Berapakah umur ideal untuk melombakan lovebird?

image

Berapakah umur ideal untuk melombakan lovebird?

Melalui perawatan yang telaten sejak dini, burung lovebird umur 3,5 – 4 bulan pun sudah mulai rajin berbunyi, bahkan nembak-nembak panjang. Saat itulah banyak lovebird mania yang sudah tidak sabar untuk menjajal burungnya di arena lomba, atau setidaknya latber. Cara seperti ini sebenarnya tidak dianjurkan. Meski burung mulai gacor, mentalnya masih labil, sehingga harus mencari waktu yang tepat untuk menurunkannya di arena lomba / latber.

Kestabilan mental lovebird umumnya terjadi pada umur 6,5 bulan. Saat itulah burung sudah bisa rutin dilombakan. Beberapa pengorbit lovebird jawara pun sering menggunakan patokan umur 6,5 bulan sebagai umur ideal untuk melombakan lovebird.

Lovebird umur 3,5 – 4 bulan memang sudah berani “tarung” di lomba atau latber. Tapi kasihan kalau dipaksakan sebelum waktunya, sebab mentalnya bisa rusak, dan memerlukan waktu lama untuk mengembalikan ke kondisi semula.

Jika memang sangat penasaran, bolehlah dicoba sekali saja, tetapi setelah itu jangan diteruskan lagi. Celakanya, ketika sekali mencoba dapat juara, entah juara 1, 2, atau 3, biasanya pemilik ingin mencoba lagi minggu berikutnya. Inilah yang sering terjadi, mental burung pun akhirnya drop karena memang belum waktunya dilombakan.

Source:
https://omkicau.com/2013/02/25/umur-ideal-untuk-melombakan-lovebird/