Boleh tidak menggunakan bedak wajah tanpa alas seperti foundation?


Bedak adalah bubuk yang digunakan sebagai kosmetik untuk mempercantik muka. Selain mengencangkan wajah, beberapa bedak dengan tabir surya juga dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi lingkungan.

Tentu saja boleh, bedak mampu menahan minyak atau menghilangkan kilau pada wajah Anda. Dengan hanya menggunakan bedak saja, wajah jadi terlihat lebih presentable. Tapi perlu diingat juga ya, apapun jenis kulit Anda, pastikan sudah memakai pelembap dulu sebelumnya. Dan tunggu sampai pelembap benar-benar menyerap, baru setelahnya aplikasikan bedak. Jika Anda menginginkan coverage lebih, pakai powder foundation sebagai pilihan praktisnya.

Berikut tips menggunakan bedak tanpa fondation:
1. Bersihkan wajah dengan sempurna
Pastikan Anda membersihkan wajah dengan baik dan benar supaya tidak ada sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah. Gunakan micellar water atau paduan milk cleanser dan toner sebelum memakai pelembap, setelah itu keringkan.

2. Gunakan air es atau es batu
Salah satu kunci membuat bedak dan makeup Anda bertahan lama adalah air dingin. Air dingin bisa membantu mengontrol produksi minyak dan mengecilkan pori-pori sehingga bedak dan makeup jadi lebih tahan lama di wajah. Setelah membersihkan wajah, Anda bisa mengompres wajah dengan air dingin selama 10-15 menit. Kalau tidak ada air dingin, Anda bisa manfaatkan es batu, lho.

3. Pakai pelembap dan sunblock
Dua kombinasi ini sangat dibutuhkan untuk makeup sempurna tanpa foundation. Selain membantu menjaga kulit agar tidak kering, kedua produk ini biasanya mengandung SPF atau tabir surya yang menjaga kulit wajah dari sinar matahari. Gunakan secara merata supaya produk makeup lainnya yang diaplikasikan bisa meresap sempurna.

4. Gunakan bedak tabur
Kalau ingin bedak dan makeup tahan lama, tanpa bantuan foundation, maka sebaiknya gunakan bedak tabur. Bedak tabur bisa dijadikan sebagai pengganti foundation. Untuk aplikasinya, gunakan brush dibanding sponsnya.

Kalau bedak yang Anda gunakan sudah merata, Anda bisa mengaplikasikan produk makeup lainnya. Dijamin penampilan Anda akan maksimal tanpa foundation