Bolehkah membersihkan karang gigi ketika sedang sakit gigi?

Pembersihan karang gigi kadang diperlukan untuk membuat gigi tetap sehat, lalu apakah boleh membersihkan karang gigi ketika sedang sakit gigi?

Gigi berlubang memang bisa memunculkan rasa nyeri. Tergantung dari kedalaman lubangnya, nyeri gigi ini bisa muncul sesaat, misalnya ketika distimulasi oleh sentuhan, tekanan, atau pajanan suhu dingin dan panas yang berlebihan, namun bisa juga nyeri terjadi secara spontan terus menerus tanpa ada pemicu yang jelas.

Tidak ada kontraindikasi melakukan pembersihan karang gigi (scalling) bagi penderita gigi berlubang yang sedang merasakan nyeri. Dengan membersihkan karang gigi, mikroorganisme patogen dan sisa makanan yang menumpuk justru bisa dihilangkan sehingga tidak menyebabkan lubang pada gigi bertambah parah.

Namun agaknya, perlu dilakukan evaluasi langsung oleh dokter terkait penanganan mana yang lebih penting untuk didahulukan. Bila nyeri gigi dirasa cukup mengganggu, maka kemungkinan dokter akan melakukan perawatan gigi yang berlubang tersebut terlebih dulu, misalnya dengan menambal atau mencabutnya. Selanjutnya, bila nyeri dan peradangan sudah mereda, barulah akan dilakukan scalling. Scalling ini juga berguna untuk mengurangi risiko radang gusi (gingivitis) yang kerap membuat nyeri di gigi bertambah parah.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda mengkonsultasikan langsung tatalaksana terbaik dengan dokter gigi Anda ya…

Saat ini, Anda bisa mengkonsumsi dulu obat paracetamol untuk mengurangi nyeri gigi yang Anda rasakan. Rajinlah menggosok gigi lalu berkumur dengan obat kumur antiseptik untuk mencegah lubang pada gigi dan karang gigi bertambah parah. Batasi dulu mengunyah makanan yang terlalu keras, terlalu dingin, atau terlalu panas menggunakan sisi gigi yang sedang nyeri.