Cara membuat cat galaksi untuk Gunpla

Ada banyak cara yang berbeda untuk melukis Gunpla, dan mereka tidak harus melihat sesuatu seperti yang dilakukan oleh model dalam pertunjukan. Salah satu contohnya adalah pekerjaan cat galaksi Vincent untuk HG Zeta Gundam Qubeley Revive . Kami jatuh cinta dan bertanya kepada Vincent bagaimana dia melakukannya sehingga kami dapat membuat kit model nebula kami yang terinspirasi. Berikut ini tutorial langkah demi langkahnya:

Salah satu alasan saya mulai membangun Gunpla adalah karena saya melihat foto-foto kit keren yang dicat secara online dan saya ingin membuatnya sendiri. Itulah inspirasi untuk skema cat galaksi saya — saya suka model pemodel Johmny Iris dan ingin mencobanya.

Karena blog Johmny menggunakan bahasa Korea, saya harus menggunakan Google translate untuk membaca tentang prosesnya. Setelah saya mendapatkan gambaran umum tentang tekniknya, saya mulai melakukannya sendiri.

Modeler Johmny Iris mengambil tampilan galaksi. Sumber .

1. Pilih kit dengan banyak ruang untuk mengecat

Pola galaksi membutuhkan banyak ruang kosong terbuka pada model. Saya berpikir untuk memilih Gundam dengan sayap atau perisai besar, tetapi akhirnya saya pergi dengan HG Zeta Gundam Qubeley Revive —karena pinggang, lengan, dan pelindung kaki, bersama dengan pengikat bahu, menyajikan banyak ruang terbuka di bagian depan. model. Selain itu, baju besi secara keseluruhan lebih melengkung dan membungkus di bagian depan dan belakang. Ini adalah model yang sama yang dipilih oleh Johmny Iris, kemungkinan besar karena alasan serupa.

2. Buat model Anda untuk lukisan

Anda akan melihat saya tidak melukis setiap bagian dari model dengan pola galaksi - saya meletakkannya di bagian yang paling terlihat untuk penekanan. Jadi hal pertama yang saya lakukan adalah prima bagian-bagian itu untuk melukis.

Saya mulai dengan lapisan primer Alclad 2 Medium Grey . Saya selalu memulai pekerjaan cat khusus dengan primer, karena itu membuat cat menempel pada model lebih baik daripada menempel pada plastik.

Selanjutnya, saya membasahi primernya. Saya merendam 800 grit amplas ke dalam air dan kemudian mengampelas tempat mana primernya tidak rata atau agak kasar. Setelah itu, saya menyentuh bintik-bintik basah kembali dengan lebih banyak primer. Pengamplasan basah membuat lapisan primer bagus dan halus, yang penting karena produk jadi mengkilap, dan kilap menyoroti ketidaksempurnaan. Itu selalu ide yang baik untuk membasahi pasir lapisan primer Anda, tetapi terutama jika Anda akan mendapatkan hasil akhir yang mengkilap.

3. Terapkan warna cat dasar

Selanjutnya, saya menyemprotkan warna dasar, Tuan Warna Lacquer Susie Blue , menggunakan airbrush Iwata Eclipse (HP-CS) saya yang terpercaya  .

Setelah kering, saya menggunakan Tuan Warna Lacquer Pink untuk menyemprot beberapa garis. Ada beberapa overspray, yang terlihat seperti titik-titik merah muda. Jika itu terjadi, jangan khawatir tentang itu — langkah selanjutnya akan menutupi titik-titik itu dengan cat hitam. Selain itu, karena sifat acak skema cat ini, ketidaksempurnaan kecil justru meningkatkan tampilan dan menambah efek.

4. Buat efek cloud

Untuk mendapatkan tampilan yang keruh ini, saya menyemprotkan Tuan Warna GX Ueno Black melalui sepotong kapas campuran poli . Anda dapat menggunakan segala jenis kapas buatan yang dirancang untuk isian bantal atau selimut.

