Bgaimana Cara Membuat Kondisioner Rambut Dari Bahan Alami

Memiliki rambut yang indah adalah dambaan setiap orang, khususnya para wanita yang biasanya sangat menjaga penampilan dari rambut sampai kaki. Menjaga kesehatan rambut tidak hanya cukup dengan keramas saja, tapi juga harus merawatnya dengan ekstra, seperti melakukan perawatan creambath, hair spa, atau hair mask.

1. Okra

Okra adalah tanaman obat sejenis sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin Atau, C dan K. Selain itu, okra juga mengandung tembaga, seng, kalium, folat, dan tiamin yang baik untuk kesehatan rambut sehingga rambut tampak berkilau alami. Bila kondisioner berbahan dasar okra digunakan secara teratur, maka akan membuat rambut terbebas dari ketombe serta dapat menjaga kelembaban kulit kepala.

Cara membuat kondisioner rambut dari bahan alami: okra cukup mudah. Pertama, potong-potong 8 buah okra, kemudian cuci bersih. Langkah kedua, masukkan potongan okra kedalam panci yang sudah diisi dengan air bersih, kemudian didihkan sampai air menjadi kental dan lengket.

Ketiga, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan wangi sesuai selera, sedikit perasan lemon dan madu, lalu dinginkan. Setelah dingin, saring lalu oleskan pada seluruh rambut yang sudah dicuci bersih menggunakan shampo, lalu pijat selama 5 sampai 10 menit setelah itu bilas sampai bersih.

2. Minyak Jojoba dan Lidah Buaya

Untuk kondisi rambut rusak karena pewarnaan, maupun karena sering dicatok, kamu bisa menggunakan kondisioner dari minyak jojoba dan lidah buaya. Dengan melakukannya secara teratur, maka rambut kamu akan lebih sehat dan tidak kusam. Aplikasikan kondiosioner rambut dari bahan alami ini setelah mencuci rambut menggunakan shampo.

Campurkan tiga ons minyak jojoba dan delapan ons lidah buaya yang sudah dilumatkan. Campurkan kedua bahan sampai rata, kemudian oleskan pada seluruh rambut kamu. Pijat-pijat rambut dan kulit kepala selama 5 sampai 10 menit, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas sampai bersih, boleh menggunakan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin.

Sumber : https://bacaterus.com/kondisioner-rambut-dari-bahan-alami/

image

Menggunakan Cuka Apel

  1. Pahami bahwa cuka apel sangat bagus untuk menyeimbangkan pH rambut Anda. Cairan klasik ini adalah bahan dasar banyak obat rumahan, dan merupakan cara alami untuk membuat rambut bersih dan berkilau. Cuka apel akan dicampurkan dengan air, jadi tidak perlu cemas rambut Anda akan berbau asam. Membilas rambut sebentar juga akan menghilangkan bau yang tersisa.

  2. Campurkan 1 cangkir air dan 1 cangkir cuka, aduk rata. Cukup campurkan larutan dan aduk hingga merata. Kondisioner dasar Anda sudah siap. Kocok botol sebelum digunakan dan pastikan kedua bahan tercampur merata. Campuran sederhana ini adalah dasar yang bagus dan akan membantu Anda membuat kondisioner khusus.

  3. Tambahkan minyak asiri seperti lavendel atau bergamot jika rambut Anda berminyak. Minyak ini akan membersihkan rambut dan mengembalikan minyak yang penting ke folikel rambut. Dengan begitu, rambut Anda tidak perlu harus terlalu banyak menghasilkan minyak setelah keramas, yang pada akhirnya akan menyebabkan rambut berminyak. Tuangkan 6-7 tetes minyak asiri.

  4. Tambahkan bahan antiketombe jika rambut Anda berketombe. Kondisioner cuka apel bisa dengan cepat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe. Cukup tuangkan 6-7 tetes minyak asiri dan ekstrak lemon atau papermint untuk melawan ketombe.

  5. Rendam batang rosemary atau lavendel ke dalam campuran cuka apel selama 1-2 minggu untuk membuatnya beraroma. Cukup masukkan batang tanaman setelah mencampurkan bahan-bahan kondisioner dan biarkan selama beberapa minggu di dalamnya. Saring batang tanaman setelah selesai, dan Anda akan memperoleh kondisioner yang akan membuat rambut beraroma segar selama 1-2 jam setelah menggunakannya.

sumber: