Bolehkah memberikan vaksin anak di sekolah tanpa izin orang tuanya?

lt5a376f3d0952c

Bagaimana konsekuensinya jika memberi vaksin di sekolah pada anak yang orang tuanya tidak setuju dengan pemberian vaksin? Apakah bisa dituntut?

Pelaksanaan imunisasi di sekolah (untuk anak usia sekolah dasar) merupakan bagian dari imunisasi rutin (bentuknya imunisasi lanjutan) yang masuk dalam kelompok imunisasi program yang sifatnya wajib. Imunisasi ini diwajibkan kepada seseorang sebagai bagian dari masyarakat dalam rangka melindungi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Orang tua/wali anak bisa melakukan penolakan imunisasi hanya dalam hal penggunaan vaksin yang digunakan oleh pemerintah pusat yang penyelenggara pelayanan Imunisasi Programnya adalah fasilitas pelayanan kesehatan. Itu artinya, jika penyelenggara pelayanan Imunisasi Program melaksanakannya secara massal di sekolah, orang tua tidak bisa menolak atau tidak setuju atas pemberian vaksin dalam rangka imunisasi anak di sekolah tersebut.

Bahkan perlu diketahui bahwa seseorang atau sekelompok orang yang melakukan tindakan menghalang-halangi penyelenggaraan imunisasi rutin (imunisasi lanjutan) yang merupakan bagian dari Imunisasi Program dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

sumber: www.hukumonline.com