Berapa Biaya untuk Terbang ke Planet Mars?

pesawat antariksa

Kalau saat ini sudah ada pesawat antariksa yang dapat membuat manusia norma,bukan seorang astronot, untuk dapat terbang ke Mars, kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan ?

Selain mengumumkan rencana meluncurkan pesawat nirawaknya ke Mars pada 2018, produsen pesawat antariksa SpaceX turut merilis daftar harga muatan menuju Planet Merah.

Di situs resmi SpaceX di laman “capabilities”, SpaceX selama ini mempublikasikan biaya penerbangan menggunakan roket Falcon sesuai bobot muatan yang hendak dibawa ke luar angkasa.

Nah, daftar biaya itu kini telah diperbarui dengan kategori “Payload to Mars”.

Dijabarkan oleh SpaceX, muatan maksimal berbobot 4.020 kilogram menuju Mars akan diangkut oleh Falcon 9 dan memakan biaya sekitar US$62 juta atau setara Rp816 miliar.

Sementara untuk pasokan dengan berat maksimal 13.600 kilogram akan dibebankan biaya sebesar US$90 juta atau sekitar Rp1,1 triliun menggunakan roket Falcon Heavy.

Pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk melalui akun Twitternya mengatakan bahwa perusahaan tidak mengubah mesin roket Falcon, tetapi menerapkan uji coba untuk menguatkan kemampuannya.

Mengutip The Verge, Musk juga menambahkan, kapsasitas maksimum dari bobot pasokan menuju Mars akan menggunakan roket versi expendable alias hanya sekali pakai.

Berbeda dengan reusable, roket expendable tidak akan melakukan pendaratan setelah diluncurkan. Musk meyakini, roket reusable lebih lemah 30 sampai 40 persen dibanding versi expendable, khususnya soal keterbatasan bahan bakar.

Sementara situs The Register mewartakan, uji coba roket Falcon akan dilangsungkan pada November 2016 dan Maret 2017.

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160502135052-199-128084/berapa-biaya-untuk-terbang-ke-planet-mars