Buang Rasa Bosanmu dengan Jelajahi 10 Web-Based Games Populer!


Dalam era di mana penyimpanan digital kerap menjadi kendala masyarakat, web-based games menjadi penyelamat bagi banyak orang terutama penggemar permainan. Mereka tidak hanya menyediakan hiburan yang menyenangkan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman bermain game tanpa harus khawatir tentang ruang penyimpanan yang terbatas. Berikut adalah 10 web-based games yang menyenangkan dan populer yang dapat dinikmati tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda.

  1. Wordle
    images
    Wordle adalah game tebak kata online yang diproduksi di tahun 2021 oleh Josh Wardle. Berbeda dengan jenis game lain menciptakan adiksi, setiap harinya, Wordle akan merilis satu kata dalam bahasa Inggris yang harus ditebak oleh para pemain. Kamu diberi 6 kesempatan untuk menebak kata tersebut.
    Wordle memiliki tampilan yang minimalis dan mudah digunakan. Karena game ini memiliki tantangan harian dimana hanya bisa dimainkan sekali sehari, maka banyak pengguna ketagihan memainkannya setiap hari. Tidak hanya itu, para pengguna dapat secara langsung menambah kosa kata baru bahasa Inggris.
    Meski memiliki banyak kelebihan, Wordle juga memiliki kekurangan seperti terbatas (satu kata per hari) dan kata yang harus ditebak dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, sebagai alternatif bagi masyarakat Indonesia, diciptakanlah Katla.

  2. Slither .io
    images 2
    Slither .io adalah permainan multiplayer daring yang mengasyikkan di mana pemain mengendalikan ular kecil dan berusaha untuk memakan koin dan ular lainnya untuk tumbuh lebih besar. Nilai utama yang membuat game ini menyenangkan ialah keseruan dalam bersaing dengan pemain lain sehingga dapat berupaya menjadi ular terbesar di arena tersebut.
    Slither .io merupakan game yang sederhana dan cukup adiktif bagi pengguna. Namun, game ini terkadang lag, tereutama saat jumlah pemain sangat banyak.

  3. 2048
    images 3
    2048 adalah permainan di mana player/pengguna harus menggabungkan angka hingga mencapai angka 2048. Awalnya, akan ditampilkan papan permainan berukuran 4x4 dan terdiri dari kotak-kotak yang berisi angka. Pengguna dapat menggeser kotak-kotak ke atas, bawah, kiri, atau kanan untuk menggabungkan angka yang sama. Setiap kali Anda menggabungkan dua angka yang sama, angka tersebut akan digabungkan menjadi angka baru yang dua kali lipatnya. Nilai utama yang ditonjolkan game ini ialah strategi pemain bagaimana agar mencapai angka 2048.
    Kelebihan: Meningkatkan keterampilan berpikir, menantang
    Kekurangan: Kurangnya grafis, hanya teks/angka dengan pewarnaan, dapat memiu kebosanan apabila dimainkan terlalu lama.

  4. Pokemon Showdown


    Pokemon Showdown ialah simulasi pertarungan Pokemon online dimana kita dapat memilih tim, melawan pemain lain, dan membuktikan strategi. Game simulasi ini menonjolkan nilai kompetitif bagi para pemain, bahkan menjadikan kegemaran bagi penyuka Pokemon.
    Kelebihan: Bermain melawan pemain nyata, memiliki chatroom sehingga pemain dapat bersosialisasi, serta dapat mendalami strategi.
    Kekurangan: Tidak ada petualangan/story mode, hanya pertarungan saja.

  5. Skribbl .io


    Skribbl .io adalah permainan sosial berbasis web di mana pemain bergantian menggambar sesuatu dan yang lainnya mencoba menebaknya. Value utama yang ditonjolkan game ini ialah hiburan sosial yang mengasyikan, serta kreativitas dalam menggambar dan menebak.
    Kelebihan: Gameplay yang ramah pengguna, berbagai kategori kata, dan memungkinkan interaksi sosial.
    Kekurangan: Terkadang terdapat masalah dengan permainan yang lambat, terutama ketika bermain dengan banyak orang.

  6. A Dark Room
    images 4
    A Dark Room merupakan Game teks berbasis petualangan. Anda membangun dan mengelola sebuah pemukiman di dunia pasca-apokaliptik. Dengan mengutamakan genre misteri dan keputusan strategis, game ini terkenal di akhir 2013.
    Kelebihan: Kecanduan, gameplay yang unik.
    Kekurangan: Tidak ada grafis, tampilan hanya berupa teks.

  7. Fallen London
    image
    Fallen London adalah permainan peran daring yang berfokus pada narasi yang mendalam dan atmosfer gelap yang menarik. permainan ini menempatkan pemain dalam dunia alternatif Victorian Gothic di kota bawah tanah London yang aneh dan misterius. Pemain akan menjelajahi kota ini, bertemu dengan karakter-karakter yang unik, mengambil keputusan penting, dan menjalani berbagai petualangan yang menegangkan. Nilai Utama yang ditonjolkan ialah narasi yang kuat dan mendalam dimana setiap keputusan yang dipilih player akan memiliki konsekuensi/pengaruh ke jalan cerita permainan.
    Kelebihan: Story mode gamme menarik, kebebasan bermain, interaksi dengan NPC ataupun player lain.
    Kekurangan: Pemain pemula mungkin akan kesi;otan, progresi lambat, dan keterbatasan visual.

  8. Dinosaur Game
    images 5
    Dinosaur Game adalah permainan sederhana yang bisa dimainkan secara offline di browser Google Chrome saat koneksi internet terputus. Pemain mengendalikan seekor dinosaurus yang berlari secara otomatis dan harus menghindari rintangan seperti pohon dan burung terbang dengan melompat atau merunduk. Tujuannya adalah bertahan sejauh mungkin dan mencetak skor tertinggi. Nilai utama game ini ialah sederhana dan kesenangan instan & dapat dimainkan tanpa internet.
    Kelebihan: Grafik minimalis, bisa dimainkan secara offline dan online, cukup adiktif
    Kekurangan: Keterbatasan konten dan kurang kompleks

  9. The Jigsaw Puzzles
    images 6
    The Jigsaw Puzzles adalah permainan puzzle berbasis web yang memungkinkan pemain untuk menyelesaikan berbagai jenis teka-teki jigsaw secara daring. Dengan berbagai gambar dan tingkat kesulitan yang berbeda, pemain dapat menikmati tantangan merakit potongan-potongan gambar menjadi satu kesatuan yang utuh. Value utama yang didapatkan ialah pengalaman menyenangkan dan menantang, meningkatkan keterampilan problom-solving, konsentrasi, dan ketelitian

  10. Colonist


    Colonist adalah permainan papan online gratis yang terinspirasi oleh Settlers of Catan. Game ini dapat membuat player mengambil peran sebagai pemukim dan membangun peradaban dengan cara memperluas wilayah, berdagang, dan membangun pasukan. Value yang ditonjolkan ialah ekstensi yang lengkap, dengan kelebihan dapat dimainkan kapan dan di mana saja. TIdak hanya itu , pengguna dapat berinteraksi secara online dan memainkan berbagai mode permainan pada Colonist. Sayangnya, terdapat kekurangan berupa keterbatasan kata dan ketergantungan pada koneksi internet.