Cara membangun kinerja tim pekerja lepas (freelancer) di dunia startup

Anda tidak bisa benar-benar menciptakan kembali pengalaman suasana bekerja di rumah, tetapi ada beberapa cara untuk mendapatkan perbaikan sosial yang memungkinkan untuk Anda tetap terhubung dengan apa yang terjadi saat tim bekerja di tempat-tempat berbeda (kasus : Work From Home), dan tetap menjaga kewarasan diri.

Cara membangun kinerja tim pekerja lepas (freelancer) di dunia startup

  1. Tetap berkomunikasi melalui email dan panggilan telepon biasa ke kolega.
    Anda belum menghilang dari planet ini, Anda hanya bekerja dari rumah. Dengan tetap berhubungan, Anda dapat yakin bahwa Anda akan terus ada dalam berita kantor, gosip, dan kejadian lainnya.

  2. Bergabunglah dengan asosiasi dan grup jejaring yang relevan.
    Hanya ada begitu banyak yang dapat Anda lakukan pada saluran telepon atau secara virtual. Pertemuan tatap muka dapat bernilai 10 panggilan telepon. Orang-orang dapat menatap mata Anda dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang Anda miliki. Setelah Anda bertemu seseorang di dalam pertemuan rapat, mereka lebih cenderung mengingat Anda. Pikirkan banyak orang yang telah Anda ajak bicara selama bertahun-tahun dan yang tidak pernah bertemu, dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki ikatan pribadi.

  3. Berkontribusi pada situs web dan forum yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda.
    Dengan menjadikan diri Anda sebagai sumber komentar yang terinformasi, Anda menjadikan diri Anda bagian dari perdebatan. Meskipun Anda bekerja dari rumah, itu menunjukkan Anda adalah peserta aktif dalam apa yang terjadi di sektor Anda.

  4. Dedikasikan satu atau dua hari dalam sebulan untuk benar-benar bertemu dengan kolega, klien, dan rekan kerja.
    Rencanakan sebelumnya siapa yang ingin Anda temui dan apa yang ingin Anda capai dari pertemuan tersebut. Seringkali dengan merencanakan satu hari, Anda dapat melewati pertemuan yang lebih bermakna daripada jika Anda berada di kantor. Anda dapat menjaga obrolan seminimal mungkin dan langsung ke titik masalah di tangan.

  5. Jika Anda benar-benar berjuang dengan kurangnya kontak manusia selama hari kerja, banyak yang lebih masuk akal untuk mencoba dan bekerja dalam suasana yang lebih buzzy, seperti kantor bersama yang dipimpin oleh pekerja lepas. Menyewa meja bukan berarti Anda adalah seorang budak upahan lagi, Anda dapat mengatur jam kerja sendiri. Tetapi Anda mungkin menemukan bahwa berada di antara orang-orang yang berpikiran sama dan sibuk memberikan suplai energi yang Anda butuhkan.

  6. Memanfaatkan teknologi sepenuhnya untuk membuat Anda tetap terhubung ke jaringan - Twitter, LinkedIn, Skype, dan blog dapat membantu Anda merasakan gebrakan sosial.

Referensi

Derrick, Stuart. 2000. Startups: Going Freelance: How to set up and succeed as a freelance worker. Inggris : Crimson Publishing.