Biola Stradivarius: Biola tua yang 'canggih'

image

Biola Stradivarius sendiri dibuat oleh seorang seniman bernama Antonio Stradivari pada tahun 1644 di Cremona. Stradivari mempublikasikan biola Stradivarius tersebut pada tahun 1698 dan 1725. Ia telah membuat lebih dari 1101 instrument seperti biola, gitar, viola, dan cello. Namun, ada sekitar 650 buah alat musik buatan Stradivari, dan untuk biola hanya 100 buah yang masih bertahan hingga sekarang yang tercatat di dunia. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai biola ciptaan Stradivarius ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, Antonio Stradivari sendiri hidup dari tahun 1644 hingga 1737. Ia merupakan seorang seniman Itali yang diketahui sebagai yang paling hebat dalam sejarah pembuatan instrumen musik.

Teknik pasti dan material yang digunakan untuk membuat biola dan instrumen lainnya konon diwariskan pada kedelapan keturunan Stradivari, tapi sayangnya hari ini teknik tersebut telah hilang. Para peneliti hanya bisa membuat estimasi sekedarnya tentang pembuatannya. Salah satu teorinya adalah kayu pembentuk biolanya itu terbuat dari pohon yang tumbuh selama zaman es dan ditambahkan keunikan dan kepadatan khusus.

Referensi: https://science.idntimes.com