Budidaya bayam di polybag

Bagaimana cara budidaya tanaman bayam di polybag, komposisi media tanam, kebutuhan sinar matahari, dan apa saja kendalanya?

2 Likes

image
Cara budidaya tanaman bayam pada polybag :

  1. Menyiapkan alat dan bahan :
    • Benih bayam berkualitas
    • Media tanam, yaitu tanah
    • Pot atau polybag berukuran sedang
    • Peralatan menanam, seperti sekop dan sarung tangan
  2. Menyiapkan benih bayam
  3. Persiapan media tanam
  4. Menyemai benih
  5. Pemindahan ke polybag
  6. Pemberian pupuk dan perawatan
  7. Panen

Komposisi media tanam bayam :
Media tanam yang dibutuhkan oleh bayam adalah campuran dari tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang. Bayam dapat ditanam pada setiap jenis tanah, yang terpenting tanah tersebut banyak mengandung bahan-bahan organik.

Kebutuhan sinar matahari :
Tanaman bayam banyak tumbuh didaerah tropika dan sub tropika, didataran rendah dengan ketinggian mencapai 200 mdpl, pH tanah 6-7 tetapi juga bisa hidup pada pH tanah 8.5 maupun tanah masam. Sedangkan temperatur yang dikehendaki antara 35-40° C dengan curah hujan antara 1.000-2.000 milimeter. Keistimewaan bayam adalah berproduksi tinggi dan cepat panen, mudah diusahakan sebagai tanaman perkarangan serta tidak mudah terserang penyakit. Disamping itu akan lebih baik jika dipanen sebelum berbunga.

Kendala :
Untuk memdapatkan hasil panen yang optimal, pemilihan kebun bayam harus memperhatikan persyaratan pertumbuhannya, yaitu keadaan lahan harus terbuka dan mendapat sinar matahari penuh, tanahnya subur, gembur, banyak mengandung bahan organik dan memiliki pH 6-7, dan tidak menggenang atau becek. Pemeliharaan yang buruk akan memberikan hasil yang buruk pula. Umur
tanaman yang singkat, daerah yang relatif dangkal, banyaknya hamapenyakit yang mengganggu, dan tingginya kebutuhan kadar air adalah beberapa hal yang memperjelas pentingnya pemeliharaan

Jenis-jenis bayam :

  1. Bayam yang dibudidayakan meliputi :
    a. Bayam Cabut (Amaranthus tricolor L), bayam ini mempunyai batang berwarna hijau, ada yang kemerah-merahan serta ada yang keputihputihan, daunnya agak panjang dengan ujung rucing.
    b. Bayam Petik/ Bayam Tahunan (Amaranthus hybridus L), Bayam ini biasanya disebut bayam kakap atau bayam Taiwan, mempunyai daun lebar-lebar dengan batang tegap, bergizi tinggi tetapi mempunyai rasa getir dan agak keras. Hama dan Penyakit adalah organisme pengganggu tanaman yang menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya pertumbuhan dan produksi tanaman.

Tanaman bayam dapat tumbuh kapan saja pada waktu musim hujan atau kemarau. Tanaman ini kebutuhan airnya cukup banyak sehingga paling tepat ditanam saat awal musim hujan, yaitu sekitar bulan Oktober-November. Bisa juga ditanam pada awal musim kemarau, sekitar bulan Maret-April.

Sumber :
Cahirunnisa Shafira. 2020. 7 cara Menanam Bayam pada Polybag di Rumah dengan Mudah dan Cepat. (beritaproperti.99)
Handayani Roro. 2012. Teknik Budidaya Bayam Organik sebagai Jaminan Mutu dan Gizi untuk Konsumen di Lembah Hijau Multifarm Dukuh Joho Lor, Triyagan, Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Surakarta

1 Like