Bisakah rongga kecil pada gigi sembuh sendiri?

Rongga, juga disebut sebagai kerusakan gigi atau karies, adalah lubang di gigi. Rongga adalah kelainan kesehatan paling umum kedua di Amerika Serikat, menurut National Institutes of Health (yang pertama adalah flu biasa) dan kelainan yang sangat umum terjadi di seluruh dunia.

Sama seperti ada dua faktor yang menyebabkan gigi berlubang, ada dua faktor utama untuk mencegahnya: kebersihan mulut dan perubahan pola makan.

Kebersihan mulut yang baik termasuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, membersihkan gigi secara profesional setiap enam bulan, dan menjalani pemeriksaan sinar-X dan pemeriksaan gigi tiap tahun untuk mendeteksi perkembangan rongga. Flossing juga merupakan rekomendasi khas, namun pada tahun 2016, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan menurunkan rekomendasinya untuk membeli harian, atau sama sekali, dari Pedoman Diet untuk Orang Amerika. Selain itu, manfaat flossing belum terbukti, meski banyak dokter gigi masih merekomendasikan praktik tersebut.

Mengurangi jumlah gula – terutama minuman manis dan jus – dapat membantu mencegah gigi berlubang. Anda mungkin mempertimbangkan untuk menyikat gigi atau membilas mulut Anda setelah mengonsumsi makanan lengket. NIH juga menyarankan untuk memasukkan makanan manis dan manis seperti buah kering dan permen ke dalam makanan daripada memakannya sebagai camilan. Meminimalkan ngemil, menghindari menghirup minuman manis secara konstan, dan tidak mengisap permen atau permen juga bisa membantu, karena mereka menghasilkan pasokan asam dalam mulut yang konstan.

Mayo Clinic menyarankan untuk melihat ke dalam sealant gigi. Sealant gigi dapat membantu mencegah gigi berlubang dan paling sering diaplikasikan pada gigi anak-anak setelah geraham mereka masuk. Pelapis tipis, seperti pelapis plastik di permukaan geraham yang mencegah akumulasi plak.

Fluoride adalah strategi pencegahan rongga yang dianjurkan oleh Mayo Clinic. Bisa dikonsumsi di air minum atau sebagai suplemen. Fluoride topikal sering digunakan sebagai bagian dari kunjungan dokter gigi rutin. Dokter gigi Anda mungkin juga merekomendasikan pasta gigi berfluorida atau obat kumur. Ketika sampai pada anak-anak, pasta gigi yang mengandung fluorida harus dipantau secara ketat. Terlalu banyak fluorida dapat menyebabkan cacat, gigi yang menguning.

http://news.gunadarma.ac.id/2017/06/rongga-kerusakan-gigi-penyebab-gejala-dan-pengobatan/