Cara Membuat Lipstik dari Bahan Alami

Pada umumnya lipstik yang dijual di pasaran biasanya cukup banyak mengandung bahan-bahan kimia dan bisa membuat bibirmu menjadi kering. Tapi kamu bisa loh membuat lipstik tanpa bahan kimia, agar bibir kamu tetap terjaga kesehatannya dan juga terlihat indah. Bagaimana cara membuatnya?

Siapkan Bahan Untuk Membuat Lipstik

cara-membuat-lipstik-alami

Pertama yang perlu kamu perhatikan soal pilihan bahan. Sebagian besar bahan lipstik adalah bahan dasarnya, dan kamu menyesuaikannya dengan menambahkan pigmen. Bahan-bahan yang kamu gunakan untuk membuat basis lipstik dapat diutak-atik untuk membuat lipstik lebih glossy, matte, atau seperti balsem. Inilah yang kamu butuhkan:

  • 1 sdt lilin lebah (beeswax atau beeswax beads). Kamu bisa membeli beeswax di toko peralatan prakarya.
  • 1 sdt shea butter, mango butter, almond butter, atau avocado butter. Bahan ini membentuk lipstik yang halus.
  • 1 sdt minyak seperti minyak almon, minyak zaitun extra virgin, atau jojoba.

Pilih Warna Lipstick
Setelah kamu memiliki bahan dasar, langkah berikutnya adalah memilih warna. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menggunakan beragam nuansa merah, pink, coklat dan oranye. Ingat bahwa resep lipstik ini alami, jadi warna yang dihasilkan akan lembut dan bernuansa warna tanah. Pertimbangkan pilihan-pilihan ini:
bubuk-buah-bit

  • Untuk lipstik merah terang, gunakan bubuk akar bit.
  • Kayu manis bisa digunakan untuk menghasilkan warna coklat kemerahan.
  • Kunyit bisa dicampur dengan bubuk lain untuk menghasilkan nuansa warna tembaga.
  • Bubuk kakao menghasilkan lipstik nuansa coklat gelap.

Cara Membuat Lipstik Alami

Nggak susah kok membuat lipstik alami ini, asal kamu sudah menyiapkan bahannya. Lipstik alami ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Berikut cara membuat lipstik alami yang bisa kamu ikuti.

Cairkah Bahan Dasar Lipstik
cairkan-bahan-lipstik

Setelah menentukan pilihan warna lipstick, hal berikutnya adalah mencairkan bahan dasar lipstick. Masukkan bahan-bahan dasar lipstik dalam mangkuk tahan microwave. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan selama 30-detik hingga mencair. Aduk bahan-bahan dengan baik hingga tercampur sempurna.

Kamu juga boleh melelehkan bahan-bahan dengan panci ganda. Panaskan sekitar 5 cm air dalam panci besar dengan api sedang-besar, kemudian masukkan bahan-bahan ke dalam panci yang lebih kecil yang berada di dalam panci yang pertama. Aduk dan panaskan hingga seluruhnya meleleh dan tercampur merata.

Campurkan Warna
campur-warna-lipstik
Nggak susah kok membuat lipstik alami ini, asal kamu sudah menyiapkan bahannya. Lipstik alami ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Berikut cara membuat lipstik alami yang bisa kamu ikuti.

Tuang Larutan Ke Dalam Wadah
bentuk-lipstik
Kamu bisa menggunakan wadah lipstik bekas, wadah kosmetik kecil, atau wadah lain dengan penutup sebagai wadah penyimpan lipstik baru kamu. Biarkan lipstik mengeras pada suhu ruangan atau di dalam kulkas sebelum kamu gunakan.

Sekarang bagian yang menyenangkan: tambahkan 1/8 – 1/4 sdt bubuk warna natural yang kamu inginkan. Tambahkah bubuk jika kamu ingin warna yang lebih pekat. Aduk bubuk warna ke dalam larutan dasar, dan terus tambahkan sedikit-sedikit hingga kamu puas dengan warna yang terbentuk.

Sumber: