Berapa banyak “Tones” yang dibutuhkan sebuah lukisan?

Tone menyangkut tingkat keburaman atau kesamaran sebuah warna. Dalam sebuah lukisan sebaiknya ada berapa banyak tones yang dibutuhkan?

Berbicara mengenai berapa banyak tones yang harus digunakan pada sebuah lukisan mirip seperti kita berbicara mengenai berapa banyak “brush” yang akan kita gunakan dan berapa lama lukisan tersebut bisa di selesaikan. Dan jawaban yang lain sesuai ialah : Sebanyak hal itu dibutuhkan bahkan mungkin lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Ini memang jawaban yang sangat tidak membantu ketika Anda ingin memulai untuk melukis. Jadi, inilah jawaban yang lebih nyata :

Saya pikir, sebuah lukisan setidaknya memiliki 5 buah “Tones” dimana 3 tones dasar seperti Gelap, Sedang, dan Sedang. Lalu Anda bisa menambahkan 2 tones lainnya diantara 3 tones dasar itu sendiri, misalnya salah satunya diantara tones Gelap dan Sedang, dan yang satunya diantara tones Terang dan Sedang. Maka hal tersebut akan memberikan Anda 5 tones pada lukisan Anda yaitu Gelap, Terang, Sedang, Tidak terlalu gelap, dan Tidak terlalu terang.