Candi apa saja yang keindahannya sama seperti Candi Borobudur?

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Yogyakarta. Tak hanya memiliki kekayaan alam, Yogyakarta juga memiliki berbagai macam destinasi keajaiban dunia seperti candi. Selama ini, masyarakat hanya mengenal Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kedua candi ini bahkan terkenal kemegahannya hingga mancanegara. Namun, adakah candi lain yang sama indahnya dengan kedua candi tersebut?

Candi lain yang sama indahnya denganCandi Borobudur dan Candi Prambanan:

  1. Candi Plaosan
    Candi Plaosan berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Candi ini tidak hanya cantik dari bentuknya, tapi akan tampak terlihat anggun ketika matahari terbit. Candi Buddha ini menampilkan siluet cantik yang membuat kagum siapa saja. Candi Plaosan memiliki dua komplek, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Relief yang berada di Plaosan Kidul menggambarkan laki-laki, sedangkan Plaosan Lor menggambarkan wanita. Keistimewaan candi ini adalah di belakang candi terdapat pohon bodhi dan semacam altar yang dikelilingi patung Buddha.

  2. Candi Kalasan atau Candi Tara
    Candi yang bersejarah lainnya di Yogyakarta adalah Candi Kalasan atau Candi Tara. Candi ini terletak di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman. Candi ini memiliki tiga bagian, yaitu bawah atau kaki candi, tubuh candi, dan atas candi. Bagian kaki candi berdiri di sebuah alas batu yang berbentuk bujur sangkar. Pada bagian ini terdapat tangga masuk berhiaskan makara di ujung tangga. Di setiap pintu masuk dari sisi utara dan selatan terdapat hiasan kala. Di bagian jengger candi terdapat kuncup bunga, daun-daunan, dan sulur-suluran. Di bagian atas candi terdapat pohon dewata dan lukisan awan beserta penghuni khayangan sedang memainkan alat musik gendang, rebab, kerang, dan camara. Bagian atap terdapat kubus yang dianggap sebagai kemuncak Gunung Semeru.

  3. Candi Sewu
    Sekilas candi sewu berbentuk seperti Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan candi terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur. Di komplek ini memiliki 257 candi dengan satu candi utama, delapan candi pengapit, dan sisanya candi pewarta. Candi Sewu berada di lembah Prambanan yang membentang dari lereng selatan Gunung Merapi di Utara sampai pegunungan Sewu di perbatasan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sumber: