Cara Melukis Gunpla Dengan 'Teknik Hitam dan Putih'

Pemodelan Gunpla adalah semua tentang kreativitas. Semakin banyak modifikasi yang Anda lakukan, semakin banyak gaya pribadi Anda akan ditampilkan dalam produk akhir. Dalam tutorial ini, kontributor Gunpla 101, Miko, menunjukkan kepada kita bagaimana dia menggunakan teknik yang sudah teruji waktu untuk membuat tampilan Gunpla itu miliknya.

Salah satu bagian yang paling menyenangkan dalam mengerjakan model kit adalah mengecatnya. Bagi saya, semua waktu yang dihabiskan untuk menyiapkan, membersihkan, dan memodifikasi kit akan terbayar ketika tiba waktunya untuk menghidupkannya dengan warna.

Ada banyak cara untuk mendekati fase lukisan, dan tidak ada yang salah. Beberapa pemodel melukis dengan tangan sementara yang lain menggunakan kaleng semprot. Tetapi teknik favorit saya melibatkan alat yang telah menjadi semakin lebih terjangkau dari waktu ke waktu — airbrush (saya menggunakan pekerja keras pribadi saya: Tamiya HG-T Trigger Type ). Sementara airbrushing mirip dengan spray-painting dalam beberapa hal, itu memungkinkan saya lebih bebas untuk bereksperimen dengan gaya. Mulai dari pencahayaan pra-naungan dan pasca-naungan hingga pencahayaan zenithal atau modulasi warna, ini semua cara yang bagus untuk melatih otot airbrush Anda dan melatih penampilan baru untuk perangkat Gunpla.

Melalui trial and error, saya telah mengembangkan metode airbrushing berdasarkan tutorial yang saya temui dua tahun lalu di sebuah majalah yang berorientasi pada pemodelan skala militer. Ini adalah variasi dari apa yang disebut banyak pemodel Teknik Hitam dan Putih , di mana Anda mulai dengan dasar putih dan kemudian mengisi cat hitam — atau sebaliknya — untuk menciptakan cahaya dan bayangan yang realistis. Ini adalah cara yang bagus bagi para pemula untuk terbiasa dengan airbrush baru mereka dan kemampuannya.

Hari ini saya akan memberi tahu Anda tentang bagaimana saya memanfaatkan Teknik Hitam dan Putih khusus untuk perangkat Gunpla. Jika Anda adalah salah satu dari banyak pembangun di luar sana yang merasakan panggilan dari airbrush, saya telah menguraikan sedikit tutorial yang mungkin Anda temukan berguna dalam lukisan kit Anda.

Teknik ini sangat bagus untuk kebanyakan cat, tetapi untuk tutorial ini, saya akan menggunakan cepat kering, cepat menyembuhkan lak (kebanyakan Gaia dan Tuan Warna) karena saya biasanya memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan model saya sebelum saya pergi tidur dan kepala untuk bekerja pada hari berikutnya. Untuk tutorial ini, saya mendokumentasikan bagian dari proses kerja saya di HGFC Shining Gundam , dengan fokus utama pada batang tubuh sebagai bagian paling berwarna dari model.

Langkah pertama adalah menghapus garis-garis jahitan dan garis cetakan dari kit Anda sehingga cat berjalan dengan lancar. (Lihat tutorial Gunpla 101 tentang pelepasan garis jahitan .)

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan model untuk melukis dengan primer. Primer adalah lapisan dasar, biasanya abu-abu, yang membantu cat Anda lebih baik melekat pada model dan bertahan lebih lama. Saya menggunakan merek lokal buatan Filipina bernama DS Primer, tetapi Mr. Finishing Surfacer 1500 juga melakukan triknya.

Selanjutnya, saatnya untuk meletakkan bayangan warna, dalam hal ini, Tuan Warna Datar Hitam . Untuk bayangan yang lebih realistis, Anda dapat menggunakan abu-abu gelap atau sedang. Untuk kontras yang lebih tinggi antara nuansa, Anda dapat melakukan hal Max Watanabe dan mantel dasar hitam. (Max Watanabe, ngomong-ngomong, adalah salah satu kepala honchos di Bandai yang membantu meluncurkan garis Master Grade. Strategi membangunnya, " Teknik Max ," selalu melibatkan meletakkan mantel pangkalan hitam dan melukis di atasnya.)

Sebagai catatan tambahan, untuk warna bayangan pada bagian kuning, saya selalu menggunakan warna coklat gelap ( Gaia Colour Natural Brown dalam kasus ini) untuk tampilan yang lebih realistis dan hangat.

Langkah selanjutnya adalah meletakkan highlights. Anda akan ingin menggunakan cat putih yang sangat terang, tipis ke konsistensi sedikit lebih tebal daripada susu. Hati-hati memilih tempat pada model yang akan menangkap cahaya. Semakin banyak Anda berkonsentrasi putih di suatu area, semakin terang warna akhir akan terlihat. Untuk kit ini, saya menggunakan Gaia Color Semi-Gloss White , karena itu adalah apa yang saya miliki, tetapi jika Anda bisa, ambil beberapa Gaia EX-01 White atau Mr. Color GX 01 White .

Beberapa orang pada tahap ini mungkin melihat kesamaan antara langkah ini dan langkah-langkah dalam melukis menggunakan Zenithal Lighting Technique (sesuatu yang biasanya dilakukan pada miniatur wargaming).

Perbedaannya di sini adalah bukannya menunjuk satu sumber cahaya kunci dengan pencahayaan Zenithal, di sini Anda memilih bagian yang ingin Anda tekankan. Anggap saja sebagai sorotan: tidak sepenuhnya realistis, tapi hei, kita di sini melukis model robot raksasa fiktif.

Langkah kedua hingga terakhir adalah yang paling menyenangkan karena di sinilah Anda akan melihat buah dari langkah sebelumnya. Mulailah dengan membuat kumpulan cat dengan rasio thinner-to-paint yang lebih tinggi daripada campuran yang Anda gunakan untuk lapisan sorotan sebelumnya. Siapkan campuran untuk masing-masing warna yang akan Anda gunakan.

Selanjutnya, masukkan warna satu per satu ke dalam cangkir pakan Anda dan mulailah menyemprotkan lapisan warna yang sangat tipis ke potongan kit Anda. Untuk Shining Gundam's Torso, saya menggunakan yang berikut: Gaia Color Cobalt Blue , Gaia Color Red-Pink , dan Gaia Color Orange-Yellow . (Jika Anda kesulitan menemukan Merah-Pink, yang cepat habis, pengganti yang bagus adalah Gundam Mr. Color Character Red .)

Lakukan hal ini dalam lapisan yang berurutan, biarkan setiap lapisan tetap kering sebelum melanjutkan. Perhatikan bahwa semakin banyak layer yang Anda tambahkan, semakin buram warnanya. Jika Anda melakukan ini dengan warna yang jelas untuk memulai, Anda akan mendapatkan lebih banyak jarak tempuh, tetapi melakukannya dengan benar-benar menipiskan warna yang buram / warna normal akan memberi Anda pilihan yang lebih bervariasi. Saya lebih suka yang terakhir karena efek grafis komputer 3D yang diredam yang diberikan ketika dilakukan dengan baik.

Akhirnya, saatnya untuk mengisi cat yang mendetail (mengaplikasikan Vallejo Model Colour untuk itu), decals, dan panel lining (dikerjakan menggunakan Gundam Real Touch Marker: GM401 Grey). Biarkan kering semalam dan berkumpul. Anda cukup banyak berhenti di sini, topcoat model dengan pilihan Anda selesai (saya menggunakan Tamiya Acrylic XF-86 Flat Clear ) jika Anda berniat untuk membuat model yang bersih.

… .Namun, jika Anda memilih untuk menambahkan efek seperti misalnya, pelapukan , pencucian dan efek gelap selanjutnya akan memberi model Anda variasi yang lebih tonal.

Teknik Hitam Putih seperti yang terlihat pada Miko HGUC RX-78-2 Gundam Bangkit dengan pelapukan.

Teknik Hitam dan Putih seperti yang terlihat pada HGIBO Gundam Barbatos milik Miko dengan pelapukan.

 

Apapun yang Anda pilih, dengan sedikit latihan, cat Anda akan mulai mencapai hasil yang lebih canggih. Anda akan mulai melihat ini bahkan jika ini pertama kalinya Anda mencoba teknik ini! Tetapi bagian terbaik dari belajar teknik baru adalah bahwa dengan setiap upaya berikutnya, hasilnya terlihat lebih baik dan lebih baik.

Semoga, tutorial ini membantu Anda dalam model Anda sendiri, atau setidaknya membuat bangunan Anda lebih menonjol. Selamat membangun!


Sumber
Cara Melukis Gunpla Dengan ‘Teknik Hitam dan Putih’

Waduh pertama saya bingung maksud dari judul tapi setelah melihat gambar terakhir jadi merasa kagum wah bisa sekeren itu yaa meskipun kelihatan kotor tapi semakin realistik :blush::star_struck::star_struck::star_struck::star_struck:

Wah kira-kira langkah-langkah itu akan mudah di ikutin gak ya :frowning:Takut gagal!