Bolehkah Melakukan Facial Saat Wajah Berjerawat?


Beragam cara dilakukan untuk membuat wajah terlihat bersih. Salah satu perawatan yang sering menjadi pilihan yaitu facial. Namun, banyak pro dan kontra mengenai facial saat kulit sedang jerawatan. Ada yang bilang facial wajah berjerawat itu sah-sah saja, ada yang justru melarang. Bagaimana menurut kalian?

Bila Anda ingin facial, sebaiknya Anda memilih jenis facial extraction. Selain jenis tersebut, sebaiknya Anda baru boleh melakukan facial saat jerawat dari wajah Anda sudah mereda. Melakukan facial tipe extraction saat wajah sedang dipenuhi jerawat tidak serta merta membuat jerawat langsung hilang. Jerawat yang muncul merupakan akumulasi dari berbagai macam hal yang sudah lama menumpuk di wajah, sehingga jerawat Anda juga tidak akan dengan segera hilang dalam waktu singkat

Pada dasarnya, terdapat dua jenis facial, yaitu tipe facial ala spa yang memanjakan, dan facial yang lebih invasif dengan tujuan mengatasi jerawat, seperti pada jenis facial extraction, chemical peels, laser dan microdermabrasion.

Jenis facial yang memanjakan kulit meliputi pijat pada wajah, perawatan minyak esensial yang ditemani dengan music terapi. Jika Anda menjalani facial tipe ini ketika wajah Anda sedang berjerawat, Anda tidak sedang membahayakan wajah, namun Anda juga tidak sedang melakukan tindakan penanggulangan pada wajah. Dalam menjalani facial tipe ini, Anda perlu mewaspadai jenis minyak esensial yang digunakan karena terdapat kandungan ekstrak tumbuhan yang digunakan pada kulit yang dapat menimbulkan reaksi iritasi, terutama pada kulit yang sensitif dan rentan berjerawat.