Langkah ini membutuhkan beberapa percobaan karena Anda ingin menarik kapas cukup untuk membiarkan cat melewatinya, tetapi masih cukup untuk menyamarkan bagian yang Anda lukis. Anda tidak harus konsisten dengan seberapa banyak Anda menarik kapas karena variasi dalam ketebalan kapas akan memberi Anda kerapatan yang berbeda dalam awan hitam Anda.

Satu tempat untuk mencari inspirasi adalah foto Hubble Telescope yang sebenarnya . Jika Anda melihat foto-foto ini, Anda akan melihat tidak ada yang simetris atau sempurna, dan itulah yang akan kita lakukan di sini.

Berikut beberapa eksperimen. Di sebelah kiri, kapas ditarik sedikit terpisah. Di sebelah kanan, kapas ditarik lebih banyak sebelum melukis. Anda dapat melihat kapas yang hanya ditarik sedikit memungkinkan lebih sedikit cat dan menunjukkan lebih banyak warna dasar. Kapas yang ditarik lebih memungkinkan melukis lebih banyak, dan memberikan efek awan yang lebih tebal dengan garis yang lebih berbeda.

Setelah saya menarik kapas sesuai keinginan saya, saya membungkusnya di sekitar potongan-potongan, yang saya dapatkan dengan klip buaya . Dengan cara itu saya bisa memastikannya akan tetap di tempat sementara saya melukis.

5. Tambahkan bintang ke galaksi Anda

Begitu saya melukis awan hitam, langkah selanjutnya adalah menambahkan bintang. Ini adalah teknik paling dasar dari seluruh tutorial, tetapi yang paling sulit untuk dijalankan. Untuk mendapatkan bintik-bintik putih kecil ke model, Anda menyemprotkan udara dari airbrush Anda melalui kuas yang penuh dengan cat putih.

Bagian yang sulit adalah mencari tahu berapa banyak yang harus dimasukkan ke dalam kuas dan seberapa jauh untuk menahan airbrush Anda. Saya menemukan bahwa yang terbaik adalah mencelupkan kuas saya langsung ke dalam panci cat (tanpa menggunakan pengencer cat), oleskan pada sedikit handuk kertas, dan tiupkan udara pada 20 psi dari jarak 4-6 inci, dimulai dengan airbrush lebih jauh. dari ujung kuas dan bergerak lebih dekat saat cat meninggalkan kuas cat.

Ini membutuhkan banyak latihan, dan saya sarankan Anda tidak melakukannya pada model Anda sampai Anda berlatih di atas kertas atau sendok plastik untuk mendapatkan ide tentang cara mendapatkan pola hujan rintik-rintik yang Anda inginkan.

6. Top coat pekerjaan Anda

Setelah saya mendapatkan bintang-bintang, yang tersisa hanyalah mantel berkilau! Saya menyemprot 3 lapisan untuk mendapatkan kilau yang bagus. Inilah hasil akhir saya:

Saya selesai dengan menambahkan beberapa decals dan membuat basis kustom (dari kotak bayangan, kapas, tag nama, dan serangkaian LED murah bertenaga baterai).

Menoleh ke belakang, satu hal yang akan saya lakukan berbeda adalah membuat pola yang cocok dengan potongan baju besi. Jika Anda melihat jahitan di mana baju besi belakang dan depan bersatu, pola itu putus karena saya melukis semuanya secara terpisah dan acak.

Apa yang seharusnya saya lakukan adalah membuat garis merah muda dan awan hitam berjalan secara konsisten di antara potongan-potongan yang bersentuhan, terutama antara pengikat bahu dan pelindung kaki. Tapi secara keseluruhan, saya sangat senang dengan hasil saya dan saya berharap untuk melihat apa yang dilakukan orang lain dengan skema cat ini!


Semoga Bermanfaat!

Sumber
Cara membuat cat galaksi untuk Gunpla

Nah maksud nya ini kita harus mencari bagian dari gundam yang lebar untuk memulai sebuah pewarnaan ya gan? atau kita hanya dibolehkan untuk mewarnai daerah yang besar saja? kalau saya sendiri pakai airbrush dan saya copotin dulu gundamnya hahahah :heart_eyes::heart_eyes: