Biography William Hewlet Pakard

Sumber Gambar : httpsencrypted-tbn1.gstatic.comimagesq=tbnANd9GcSkjFY8KOIT_wBHx7nayZ5uZ7hl55cdsqABnn9bZhWBvEOd3deRvQ

Tempat dan Tanggal Lahir
Ann Arbor, Michigan, 20 Mei 1913

Meninggal
12 Januari 2001

Kebangsaan
Amerika Serikat

Pendidikan
Standford Unversity, Institute Technology Massachusetts

Pekerjaan
Pengusaha

Dikenal karena
Hewlett-Pakard Company

Pasangan
Flora Lamson, Rosemary Bradford

Kekayaan
$303 bilion

Riwayat Hidup

Bill Hewlet memiliki nama lengkap William Redington Hewlett Pakard lahir pada tanggal 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Michigan merupakan salah satu orang yang luar biasa pada abad ke-20, dimana ayahnya yang bernama Albion Walter Hewlet adalah seorang dokter yang sangat dihormati yang bertugas di fakultas sekolah kedokteran universitas. Pada tahun 1936 saat hewlet berusia 3 tahun keluarganya berpindah di California San Fransisco dikarenakan penerimaan ayahnya dari posisi fakultas di Stanford University, pada saat itu ayahnya meninggal secara mendadak saat hewlet telah terdaftar di Lowell SMA San Francisco. Pada saat tahunya di SMA San Francisco tidak terlalu mementingkan kegiatan akademisnya karena dipengaruhi oleh banyaknya disleksia, namun rasa ingin tahu dan intelektual yang dimilikinya tetap membara.

Hewlet menjadi seorang mahasiswa pada tahun 1930 yang belajar serta dibimbing oleh Frederick Terman yang merupakan salah satu profesor yang terkenal di Standford University dan bergelar besar serta bertanggung jawab yang berasal dari Silicon Valley. Pada tahun 1934, Hewlet telah menyelesaikan studi teknik di Standford University dan mendapatkan gelar masternya Bachelor of Arts dalam bidang Teknik elektro yang diperoleh dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Pada tahun 1936 Hewlet kembali ke Standford University untuk melanjutkan studi pascasarjana dalam bidang teknik.

Dalam kehidupan pribadinya ia hidup sederhana dan lebih memberikan sebagian waktunya demi istri dan 5 anaknya di Palo Alto. Hewlet merupakan seorang yang dermawan beliau sering menggunakan kekayaanya untuk membantu orang lain serta membuat hal – hal baik terjadi.

William Redington Hewlet meninggal pada tanggal 12 Januari 2001, saat berusia 87 tahun. Namun nama hewlet akan tetap dikenang oleh banyak orang karena perusahaan yang ia dirikan bersama David Pakard merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang bergerak dibidang IT.

Riwayat Karir

Pada saat kuliah di Standford University Hewlet bertemu dengan teman dekatnya bernama David Pakard. Pada 4 tahun terakhir Perang Dunia II tahun 1941 ketika ia menjabat sebagai perwira di angkatan darat Amerika Serikat, kehidupan profesional Hewlet berkomitmen untuk membangun perusahaan. Pada tahun 1936 Hewlet bersama teman dekatnya David Pakard tersebut mendapatkan sebuah motivasi dan dorongan dari Frederick Terman untuk membentuk suatu perusahaan yang bernama Hewlet-Pakard Company.

Produk pertama komersial Hewlet-Pakard yang dikembangkan di Laboratorium Standford University yaitu osilator audio yang merupakan alat uji untuk menghasilkan frekuensi. The Walt Disney Company membeli alat tersebut dengan harga $71,50 untuk digunakan dalam Film Fantasia pada tahun 1940. Alat ini juga digunakan oleh dokter rumah sakit dan klinik, insinyur serta perusahaan minyak dan pertambangan. Hewlet-Pakard juga produktif dalam menciptakan berbagai alat seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer dan lainya.

Fakta – Fakta

  • Perusahaan tersebut didirikan dengan modal $ 538 (termasuk peralatan). Mereka berdua lalu mengundi dengan cara melemparkan koin untuk menentukan nama siapa yang diletakkan di depan pada nama perusahaan yang akan mereka dirikan, Hewlett Packard.

  • Pada sebuah Garasi di Palo Alto tempat perusahaan HP didirikan. Saat ini garasi tersebut menjadi tonggak sejarah negara bagian.

  • Budaya kasual yang sangat intrinsik pada perusahaan teknologi di Silicon Valley dirintis pada tahun 1940 di HP.

  • 50 tahun yang lalu, Hewlett Packard adalah satu-satunya perusahaan yang menawarkan berbagai fasilitas teknologi di lokasi rekreasi.

  • Pada tahun 1968, HP meluncurkan LED pertama (light emitting diode) ke pasaran.

  • Flextime atau jam kerja yang fleksibel adalah gagasan HP dan digunakan pertama kali pada pabrik mereka di Jerman. Pada tahun 1973 Amerika mengadopsi sistem jam kerja yang fleksibel tersebut.

  • Pada tahun 1958 HP mengakuisisi perusahaan lain untuk pertama kalinya. Perusahaan bernama F.L Moseley yang kemudian membantu mereka dalam pembuatan franchise printer yang dimilikinya saat ini.

  • Pada tahun 1966 HP meluncurkan komputer pertama HP2116A. Komputer tersebut digunakan untuk mengendalikan instrumen-instrumen

  • Pada tahun 1980, personel komputer Hewlett Packard pertama, HP-85, diperkenalkan ke pasaran.

Quotes

  • The greatest success goes to the person who is not afraid to fail in front of even the largest audience.
  • Set out to build a company and make a contribution, not an empire and a fortune.
  • The best possible company management is one that combines a sense of corporate greatness and destiny, with empathy for, and fidelity to, the average employee.
  • The biggest competitive advantage is to do the right thing at the worst time.

Referensi

image
Sumber : http://www.magcloud.com/browse/issue/518043

William Redington Hewlett atau Bill Hewlett (20 Mei 1913-12 Januari 2001) adalah pengusaha yang bersama David Packard mendirikan Hewlett-Packard Company (HP). Ia tidak lagi menjabat presiden direktur sejak tahun 1977, dan pensiun dari jabatan CEO tahun berikutnya. Hewlett masih menjabat ketua dewan eksekutif HP hingga diangkat menjadi wakil ketua dewan pada tahun 1983. Jabatan direktur emeritus terus dijabatnya dari 1987 hingga tutup usia, 12 Januari 2001.

Ia dilahirkan di Ann Arbor, Michigan, 20 Mei 1913 dari ayah seorang dokter. Ketika ia berusia 3 tahun, keluarganya pindah ke California ketika ayahnya, Albion Walter Hewlett, diterima bekerja di Sekolah Kedokteran Universitas Stanford. Ayahnya meninggal ketika Bill berusia 12 tahun. Setelah menamatkan Sekolah Menengah Atas Lowell di San Francisco, ia kuliah di Universitas Stanford pada tahun 1930 hingga tamat dengan gelar Bachelor of Arts (1934). Ia melanjutkan ke Institut Teknologi Massachusetts hingga tamat dengan gelar magister EECS (teknik listrik dan ilmu komputer) pada tahun 1936, dan kembali ke Universitas Stanford pada 1936 hingga mendapat gelar magister teknik listrik pada tahun 1939. Ketika mahasiswa, ia adalah anggota fraternitas Kappa Sigma.

Hewlett bertemu Packard sewaktu masih kuliah tingkat sarjana di Stanford. Pada bulan Agustus 1937, mereka berdua berniat mendirikan usaha bersama. Perusahaan tersebut diberi nama Hewlett-Packard Company dan didirikan pada 1 Januari 1939. Pabrik pertama mereka adalah sebuah garasi kecil di Palo Alto yang didirikan dengan modal awal $538. Pada awalnya, perusahaan Hewlett-Packard dibentuk dengan sebuah inisiatif kecil. Hewlett-Packard dirancang untuk memproduksi berbagai produk elektronik, tanpa fokus utama dalam tahun-tahun pertamanya. Berbagai produk yang dibuatnya di antaranya adalah generator sinyal dan osiloskop, serta osilator yang digunakan oleh Walt Disney Company dalam sistem suara surround yang digunakan dalam film Fantasia.

Mereka juga membuat peralatan pertanian, dan keberhasilan terbesar dari perusahaan ini adalah ketika membuat Model 200A, yaitu sebuah osilator audio yang presisi yang lebih dapat diandalkan dibandingkan pesaing mereka tetapi harganya hampir seperempat harga pesaingnya tersebut. Produk tersebut begitu sukses sehingga terus terjual dengan baik hingga tahun 1970-an, meskipun terdapat berbagai macam perubahan dalam industri pada saat itu.

Perusahaan ini mulai mengembangkan semikonduktor pada tahun 1960, terutama untuk digunakan dalam perangkat mereka sendiri daripada dijual ke perusahaan lain. Ketika mereka tidak puas dengan minicomputer buatan Digital Equipment Corporation, mereka mulai memproduksi sendiri minicomputer pada tahun 1966, yang diberi label HP 2100 dan HP 1000. Walaupun seri komputer tersebut mendapatkan banyak upgrade pada tahun-tahun berikutnya, namun desain dasarnya tetap bertahan hingga tahun 1980-an. Komputer desktop perdana buatan HP juga diluncurkan di tahun 1970 - sepuluh tahun sebelum IBM memperkenalkan PC buatannya sendiri.

Hewlett aktif di HP hingga tahun 1987, dan sempat bertugas sebagai tentara Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II, termasuk sebagai kepala bagian elektronik untuk Divisi Pengembangan, Staf Khusus Departemen Perang. Seusai perang, ia menjadi anggota peninjau industri di Jepang. Setelah berada kembali di Palo Alto, Hewlett diangkat sebagai wakil presiden direktur HP pada tahun 1947, dipilih sebagai wakil presiden direktur eksekutif (1957), presiden direktur (1964), hingga menduduki jabatan CEO (1969).
Pada tahun 1939, Hewlett menikah dengan Flora Lamson. Keduanya mendapat lima orang anak, Eleanor, Walter, James, William, dan Mary. Pada tahun 1966, Hewlett dan Flora mendirikan yayasan bernama William and Flora Hewlett Foundation. Setelah Flora Hewlett meninggal tahun 1977, Hewlett menikahi istri kedua, Rosemary Bradford pada tahun 1978.

Hewlett adalah seorang yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, pada tahun 1985, presiden AS, Ronald Reagan memberinya penghargaan National Medal of Sains untuk jasanya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Penghargaan tersebut adalah penghargaan yang sangat prestisius di Amerika. Hewlett adalah seorang yang sangat peduli terhadap pendidikan, medis dan juga dunia sosial. Dia bekerja di berbagai lembaga, seperti Stanford Medical Center, Rumah Sakit Kaiser Foundation, The Carnegie Institution of Washington dan Drug Abuse Council di Washington.
William R. Hewlett meninggal pada 12 Januari 2001 ketika ia berusia 87 tahun, namun, Hewlett akan selalu menjadi orang yang diingat berkast jasanya bersama David Packard dalam menciptakan salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Hewlett-Packard menciptakan banyak gadget seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer, dan sebagainya. Sekarang, banyak dari produk Hewlett-Package yang digunakan oleh setiap orang di berbagai penjuru dunia. “The greatest success goes to the person who is not afraid to fail in front of even the largest audience.” - William Hewlett

Sumber :

William Redington Hewlett atau yang lebih dikenal dengan Bill Hewlett adalah salah satu dari pria abad kedua puluh yang paling luar biasa. Dia dan temannya David Packard adalah pendiri dari perusahaan elektronik dan komputer Hewlett –Packard Company (HP)

Minat Hewlett tentang sains dan elektronika dimulai saat ia masih kecil, dan pada tahun 1930 ia mulai belajar teknik di Stanford University di California. Di sanalah awal pertama kalinya Hewlett bertemu dengan David Packard yang kelak akan menjadi teman seumur hidupnya di awal tahun 1930an saat mempelajari teknik radio di Stanford University di Palo Alto, California. Hewlett beruntung belajar di bawah bimbingan Frederick Terman, salah satu profesor Stanford yang paling terkenal, yang bertanggung jawab atas perkembangan selanjutnya dari Silicon Valley.

Setelah lulus di tahun 1934, Hewlett belajar, dan mendapatkan gelar master teknik dari MIT, kembali ke Stanford pada tahun 1936 untuk melanjutkan studi pascasarjana di bidang teknik.
Pada tanggal 1 Januari 1939, atas saran Frederick Terman dan dengan dana awal sebesar $ 538, Hewlett dan Packard mendirikan sebuah bisnis elektronik kecil, HP, di sebuah garasi sewaan di Palo Alto, California dan membalik koin untuk memutuskan nama perusahaan. Hewlett memenangkan undian, dan Hewlett-Packard lahir.

Usaha pertama duo HP ini adalah sebuah indikator pelanggaran garis otomatis dalam bowling. Meskipun cerdik, produknya ini benar benar tidak laku di pasaran. Tak gentar oleh kegagalan awal ini, keduanya mulai mengerjakan desain yang telah diuraikan Hewlett dalam tesis masternya. Mereka menciptakan sebuah osilator audio, yang mereka sebut sebagai HP200A. HP200A dirancang untuk menguji peralatan suara - dan juga menyesuaikan harmonisa. Produk keduanya juga tidak banyak menghasilkan penjualan, tapi Walt Disney, yang bekerja di “Fantasia,” membeli delapan perangkat.

Terinspirasi oleh penjualan ke Disney, Hewlett dan Packard memutuskan untuk mencoba menjual produk baru mereka melalui surat pesanan, jadi mereka mengirim surat, kebanyakan ke laboratorium universitas. Beberapa pesanan masuk, jadi mereka mengirim lebih banyak surat. Pada saat bersamaan, mereka mulai mengerjakan produk baru. Mereka menduga jika orang membutuhkan HP200A sebagai sumber suara, mereka juga memerlukan sesuatu untuk mengukurnya, jadi mereka mengeluarkan voltmeter untuk mengukur apa yang terjadi.

Setelah menjadi bagian dari Korps Sinyal Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II , Hewlett kembali ke HP (1947) dan diangkat menjadi wakil presiden, dan pada tahun 1964 dia menjadi presiden, posisi yang dia bertahan sampai tahun 1977. Perusahaan tersebut berkembang pesat dan pada tahun 1968 menghasilkan kalkulator ilmiah desktop pertama, HP 9100A. Kalkulator ilmiah saku, HP-35. HP menjadi lebih dikenal pada tahun 1984 dengan printer laser-jet-nya. Hewlett menjabat sebagai CEO HP di tahun 1969-1978, ketua komite eksekutif di tahun 1977-1983, wakil ketua dewan pengurus di tahun 1983-1987, dan direktur emeritus dari tahun 1987. Hewlett menyediakan banyak inovasi teknis untuk produk HP. Dia dan Packard mempromosikan gaya manajemen inovatif yang menekankan kreativitas, fleksibilitas, keterbukaan, dan kerja tim.

Hewlett menganggap karyawannya sebagai dasar kesuksesan Hewlett-Packard dan bekerja dengan nyaman bersama anggota staf tekniknya yang paling junior seperti yang dia lakukan dengan anggota tim manajemennya yang paling senior. Hewlett tidak pernah melihat karyawannya sebagai bagian yang bisa digantikan, dan tidak dapat dibuang; Tidak, mereka adalah rekan, rekan kerja, dan teman-temannya.

Hewlett dihormati oleh pemerintah, universitas, masyarakat ilmiah, dan asosiasi perdagangan karena karyanya Pada tahun 1985, Presiden Ronald Reagan memberikan Hewlett Presidential Medal of Science, penghargaan tertinggi untuk pencapaian ilmiah.

Hal yang patut dikagumi dari Bill Hawlett adalah ia tidak suka melihat ke belakang. Sebaliknya, dia melihat kedepan dengan mantap, melampaui perspektif orang-orang lain, menemukan bagaimana, dengan mendefinisikan ulang masalah, solusinya menjadi lebih jelas atau bahkan terbukti sendiri, bertanya, selalu bertanya, jika tidak ada cara yang lebih baik atau pertanyaan yang lebih mendasar untuk diajukan.

Selain itu karakter Bill, kejujuran, kemurahan hati, ketenangan, dan tidak menonjolkan diri atas prestasinya yang besar, telah membuatnya sangat di hormati di perusahaannya. Sifat-sifat pribadi ini adalah tanda-tanda seseorang yang hidupnya seharusnya menjadi sumber inspirasi bagi kaum muda.

“Orang-orang kreatif memiliki rasa ingin tahu yang abadi dan keinginan yang tak terpuaskan untuk belajar bagaimana dan mengapa segala sesuatunya bekerja. Mereka tidak memikirkan apa yang akan mereka dapatkan. Mereka tertarik pada hal-hal di sekitar mereka dan cenderung menyimpan banyak informasi dalam pikiran mereka untuk masa depan. Dan, mereka memiliki kemampuan yang hebat untuk memobilisasi pemikiran dan pengalaman mereka untuk digunakan dalam memecahkan masalah baru.” (William Redington Hewlett)

Sumber :
britannica.com : William Hewlett
enterpreneur.com : William Hewlett & David Packard
hewlett.org

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada penulis diatas karena telah memberikan tambahan informasi tentang biografi Willliam Hewlett. Di sini saya hanya akan meringkas dan menambahkan sedikit informasi yang mungkin belum terdapat pada informasi di atas yang berasal dari berbagai sumber yang sudah saya baca.

image

Siapa yang tak mengenal sosok yang satu ini? Beliau adalah orang yang berpengaruh dalam kemajuan di bidang teknologi. Bersama dengan rekannya, dia mendirikan sebuah perusahaan Hewlett-Packard atau biasa dikenal sebagai HP. Banyak sekali produk HP yang telah mendunia dan berperan penting dalam perkembangan global hingga saat ini.

William Redington Hewlett lahir 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Michigan,tepatnya pada tempat ayahnya bertugas di fakultas sekolah kedokteran universitas di daerah tersebut. Kemudian ketika Hewlett berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke California karena ayahnya menerima sebuah posisi di fakultas yang ditawarkan oleh Stanford University. Hal ini menyebabkan Hewlett muda mengenal budaya, ilmiah, dan sastra dunia dari Kawasan San Francisco Bay.

Meski sang ayah meninggal saat Hewlett berusia dua belas tahun, anggota keluarganya tidak ada yang saling meniggalkan satu sama lain. Lalu beberapa tahun kemudian, Hewlett terdaftar di Sekolah Tinggi Lowell di San Francisco, dan kehidupannya terus berlanjut. Di tahun-tahun SMA-nya memang tidak tercatat memuaskan secara akademik akan tetapi keingintahuan intelektualnya, "mengutak-atik"nya yang tak ada henti-hentinya saat memahami bagaimana segala sesuatunya berjalan. Hal tersebut telah memenangkan hati dari kepala sekolahnya, yang kemudian mendorong Stanford untuk memberikan kesempatan pada Hewlett sehingga Hewlett diterima sebagai mahasiswa baru di Stanford University pada tahun 1930.

Hewlett merasa sangat beruntung telah belajar di bawah bimbingan Frederick Terman, salah satu profesor Stanford yang paling terkenal, dan bertanggung jawab atas perkembangan selanjutnya dari Silicon Valley. Setelah menyelesaikan studi teknik di Stanford pada tahun 1934. Pada masa inilah dia dan David Packard memulai persahabatan yang akan berlangsung selama enam puluh tahun.

Hewlett melanjutkan pendidikannya di Massachusetts Institute of Technology, mendapatkan gelar master sains di bidang teknik. Fase terakhir dari pendidikannya adalah gelar teknik yang maju dari Stanford, yang diselesaikannya pada tahun 1939. Itu juga merupakan tahun dimana ia dan Packard memutuskan untuk membentuk perusahaan elektronik di Palo Alto, California. Dengan investasi awal $ 538, garasi untuk toko, dan banyak gagasan, Hewlett-Packard Company (HP) lahir. Nama perusahaan yang merupakan urutan nama mereka ditentukan dalam lemparan koin.Pada pembagiannya Hewlett mengambil alih pengembangan produk, sementara Packard memangku tugas pemasarannya.

Produk awal hp termasuk tuner untuk harmonika, tiranan diri, mesin kejutan untuk menginduksi penurunan berat badan, dan indikator garis busuk untuk gang bowling. Produk pertama yang sukses, osilator audio, didasarkan pada penelitian pascasarjana Hewlett di Stanford. Osilator menyediakan cara yang lebih murah dan mudah untuk menghasilkan frekuensi audio, yang membuatnya berguna untuk instrumen geologi dan medis dan peralatan militer. Walt Disney Studios, pelanggan pertama HP, menggunakan osilator untuk mengembangkan sound track yang unik untuk film animasi Fantasia, yang dibintangi Mickey Mouse. Bisnis itu menguntungkan dan berkembang. Perangkat ini membuat Hewlett-Packard terkenal dengan pesat, sebab produknya selama 60 tahun berikutnya mendapatkan kekaguman dari dunia, serta mengubah sifat dan karakter teknologi, termasuk miniaturisasi di bidang manufaktur, pengujian, pengukuran, penyalinan, pemindaian, penghitungan,dan yang paling canggih.

Komputer HP pertama, Model 2116, adalah pengontrol otomatis untuk sistem pengukuran. Diperkenalkan pada tahun 1966, desainnya didesain ulang dari model berdiri bebas sampai ukuran desktop, dipasarkan dan dijual sebagai kalkulator. Hewlett kemudian menantang para insinyurnya untuk lebih mengecilkan ukurannya agar perangkat bisa masuk ke dalam saku baju. Kalkulator ilmiah HP yang dihasilkan dengan cepat menggantikan aturan slide sebagai perangkat komputasi untuk para ilmuwan dan insinyur. Saat ini perusahaan ini terkenal dengan printer laser dan scannernya.

Hewlett dan Packard mengatur perusahaan dengan keahlian manajemen, teknologi, dan ilmiah yang patut ditiru. Mereka juga mengelola perusahaan dengan prinsip yang baru serta gaya yang tampil untuk menghidupkan kembali budaya perusahaan Amerika, misalnya seperti pembagian keuntungan, kepemilikan saham karyawan, jam kerja yang fleksibel, dan asuransi kesehatan. Hal ini yang kemudian dikenal sebagai “cara HP” menandai perusahaan sebagai tempat khusus dan membuatnya hampir sama terkenalnya dengan budaya bisnis unik ini karena produknya kemudian menjadi teknologi inovatif yang selalu mereka tampilkan di pasar.

Hewlett menganggap karyawannya sebagai dasar kesuksesan dari Hewlett-Packard. Hewlett tidak pernah melihat karyawannya sebagai suatu bagian yang bisa dipertukarkan, dan tidak dapat dibuang. Mereka adalah rekan kerja sekaligus teman-temannya.

Imajinasi dan keingintahuannya yang subur tentang bagaimana segala sesuatu bekerja yang telah dilakukannya sejak kecil, memberinya gelar “visioner sejati” saat dia memikirkan cara baru atas masalah dan solusi lama yang sulit dilakukan. Hal ini dia lakukan dengan cara yang sangat tenang dan sederhana, dan untuk semua alasan inilah dia diingat dan dihormati oleh puluhan ribu orang di Perusahaan Hewlett-Packard selama enam puluh dua tahun.

Hewlett dihormati karena karyanya di dalam maupun di luar negeri oleh pemerintah, universitas, masyarakat, asosiasi perdagangan, dan semua yang kagum serta penghormatannya diungkapkan hampir terus menerus dalam beberapa dekade terakhir. Sehingga pada tahun 1985, Presiden Ronald Reagan memberikan Hewlett Presidential Medal of Science, penghargaan tertinggi untuk pencapaian ilmiah.

Dari tulisan diatas dapat kita ambil pelajaran, yaitu:

  • Kita harus menghargai teman-teman dan rekan kerja kita,karena dengan mereka lah kita dapat menemukan sesuatu yang baru

  • Kita harus memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap bagaimana sesuatu bekerja agar kita dapat dengan mudah memodifikasinya agar dapat bekerja dengan lebih baik

  • Kita harus berimajinasi dalam berinovasi dan menciptakan apa yang kita imajinasikan. Karena dengan berimajinasi sesuatu hal yang mungkin tidak terpikirkan bisa saja muncul dan akan terwujud nantinya

  • Dalam memecahkan masalah, kita harus melihatnya dari sudut pandang yang berbeda dari biasanya

Lalu salah satu quotes yang saya paling suka dari beliau adalah

“The biggest competitive advantage is to do the right thing at the worst time.”-William Hewlett

Sumber:


http://www.encyclopedia.com/computing/news-wires-white-papers-and-books/hewlett-william