Cara membuat rambut keriting

image

Punya rambut keriting alami jangan disia-siakan. Hargai dengan cara memberikan perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Bagaimana cara membuat rambut menjadi keriting.

Mendapatkan rambut keriting alami mungkin sulit bagi Anda yang memiliki rambut lurus. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan tampilan rambut keriting alami, seperti dengan menjepit rambut, menggulung rambut dengan kain, menggunakan rol rambut, serta mengepang dan menyanggul rambut. Selain itu, ada juga cara mempercantik tampilan rambut keriting jika rambut Anda sudah sedikit bergelombang.

  1. Potonglah beberapa buah kaus kaki sama panjang. Untuk menggulung rambut dengan kain, Anda membutuhkan banyak lembaran kain. Anda bisa membuat lembaran kain dengan memotong kaus kaki lama sama panjang (dari jari hingga pergelangan kaki) atau memotong beberapa helai handuk atau kaus lama menjadi lembaran panjang. Jangan buat lembaran yang terlalu pendek atau tipis. Anda membutuhkan lembaran ini untuk mengikat bagian-bagian rambut.

  2. Keramaslah. Awali dengan rambut yang bersih dan lembap, tetapi tidak terlalu basah. Jika rambut Anda masih sangat basah, tepuk-tepukkan handuk lembut untuk menyerap sisa airnya. Anda juga boleh menyisir rambut dengan sisir bergigi lebar untuk merapikan kekusutannya. Jika rambut Anda tebal, Anda mungkin perlu mengeringkannya terlebih dahulu dengan pengering rambut hingga nyaris kering. Jika tidak, rambut Anda mungkin tidak akan mengering semalaman dan tidak berhasil dikeriting dengan gulungan kain.

  3. Berikan sedikit gel atau mousse rambut. Untuk mempertahankan rambut keriting Anda lebih lama, gunakan gel atau mousse. Penggunaan gel atau mousse juga akan membuat gaya rambut Anda bertahan lebih lama. Cobalah gunakan produk yang dapat membantu mengeriting rambut, misalnya curling mousse. Gunakan mousse banyak-banyak.

  4. Belah rambut menjadi bagian-bagian kecil. Awali dengan membelah rambut di bagian tengah kemudian membelah masing-masingnya menjadi dua. Dengan demikian, rambut Anda akan lebih mudah ditata. Anda juga mungkin perlu menjepit rambut bagian atas agar dapat menata rambut satu demi satu bagian.

  5. Mulailah menggulung rambut dalam lembaran kaus kaki. Ambil sedikit rambut, dan mulailah menggulungnya dengan lembaran kaus kaki. Letakkan ujung rambut di bawah lembaran kaus kaki, dan mulailah menggulung rambut Anda mengelilinginya. Teruslah menggulung rambut Anda hingga mencapai kulit kepala. Semakin sedikit rambut yang Anda gulung dalam satu lembaran kain, akan semakin rapat keriting yang dihasilkan.
    Jika Anda menggulung lebih banyak rambut dalam satu lembaran, Anda akan mendapatkan rambut keriting yang lebih longgar.

  6. Ikat lembaran kain erat-erat. Satukan kedua ujung lembaran kain dan ikatkan erat-erat. Anda mungkin perlu mengikatkan simpul ganda jika rambut Anda sangat tebal.
    Anda juga boleh menggunakan penjepit rambut untuk mempertahankan posisi rambut jika ikatannya mudah lepas.

  7. Gulung seluruh rambut Anda. Teruslah menggulung rambut mengelilingi lembaran kain hingga seluruhnya habis. Usahakan untuk menggulung rambut dalam jumlah yang sama semaksimal mungkin. Namun, tidak harus menggulungnya sama persis.

  8. Tunggulah hingga rambut mengering sebelum membuka gulungan kain. Waktu yang dibutuhkan hingga rambut mengering mungkin beberapa jam, atau bahkan semalaman. Jangan lepaskan gulungan kain terlalu dini, atau hasilnya tidak akan bagus. Cobalah lepaskan satu lembaran kain terlebih dahulu untuk memeriksanya. Jika rambut Anda sudah kering dan membentuk keriting, Anda boleh membuka gulungan lainnya.
    Tidak masalah jika gulungan kain terlepas di malam hari. Anda bisa menggunakan alat pengeriting rambut untuk menata bagian yang tidak berhasil dikeriting.

  9. Tata rambut sesuai keinginan Anda. Sesaat setelah gulungan kain dilepaskan, rambut keriting yang dihasilkan mungkin sangat rapat. Anda boleh membiarkannya demikian, atau membuatnya lebih mengembang dengan menyisirkan jari tangan. Semprotkan sedikit hairspray untuk mempertahankan bentuk rambut Anda. Jika lebih suka rambut keriting gaya klasik yang lebih lembut, Anda boleh menggunakan sisir untuk menata rambut.

sumber:

Cara Salon

Disini tentunya anda akan dimanja dengan fasilitas-fasilitas perawatan rambut anda. Itulah kenapa para wanita sangat betah disini. Selain mendapatkan perawatan, anda juga bisa meminta bantuan Salon untuk merubah model atau gaya rambut anda. Dalam hal ini, tentunya adalah model rambut keriting.

  • Styling
    Pengaplikasian Cream Styling cukup penting untuk membuat rambu keriting. Metodenya hanyalah dengan meremas-remas rambu anda saja, tidak perlu dengan macam-macam cara. Adapun beberapa contoh produk yang akan digunakan seperti Curl Cream, Curl Activator, dan Bouncy Mousee

  • Catok
    tentunya akan digunakan di Salon. Penyesuaian suhu catok serta perataan yang benar tidak akan membuat rambut anda terbakar. Dengan cara ini anda akan memperoleh hasil Keriting yang maksimal serta dengan waktu yang relatif cepat.

  • Glossy
    Glossy serum adalah serum yang digunakan ke rambut anda setelah pencatokan selesai. Penggunaannya adalah untuk menambahkan efek mengkilat/glossy di rambut anda. Cukup menarik bila anda menginginkan rambut keriting yang berbeda dari yang lain. Salah satu merk Glossy Serum adalah Got 2 b Glossy (Got to Be Glossy), milik Schwarzkopf.

Rol Rambut
Dengan memakai roll rambut, Anda bisa mendapatkan model rambut keriting dengan biaya yang sangat minim, berikut cara menggunakan rol rambut untuk membentuk rambut keriting:

  • Untuk meroll rambut, jangan lupa untuk mencuci dan menyisir rambut anda terlebih dahulu, lalu keringkan.
  • Pasang roll rambut saat rambut anda sudah mengering, dan diamkan selama 4 jam.
  • Dengan tenggang waktu seperti itu, anda bisa melakukan kegiatan harian anda, entah apapun itu.
  • Terakhir rambut keriting yang bergelombang sudah anda dapatkan, setelah mendapatkan model rambut keriting anda bisa melakukan model rambut ombre agar terlihat lebih menarik lagi.

Sumber: