Cara Liburan Murah ke Karimun Jawa

Siapa yang tidak ingin melihat foto-foto keindahan tempat wisata Karimun Jawa sehingga ingin kesana. Pulau super eksotis yang ada di Jepara ini sudah tak perlu diragukan lagi kecantikannya. Tak bisa dipungkiri, traveling ke sana sudah menjadi salah satu impian yang menyenangkan. Yang menjadi kendala selain waktu yang terbatas adalah modal untuk liburan. Namun, di mana ada kemauan, di situ akan selalu ada jalan. Kira-kira bagaimana tips agar bisa liburan ke Karimun Jawa dengan budget minim?

Kalau bisa jangan naik pesawat, naik kapal juga nikmat

Liburan tidak harus naik pesawat, lho. Banyak transportasi lain yang bisa dijadikan pilihan. Apalagi untuk menekan biaya traveling, pilihan naik pesawat jelas harus dihindari. Untuk ke Karimun Jawa, kamu harus ke Semarang terlebih dulu. Dari mana pun, ada kok bis atau kereta yang bisa langsung membawamu ke kota dengan pesona Lawang Sewu ini. Selanjutnya, kamu bisa memilih menggunakan kapal feri. Kapal yang akan mengantarkan kamu dari Jepara ke Karimun Jawa hanya berlayar pada hari Senin, Rabu, dan Sabtu jam 8 pagi. Tiket Kapal Feri Siginjai belum bisa dibeli secara online, ya. Kamu harus siap di hari keberangkatan dan langsung membeli tiket. Harga tiket Siginjai Ekonomi hanya 59 ribu, dan untuk kelas VIP 96 ribu rupiah.

Jangan Hotel, Pilih Homestay

Banyak hotel cantik dan villa di pulau eksotis yang satu ini. Tapi, kalau untuk berhemat, lebih baik memilih rumah warga sebagai penginapan dengan harga 100 hinggs 250 ribu rupish per malamnya. Fasilitas ini bisa digunakan bersama dengan sahabat. Wah, lumayan kan kalau bisa patungan. Kalau mau sedikit lebih mahal, kamu boleh mencoba Wisma Apung yang berada di tengah lautan dengan harga mulai 150 ribu rupiah per malamnya. Tenang saja, harga sudah termasuk sarapan pagi, kok. Lebih baik hubungi reservasi secara online dulu sebelum datang untuk mengetahui harga dan ketersediaan kamar.

Snorkeling Puas Seharian

Karimun Jawa merupakan taman laut yang sangat cantik. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk melihat langsung keindahan taman di bawah laut dengan scuba diving atau snorkeling. Rugi banget kan kalau sudah berkunjung ke sana, tapi tidak basah-basahan. Ada paket snorkeling dari pagi hingga sore dengan mengunjungi banyak spot dengan harga sekitar 150 ribu rupiah per harinya. Lumanyan banget kan, dengan harga segitu, kamu sudah bisa mengintip kecantikan bahari yang keindahannya sudah sangat melegenda. Di Wisma Apung pun bisa langsung nyemplung saat keluar dari dapur. Bahkan di pulau Menjangan Besar, kamu bisa berenang bareng hiu.

Sewa Motor Harian untuk Eksplore Sekitar

Jangan cuma betah di satu tempat. Karimun Jawa memiliki serangkaian pulau dan pantai di sekilingnya. Sewa motor harian atau untuk 6 jam dengan harga mulai 40 ribu rupiah, kamu sudah bisa bebas muter-muter hingga ke sudut pulau. Dengan motor, kamu juga bisa berkunjung ke wisata Legon-leboh seperti Lele dan Waru. Kamu juga bisa menikmati sunset super cantik di Tanjung Gelam. Tak hanya wisata laut, coba juga treking di hutan mangrove yang hanya menarik tarif sekitar Rp5000,00 untuk setiap orang.

Mampir ke Pulau Gosong

Sudah semakin yakin kalau ke Karimun tidak butuh uang banyak, bukan? Apalagi yang kamu dapatkan juga bukan sembarangan. Liburan murah tetap rasa mawah, anggapan seperti itu akan terasa semakin benar setelah kamu mengunjungi Pulau Gosong. Penampakannnya bak putri yang putih dan cantik. Di sana berhari-hari sebenarnya juga tidak masalah. Sayangnya, Pulau Gosong hanya muncul saat air laut surut saja.