Berapa umur yang tepat untuk anak memasang kawat gigi?

behel-anak

Mungkin Bunda mengira kawat gigi tidak lebih dari tren pada remaja. Tetapi, sebenarnya alat ini dapat bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan gigi anak. Untuk itulah, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat anak memerlukan kawat gigi. tapi kapan saat yang tepat untuk membuat anak mau memakai kawat gigi?

Sebenarnya tidak ada patokan pasti kapan waktu yang tepat bagi seorang anak untuk memakai kawat gigi. Kadang ada yang baru mengenakannya di usia remaja, ada yang 10 tahun, ada juga yang sudah memakai kawat gigi di usia 6 tahun.

Namun umumnya ortodontis menyarankan anak-anak untuk diperiksakan di usia 7 tahun. Pada usia ini, masalah gigi seperti rahang yang penuh sesak dan gigitan yang tidak tepat mulai dapat dikenali. Dokter kemudian akan menentukan perlu tidaknya penggunaan kawat gigi dan kapan dikenakan. Umumnya perawatan dapat dimulai di usia 8-14 tahun saat semua gigi susu telah tanggal dan sebagian besar gigi permanen sudah tumbuh.

Gigi anak yang dalam masa pertumbuhan justru memudahkan koreksi dengan kawat gigi. Perawatan akan memerlukan waktu lebih lama dan sulit setelah dewasa dan setelah gigi berhenti tumbuh. Perawatan di usia dini ini juga dapat mencegah timbulnya lebih banyak masalah di kemudian hari.