Bisa Menjadi Pendengar yang Baik, Tanda Kita Sudah Berkembang?

gud listener

Di zaman seperti ini orang-orang mulai berlomba menyampaikan opininya, masyarakat ramai-ramai ikut kelas sana sini untuk berlatih public speaking, dan memang semua orang berhak untuk berbicara dan berpendapat.

Tidak ada salahnya untuk belajar komunikasi, karena tak bisa dipungkiri bahwa belajar komunikasi juga penting. Tapi apa kita sadar seringkali kita lupa, bahwa kebanyakan berbicara justru membuat kita lupa untuk mendengar?

memang tidak ada salahnya berbicara, tapi kalau sudah kebanyakan berbicara hati-hati ya temen-temen hehe karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

menurutku dengan menjadi pendengar yang baik, kita sudah meningkatkan diri ini di level yang berbeda dengan orang lain. Tidak semua orang bisa mendengar, disaat kebanyakan orang hanya ingin membuka mulut tanpa membuka telinga.

kita tahu bahwa dengan menjadi pendengar yang baik, kita bisa belajar lebih banyak. Belajar dari perspektif orang lain, dan belajar untuk memahami orang lain. Dengan belajar itulah kemampuan diri bisa berkembang pesat.

Bahkan mendengar tidak hanya untuk orang lain tetapi untuk diri sendiri juga tidak kalah penting. Mendengarkan kata hati bisa membuat diri kita lebih nyaman dan mudah untuk berkembang.

kuncinya adalah berbicara cukup boleh, mendengar cukup juga boleh. tidak melulu kita diam untuk mendengar tapi sesekali ada waktunya kita berbicara, begitupun sebaliknya.
Jadi kita harus menyeimbangkan antara mendengar dengan berbicara, karena segala sesuatu yg berlebihan itu tidak baik.

Kalau teman-teman lebih senang berbicara atau mendengar nih?
Apa benar menjadi pendengar yg baik bisa meningkatkan diri kita?
yuk diskusi! jangan simpan idemu hanya dalam kepalamu yaa, apapun idemu bisa berpengaruh untuk orang lain loh :star_struck:

2 Likes

Ok krn aku sudah beri opini ku… saat nya kakak juga memberi opini kakak di artikel ku. Jadi saling membantu dan berdiskusi.

Link : Bagaimana menurutmu antara jurusan IPA dengan jurusan IPS di sekolah?

Ok memang betul kita memang juga harus melatih kemampuan berbicara kita, krn dengan bicara kita bisa hasilkan duit yg bukan main - main . Misal ny jadi pengacara dan politisi, konsultan politik ,psikolog. Kan mereka jago tuh buat opini ,debat, dan publik speaking ny mantap dan keren. Berkat keahlian ny tersebut dia dapat uang bahkan menolong seseorang. Dapat pahala dan balasan dari Tuhan dong kalau menolong org.

Cuma kita juga harus mendengar apa yg dikatakan org lain. Betul, setiap yg berlebihan itu tidak lah baik. Cukup sekedar dan bisa aja. Jgn berlebihan.

Aku tungu kabar kakak di artikel ku ya.
Link : Bagaimana menurutmu antara jurusan IPA dengan jurusan IPS di sekolah?

1 Like

Ya, bisa dikatakan sudah berkembang.
Karena jika Kita bisa menjadi pendengar Yang baik, berarti Kita sudah beranjak dewasa, Kita sudah dapat menghargai orang lain. Semua orang sangat senang jika ucapkan yang dilontarkan dari mulutnya dapat didengarkan oleh sekitar dengan baik, terlebih jika di beri atau dibalas jawaban dari perkataan tersebut🤗 dan menjadi pendengar yang baik juga sangat banyak manfaatnya, seperti saat-saat webinar, jika kita mendengarkan nya dari awal hingga akhir dan memahami dari segala isi dan topik webinar tersebut, itu akan menambah banyak pengetahuan Kita. Terimakasih kak.
Kunjungi artikel ku selanjutnya ya kak

1 Like

halo kakk terimakasih sudah berpendapat, wah memang benar kak kalau berbicara itu juga bisa menolong seseorang. dan semua kembali lagi ya kak agar dalam melakukan sesuatu kita tidak terlalu berlebihan. ohiya kak mungkin boleh sharing tipsnya nih ka supaya kita bisa menyeimbangi antara berbicara dan mendengar? karena mungkin banyak juga kak teman-teman disini yang ingin tahu hehe :grin:

wahh terimakasih kak pendapatnya. bener banget kak kalau semua orang pastinya senang untuk didengarkan dan dengan menjadi pendengar yang baik, secara tidak langsung kita sudah menyenangkan hati orang lain :hugs:

1 Like

Ya kak, jadi baiklah kita jika kita menjadi pendengar yang baik disetiap perkataan orang. Dengan menjadi pendengar yang baik juga Kita bisa menambah pengetahuan Kita, dapat mencerna perkataan yang baik yang dilontarkan atau tidak. Kita bisa menilai nya sendiri :blush:

1 Like

Tipikal umumnya, contohnya anggap saja diibaratkan pada pelajaran kelas ya.
Ada tipe yang berbicara tapi tidak mau mendengar, ada yang mendengar tidak mau bicara, ada yang bicara setelah mendengar, ada yang tidak mendengar dan bicara (taulah).

Ngeh kah? Jadi gini, jawabannya jelas yess menjadi pendengar yang baik tanda seseorang sudah berkembang. why? tidak semua orang bisa menjadi pendengar, nah itu artinya kita sudah berdiri dilevel kepribadian yang lebih baik. Sementara, bukan hanya menjadi pendengar lho tanda kita sudah berkembang, seperti yang saya contohkan tadi sperti pada kondisi kelas, pembicara juga bisa jadi acuan perkembangan. why? balik lagi ke awal tadi, tidak semua orang bisa manjadi pembicara.

Baiknya, cobalah menjadi orang yang terbaik: pendengar sekaligus pembicara. Jangan sampai jadi pembicara yang tak mau mendengar; bisa-bisa nanti disangkutpautkan dengan Tong Kosong Nyaring Bunyinya hehe. Dan sebaliknya jangan sampai jadi pendengar yang tak mau berbicara, karna suara kita selalu dibutuhkan. Sekian terima gaji.

P. S cek artikelku juga yeps

1 Like

wah keren pendapatnya aku setuju banget nih kak, semua hal dalam hidup memang perlu keseimbangan. sama seperti hal ini, karena seperti kata kakak tadi kalau kita hanya memilih salah satunya maka kita bisa menjadi tong kosong nyaring bunyinya atau kita tidak akan dianggap ada karena kita hanya diam dan tidak berbicara/berpendapat. jadi yang terbaik adalah memiliki kedua kemampuan tersebut. terimakasih yaa kak sudah berpendapat semoga bisa membantu teman-teman juga untuk menambah perspektif baru :grin: