Binny Bansal, sang pendiri Flipkart

© http://techstory.in

Biografi, Binny Bansal


Pekerjaan
CEO Flipkart dan Co-Founder

Afiliasi lainnya

Tempat dan Tanggal Lahir
Chandigarh, 1981

Kewarganegaraan
India

Pendidikan
St.Anne’s Convent School,Chandigarh
Bachelor of Science in Engineering, Indian Institute of Technology

Total Kekayaan
$1.2 Billion (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 1476 Billionaires (2016)
  • 65 india’s Richest (2016)
  • 6/10 Notable New Billionares (2016)

Riwayat Hidup


Binny Bansal lahir tahun 1981 di Chandigarh (Ibukota Punjab dan Haryana, India).Binny adalah anak tunggal dan tidak mempunyai saudara kandung. Binny berasal dari keluarga kelas menengah di India. Sang ayah merupakan pensiunan kepala manager bank di India. Sementara sang ibu berprofesi sebagai pegawai negeri sipil pada sebuah instansi pemerintah.Dia bersekolah di St. Anne Convent School, Chandigarh dan kemudian memperoleh gelar insinyur di bidang teknik ilmu komputer dari IIT (Indian Institute of Technology, Delhi). Setelah lulus dari IIT-Delhi tahun 2005 Binny mulai bekerja dengan Sarnoff Corporation, perusahaan teknologi rekayasa video foto dan semikonduktor. Ia mengembangkan perangkat sensor untuk mobil pintar untuk mendeteksi dan peringatan tentang jalur perubahan. Dia melamar kerja di Google sebanyak dua kali tetapi ditolak. Dia kemudian mulai bekerja untuk Amazon pada tahun 2007. Ia berhenti setelah bekerja selama 9 bulan di Amazon.com pada tahun yang sama Ia bertemu sesama alumni IIT-Delhi serta sekolahnya, Sachin Bansal. Sekarang Ia tinggal di Bangalore(India) bersama Istrinya dan anak-anaknya.

Riwayat Karir


Terlahir dari keluarga berkecukupan, Binny Bansal memendam hasrat menjadi pebisnis. Pria berstatus sarjana ilmu komputer ini mengawali karier di perusahaan teknologi rekayasa video foto dan semikonduktor. Tak berselang lama, Binny yang kini berusia 33 tahun itu pindah ke Amazon. Hanya sembilan bulan bersama Amazon karena naluri bisnis yang lebih dominan, menuntun Binny membuka bisnis ecommerce sendiri di negara asalnya.
Binny memutuskan keluar dan membuat perusahaan e-commerce bersama sahabatnya. Bersama sahabatnya, Sachin Bansal. Sachin dan Binny tidak bersaudara. Keduanya merupakan mitra bisnis, yang bertemu saat belajar di Indian Institute of Technology Delhi dan kemudian menjadi kolega di Amazon sebelum meluncurkan usaha e-commerce mereka pada tahun 2007. Binny mendirikan Flipkart sebuah e-commerce untuk jual beli buku. Seperti ditulis Financial Times awal April lalu, Binny dan Sachin tercatat mengoperasikan Flipkart dari sebuah apartemen di daerah Bangalore pada tahun 2007. Biaya investasi awal diperoleh dari tabungan keduanya senilai total US$ 10.000. Merasa punya prospek yang cerah, Binny bersama rekannya pun mencoba menggandeng investor. Kedua sahabat itu menjanjikan potensi bisnis Flipkart bakal berkembang menjadi US 100 juta. Gayung bersambut, pemodal pun berdatangan. Tercatat sejak berdiri pada tahun 2007 hingga 2015, Flipkart sudah menggaet beberapa injeksi dana segar dari investor dalam dan luar negeri. Bila ditotal, tercatat dana segar US$ 3 miliar yang terbagi dalam 12 tahap dari 16 investor. Suntikan dari investor terakhir kali tercatat tahun lalu sebesar US$ 700 juta. Usahanya berbuah manis, pemodal pun berdatangan. Tercatat sejak berdiri pada tahun 2007 hingga 2015, Flipkart sudah menggaet beberapa injeksi dana segar dari investor dalam dan luar negeri. Bila ditotal, tercatat dana segar US$ 3 miliar yang terbagi dalam 12 tahap dari 16 investor. Suntikan dari investor terakhir kali tercatat tahun lalu sebesar US$ 700 juta.
Atas dukungan modal yang kuat, terbukti menaikan valuasi bisnis Flipkart. Perusahaan ini, kini mampu merangkul 75 juta pengguna. Selain itu, valuasi bisnis Flipkart dalam kurun waktu 10 tahun melonjak menjadi US$ 13 miliar.Flipkart kini menjadi salah satu situs belanja online terbesar di India dengan penguasaan pangsa pasar mencapai 60%. Tidak hanya bergerak dalam jual beli buku, saat ini Flipkart menjual beberapa produk industri semisal smartphone, fesyen, dan elektronik.
Penguasaan pasar Flipkart di India juga tidak terlepas dari aksi akuisisi beberapa perusahaan startup yang dilakukan sejak 2010. Tercatat pada periode tahun 2010–2015, Flipkart telah melakukan aksi akuisisi sebanyak enam kali. Akuisisi terbesar adalah saat Flipkart menggaet Myntra yang merupakan perusahaan online fesyen senilai US$ 319 juta.
Salah satu kunci keberhasilannya, Flipkart menawarkan harga barang bersaing dengan pasar. Selain itu, diskon dan promo juga setiap hari dilakukan untuk menarik pelanggan. Tidak cukup sampai di sini, Binny juga berinvestasi untuk menurunkan biaya logistik. Manajemen serta pemilik Flipkart juga harus memastikan target kinerja keuangan perusahaan sesuai dengan apa yang diinginkan investor. Meski demikian, Binny pun masih berjuang untuk menyehatkan dua anak usaha yang terakhir masih membukukan kerugian. Pada tahun 2015, Flipkart mencatatkan pendapatan sebesar US$ 0,81 miliar.
Maka dari itu tidak heran apabila, Bisnis ecommerce telah melahirkan banyak miliarder muda. Salah satunya Binny Bansal, pria berusia 33 tahun pria kelahiran Bangalore, sebuah kawasan di utara India. Mengutip catatan Forbes, Binny kini mengoleksi kekayaan senilai US$ 1,3 miliar.

Fakta-fakta


  • Binny merupakan anak tunggal
  • Binny merupakan sarjana lulusan dari IIT(Indian Institute of Technology, Delhi)
  • Binny dan Sachin Bansal bukan merupakan saudara, mereka hanya berbagi nama belakang.
  • Binny adalah orang terkaya di India nomer 86 menurut situs Forbes.com
  • Binny merupakan seorang miliarder muda
  • Binny hanya sembilan bulan bekerja di Amazon

Quotes

We started Flipkart.com because ourselves felt the need for a good online book store. Binny Bansal
We wanted to create something which has a long lasting value and which we can be proud of. Binny Bansal
From our perspective, valuation is when we raise money. Binny Bansal
We will be where the costumers are. Binny Bansal
It is a continuous journey, and as the business journey scales, the proportion of our fixed costs comes down, so that also helps.
Binny Bansal
Given our plans of (improving) costumers experience and growth, I don’t see a challenge in maintaining our market leadership. Binny Bansal
We keep talking to investors. We like to raise money on our own terms. Binny Bansal
Sachin and I, at the end of the year, do our regular annual evaluation session. Binny Bansal
We (He and Sachin) talk to each other about a host of Issues ranging from what worked for us and what didn’t. Binny Bansal
After a lot of Deliberation, both of us decided to take this decision of becoming the CEO, considering the need of the company at the moment, and told the board about the decision. Binny Bansal
Obviously, the change got a lot of challenges along with it as wel, but we have a vision in mind to makequality shopping affordable and accessible for millions of Indians online and I am super changed for this. Binny Bansal

[details=REFERENSI]
http://quotes.motivateme.in/category/person/binny-bansal-quotes/



http://www.huffingtonpost.in/2016/11/20/the-data-is-unambiguous-loyalty-is-being-built-flipkart-ceo-bi/

https://successstory.com/people/binny-bansal





http://internasional.kontan.co.id/news[/details]

Sachin (29) dan rekannya Binny Bansal (28) telah membangun Amazon di India yaitu FLIPKART.COM. Mereka berasal dari Chandigarh, yang merupakan ibu kota Punjab. Pada tahun 2007, dia mendirikan platform e-commerce Flipkart bersama Sachin Bansal. Mereka tidak terkait hubungan saudara. Dan menjabat sebagai Chief Operating Officer sampai 11 Januari 2016 dan dipromosikan menjadi Chief Executive Officer.

Binny Bansal adalah seorang insinyur perangkat lunak India dan pengusaha internet. Binny Bansal berasal dari Chandigarh, ibu kota Punjab dan Haryana. Mitra bisnisnya, Sachin Bansal, juga dari Chandigarh.
Sachin dan Binny Bansal adalah mahasiswa teknik sains komputer di Indian Institute of Technology, Delhi. Binny saat ini tinggal di Bangalore. Ayahnya adalah seorang pensiunan kepala manajer di sebuah bank dan ibu berada di sektor pemerintah.

Setelah lulus dari IIT-Delhi, Binny mulai bekerja dengan Sarnoff Corporation dan mengembangkan perangkat sensor untuk mobil pintar untuk mendeteksi dan mengingatkan tentang perubahan jalur. Dia mendaftar dua kali di Google tapi dua kali ditolak. Kemudian mulai bekerja untuk Amazon pada tahun 2007. Lalu berhenti sebentar setelah hanya beberapa bulan di tahun yang sama dan memulai Flipkart dengan rekan pendiri dan alumni IIT-Delhi lainnya serta teman sekolahnya, Sachin Bansal.

Flipkart dimulai pada tahun 2007 oleh Sachin Bansal dan Binny Bansal, saat ini perusahaan memiliki 4.500 karyawan di seluruh negeri. Dengan hampir 11,5 juta judul, Flipkart adalah peritel buku online terbesar di India. Perusahaan ini memiliki basis pengguna terdaftar dua juta pelanggan dan mengirimkan sebanyak 30.000 item dalam sehari, tercatat penjualan harian Rs 2,5 crore.

Pada bulan September 2015, Binny Bansal bersama dengan Sachin Bansal, dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 86 di India dengan kekayaan bersih sebesar $ 1,3 miliar oleh Forbes India Rich List.
It’s the largest round raisedby us and we don’t just get capital but acces to a very interesting partnership - Binny Bansal

Sumber :


https://successstory.com/people/binny-bansal


Binny Bansal adalah seorang wirausahawan serta seorang software engineer yang berasal dari India. Dia menciptakan ‘Flipkart’, sebuah situs komersial online bersama temannya Sachin Bansal di tahun 2007. Binny merupakan seorang co-fiunder Flipkart dengan posisi COO, sebelum akhirnya naik jabatan menjadi CEO dari perusahaan itu pada Januari 2016.

Kehidupan
Binny Bansal berasal dari Chandigarh, ibu kota Punjab dan Haryana pada tahun 1981, dari sebuah keluarga yang berkecukupan. Rekan kerjanya, Sachin, juga merupakan dari Chandigarh. Meskipun nama mereka sama, mereka bukan merupakan saudara. Keduanya merupakan mahasiswa jurusan teknik komputer di Indian Institute of Technology, Delhi. Ayahnya merupakan mantan kepala bank, sementara ibunya bekerja di bidang pemerintahan. Binny merupakan seorang anak tunggal. Saat ini, Binny tinggal di Bangalore, yang merupakan sentral IT di India, bersama istri dan anaknya.

Sebelum, bekerja di Flipkart, Binny ditolak dua kali oleh Google sebelum mendapat pekerjaan di Amazon. Mereka berencana membuat sebuah search engine, tetapi setelah menyadari market untuk transaksi jual-beli online sangat minim di India, memutuskan untuk membuat Flipkart bersama rekannya Sachin Bansal.

Biaya awal mereka untuk memulai Flipkart diperoleh dari tabungan mereka yang sebesar 10000 USD. Mereka juga berusaha untuk mencari investor, dengan janji bahwa nantinya Flipkart akan bernilai 100 juta USD nantinya. Dari tahun 2007, Flipkart sudah menerima banyak injeksi dana dari investor luar negeri. Walau awalnya hanya berkutik dalam dunia buku, Flipkart berkembang ke industri lainnya seperti fashion, elektronik, smart phone dan alat rumah tangga. Selain itu, Flipkart telah berhasil membeli perusahaan lain.

Peraihan

  • Orang #86 Terkaya di India, dengan net worth 1.3miliar USD (2015)
  • Orang terkaya nomor 1476 (65 di India) pada list Forbes (2016)
  • Orang nomor #26 terkuat di India menurut majalah India Today (2017)

Sumber