Bolehkah Melarang Orang Lain Merokok di Dekat Kita?

Ada tidak dasar hukum kita untuk melarang orang atau menyuruh orang lain untuk tidak merokok di sekitar kita walaupun daerah tersebut bukan daerah bebas rokok? Bisakah kita menggunakan dasar perdata yang mana pihak perokok telah merugikan kesehatan kita apabila dia merokok di sekitar kita?

image

Dengan asumsi bahwa orang tersebut memang merokok di kawasan khusus merokok, pada dasarnya, melihat dari dasar hukum yang ada, menurut hemat kami, kita tidak dapat melarang orang tersebut jika ia memang merokok di kawasan yang diperbolehkan untuk merokok. Orang yang merokok di kawasan khusus merokok tidak dapat disalahkan, namun hal mungkin yang bisa kita lakukan adalah menegur secara baik-baik jika memang ada area lain yang lebih tidak mengganggu kita.

Jika menempuh upaya hukum seperti menggugat dalam perkara perdata atas dasar Perbuatan Melawan Hukum (“PMH”), hal ini juga sulit karena unsur kerugian yang menjadi salah satu alasan gugatan haruslah berupa kerugian yang nyata-nyata ada yang diderita oleh penggugat.

Sumber: hukumonline.com