Berapa omset industri pakaian di Indonesia tahun 2015?

industri pakaian

Industri pakaian merupakan sebuah bisnis yang besar di Indonesia. Dalam hal ini kira-kira berapa omset industri pakaian di Indonesia tahun 2015 ?

Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) industri pakaian telah mencapai omset sebesar 2.4 trilliun rupiah. Hal ini masih positif atas dasar masih banyaknya kebutuhan pakaian saat ini. Namun saat ini pertumbuhan produksi produkis pakaian indonesia merosot sebesar 10.86%

“Pakaian jadi barang ekspor kita, tapi karena diluar sedang resesi global maka berdampak juga pada sub sektor pakaian jadi kita”

Menurut saya salah satu faktornya adalah banyaknya industri pakaian dari luar yang masuk ke Indonesia dengan harga lebih murah dan kualitas tidak jauh berbeda. Hal ini karena memang eranya globalisasi, budaya kita terpengaruh dengan budaya luar. Kita melihat busana luar banyak digunakan oleh artis favorit kita, dan lebih menarik desainnya dibandingkan dengan Indonesia, oleh karenanya banyak toko yang menjual barang impor dengan harga murah.

Contohnya di Surabaya, banyak toko yang menjual pakaian impor tetapi memiliki harga yang jauh lebih murah. Ketika anda bandingkan, kualitasnya sama dengan pakaian Indonesia. Untuk Indonesia dengan rata-rata pendapatan yang tidak terlalu banyak, murah adalah prioritas utama untuk membeli pakaian, lalu nyaman.

Sumber

BKPM: Pertumbuhan Industri Tekstil Masih Positif - Bisnis Liputan6.com
Industri Pakaian Jadi Merosot di 2015