Cara Berkebun Memanfaatkan Taman Dan Lahan Di Rumah Saat Pandemic Covid-19

tanam-sendiri-6-sayuran-ini-dari-bahan-sisa-masak-di-dapur
Untuk mengisi waktu yang kini harus lebih banyak dihabiskan di rumah, ada banyak hal bermanfaat yang dapat dilakukan.

Salah satunya adalah dengan berkebun. Selain mengisi waktu, tanaman yang dihasilkan dari kegiatan ini juga dapat dikonsumsi, yaitu jika yang ditanam adalah bahan konsumsi seperti sayuran.

Berikut adalah beberapa tanaman sayuran yang cepat panen dan dapat ditanam di lingkungan rumah:

  1. Bayam

Tanaman bayam memiliki waktu yang relatif singkat untuk tumbuh dan dapat dipanen, yaitu sekitar 1-1,5 bulan. Bayam sendiri dapat ditanam sepanjang tahun, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, juga di areal kebun atau pekarangan rumah. Waktu penanaman yang baik adalah saat awal musim hujan atau awal musim kemarau.

  1. Kangkung

Sayuran kangkung juga menjadi salah satu tanaman dengan usia panen yang cukup singkat, yaitu sekitar 30-40 hari. Kangkung sendiri tergolong pada jenis tumbuhan yang mudah tumbuh di berbagai musim. Selain itu, tanaman ini juga dapat hidup di lahan yang sempit dengan menggunakan sistem hidroponik.

  1. Selada
    Masa panen yang umum pada tanaman selada hidroponik dan selada di lahan berkisar antara 2-3 bulan, dihitung setelah persemaian. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat, terutama saat musim hujan atau cuaca yang dingin. Selada sendiri cocok ditanam bersamaan dengan wortel.

  2. Sawi hijau

Umur panen sawi paling lama adalah 70 hari dan paling pendek 40 hari. Sebelum memanen, perlu dilihat terlebih dahulu fisik tanaman, seperti warna, bentuk, dan ukuran daun. Kemampuan tumbuh dari tanaman ini cukup mudah, asalkan ketersediaan air terpenuhi. Sawi hijau juga tetap harus memperoleh sinar matahari yang cukup untuk tumbuh.

  1. Lobak

Usia panen lobak memiliki rentang waktu yang cukup luas, bergantung pada jenis yang ditanam. Namun, usia panen rata-rata dari lobak relatif cepat. Beberapa jenis lobak dapat dipanen saat usia 3 minggu dan ada pula yang baru dapat dipanen setelah usia 60 hari seperti lobak putih.

  1. Buncis

Secara teknis budidaya, tanaman buncis tergolong cukup mudah dan berproduksi dengan baik pada hampir seluruh ketinggian. Buncis sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tipe tegak dan tipe merambat. Untuk buncis tipe tegak, dapat dipanen saat usia sekitar 45 hari setelah tanam.
Sedangkan untuk tipe merambat, dapat dipanen pada usia sekitar 60 hari setelah tanam.

  1. Mentimun

Mentimun tergolong tanaman sayuran buah semusim (berumur pendek). Sayuran ini mulai dapat dipanen pada umur 35 hari setelah penanaman. Buah yang siap dipetik berwarna hijau pudar keputih-putihan. Panen ini dapat dilakukan dengan interval 2-3 hari hingga 15 kali panen.

2 Likes