 43 derajat celcius.

  3. Saat mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup kedalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu hingga rata secara keseluruhan.

  4. Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah bersih. Tutup rapat atau tutup dengan apa pun yang tidak menyediakan ruang udara bisa masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.

  5. Saat proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yogurt agar cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang.

  6. Pastikan temperatur saat proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan memakan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan maka tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.

  7. Setelah mendiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang telah mengental beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa sebanyak 1 hingga 2 minggu.

referensi
https://cimory.com/2016/10/14/cara-membuat-yogurt-segar-di-dapur-anda/

Bahan Yoghurt :

  • Siapkan 1 liter susu murni. Boleh menggunakan susu kemasan tapi lebih baik susu murni.
  • Bibit yoghurt sebanyak 5% dari banyaknya susu murni.
  • Untuk 1 liter susu murni bisa menggunakan sekitar 50 mL atau 2 sdm bibit yoghurt. Bisa dibeli di supermarket.

Cara Membuat Yoghurt :

  1. Panaskan susu murni di atas api kecil sambil terus diaduk selama 30 menit dan jaga agar susu tidak sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak.

  2. Setelah 30 menit, angkat susu dan dinginkan hingga hangat kuku dalam suhu ruangan

  3. Masukan bibit yoghurt lalu aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengaduk steril. Bila kesulitan mencari alat pengaduk dapat menggunakan spatula kayu yang sebelumnya sudah disiram menggunakan air panas sebagai proses sterilisasi alat.

  4. Apabila sudah selesai masukan ke wadah tertutup lalu tutupin dengan serbet untuk menciptakan kondisi gelap yang adalah syarat hidup bakteri fermentasi selama 20-24 jam.
    Sesudah 20-24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaannya. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa dilebihkan lagi waktunya.

  5. Bila dirasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.

  6. Jika hendak membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang kelak akan menjadi starter apabila hendak membuat yoghurt lagi jadi tidak perlu ke supermarket membeli bibit baru. Cup berisi yoghurt tersebut ditutup rapat, tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukan kulkas. Disarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilitasnya

  7. Bila sudah siap, bisa ditambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera. Selamat menikmati