Budidaya tanaman hias

Ada yang pernah budidaya tanaman hias? Boleh dijelasin dong salah satu teknis budidayanya, boleh tanaman apa saja.

1 Like

Teknik budidaya tanaman hias, secara umum, sebagai berikut.

  • Persiapan Lahan atau Media Tanam
    Budidaya tanama hias dapat dilakukan di pot (polybag) atau dalam hamparan lahan. Persiapan lahan atau media tanam dilakukan untuk menyediakan media tumbuh yang sesuai untuk setiap tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kondisi tanah yang gembur sangat dibutuhkan untuk budidaya tanaman. Hampir semua tanaman hias memerlukan media tanam yang gembur, subur, cukup mengandung bahan organik, bebas dari hama, aerasi dan drainase yang baik. Komposisi media tanam untuk mengisi polybag dapat digunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1.

  • Pembibitan
    Perbanyakan bahan tanama hias dapat dilakukan melalui perbanyakan generatif dengan menggunakan biji dan perbanyakan vegetatif dengan menggunakan organ vegetatif. Biji yang akan dijadikan benih sebaiknya dipanen dari induk yang sehat. Sebelum ditanam, biji disemai terlebih dahulu. Media semai yang digunakan adalah tanah yang dicampur dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Perbanyakan vegetatif memiliki keuntungan, yaitu dapat menghasilkan bibit yang seragam dalam jumlah yang banyak. Perbanyakan vegetatif dapat dilakukan dengan menggunakan bagian akar, batang, daun, tunas, sulur, dan umbi. Apabila dilakukan dengan cara perbanyakan vegetatif buatan, dapat dilakukan dengan perundukan, okulasi, dan penyambungan.

  • Penanaman
    Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Hal tersebut karena cahaya matahari pada pagi dan sore hari sangat mendukung penanaman benih tanaman hias. Jarak lubang tanam perlu diperhatika dalam budidaya tanaman hias berdasarkan jenis tanaman hiasnya.

  • Pemupukan
    Hal yag perlu diperhatikan dalam pemupukan tanaman hias adalah jenis pupuk, cara pemupukan, waktu pemupukan.

  • Pemeliharaan
    Meliputi penyulaman, penyiraman, penyungkupan, pembubunan, penyiangan, da pengendalian hama da peyakit.

Referensi

Evinola. 2019. Mengenal Ruang Lingkup Tanaman Hias. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

2 Likes