Benoît Potier : CEO Air Liquide

be
Air Liquide mengungkapkan strategi pertumbuhan NEOS dalam empat tahun, dengan tanggung jawab dan kinerja sebagai inti

Raksasa gas industri Air Liquide telah meluncurkan Program NEOS 2016-2020, di mana perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki “kepercayaan” dalam prospek pertumbuhan masa depan, dengan tanggung jawab dan kinerja di jantung rencana empat tahunnya.

Perusahaan Tier One mengidentifikasi transisi energi dan lingkungan, perubahan dalam perawatan kesehatan dan digitalisasi sebagai tiga tren utama untuk sumber pertumbuhan di seluruh organisasi di tahun-tahun mendatang. Ini mengungkapkan bahwa ini bertujuan untuk pertumbuhan antara 6-8% dalam pendapatan tahunan dari sekarang sampai 2020. Ini akan mendidih untuk menghasilkan keuntungan efisiensi berulang rata-rata lebih dari € 300 juta ( 333.8m) per tahun, di samping sinergi terkait dengan Airgas dengan jumlah di atas 300 juta.

Peningkatan di A.S

$ 13,4 miliar Perusahaan digunakan untuk pengambilalihan Airgas dan meningkatkan penjualan gas & pelayanan Air Liquide di AS sebesar 30%. Dengan demikian, perusahaan tersebut telah memperkuat kepemimpinan globalnya dengan menyeimbangkan kembali posisi Eropa dan AS. Akibatnya, tampak seolah-olah strategi baru ini ditargetkan untuk menghilangkan sengatan pertumbuhan yang datar di pasar Eropa.

Air Liquide juga mengumumkan bahwa mereka menargetkan laba atas modal kerja (ROCE) lebih dari 10% setelah lima sampai enam tahun, berdasarkan inisiatif NEOS. Mengenai tanggung jawab, Air Liquide menyatakan akan memperkuat kinerjanya untuk memperbaiki kualitas udara bagi lingkungan dan kesehatan yang lebih baik dengan berdiskusi dengan para pemangku kepentingannya untuk berkontribusi pada metode yang lebih lanjut.

Benoît Potier, Chairman dan CEO Air Liquide, menekankan, "Perusahaan ini telah memperoleh dimensi baru setelah mengakuisisi Airgas dan dengan demikian memasuki tahap baru pengembangannya. Strategi kami untuk pertumbuhan yang menguntungkan dalam jangka panjang adalah transformasi customer-centric. "

"Ini akan dilakukan berdasarkan pada keunggulan operasional dan kualitas investasi kami, pada inovasi terbuka dan jaringan organisasi yang telah dilaksanakan oleh kelompok di seluruh dunia. Ambisi kami adalah memimpin industri kami, memberikan kinerja jangka panjang dan berkontribusi terhadap keberlanjutan. "

“Dengan fundamental yang kuat dan model pengembangan dan manajemen yang disiplin, kelompok ini memiliki posisi yang baik untuk tampil di berbagai lingkungan ekonomi dan memanfaatkan tren yang mendasarinya, yaitu transisi energi dan lingkungan, perubahan dalam dunia kesehatan dan digitalisasi.”

Tim kepemimpinan eksekutif dari kantor pusatnya di Paris, bersama dengan hub di Houston, Frankfurt, Shanghai dan Dubai akan bekerja sama untuk meluncurkan skema NEOS empat tahun Air Liquide.

Berikut cuplikan pidato dari Benoît Potier saat mengumumkan hasil Q4 tahun 2016

“Untuk Air Liquide, 2016 pasti merupakan tahun yang sukses dan tahun transformasional. Berhasil, karena kami menyelesaikan akuisisi Airgas dari nol menjadi 100. Dan transformasional karena ukurannya bertambah, sekitar 30% lebih besar, setelah 100% Airgas dikonsolidasikan. Tahun ini juga diperkenalkannya rencana NEOS empat tahun kami, 2016-2020, yang diluncurkan pada paruh pertama dan dipresentasikan pada Hari Pasar Modal kami pada bulan Juli.”

“Langkah utama yang dicapai tahun ini adalah pasti mendapatkan Airgas hingga menutup pembiayaan dan keberhasilan integrasi bisnis IM di A.S. menjadi Airgas. Rencana strategis NEOS ini pastinya juga merupakan transformasi. Mengapa? Intinya, karena itu adalah customer-centris dan di sini saya ingin mengatakan bahwa teknologi digital membawa kita untuk benar-benar mendefinisikan ulang proses dan sistem kita dari pelanggan. Saya harus mengakui bahwa Airgas adalah tolok ukur yang baik dalam hal ini di pedagang industri.”

“Ini juga tentang pertumbuhan. Kami memiliki rencana pertumbuhan, yang kurang padat modal, yang memanfaatkan tren besar yang telah kami identifikasi saat persiapan untuk bekerja. Kami akan kembali ke fundamental di semua bisnis kami, namun dengan komponen yang lebih banyak didigitalisasi, dan kami akan beroperasi dengan organisasi baru, semacam jaringan organisasi, yang didirikan pada awal tahun lalu.”

Jadi, Benoît Potier merupakan CEO yang sangat visioner dalam membangun sebuah perusahaan, terbukti dari strategi pertumbuhan yang dikembangkannya untuk 4 tahun ke depan. Selain itu, dia berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan pelanggan untuk membangun perusahaan gas yang ramah lingkungan.

Sumber :


https://seekingalpha.com/article/4046481-air-liquides-aiquf-ceo-benoit-potier-q4-2016-results-earnings-call-transcript

Benoit Potier, CEO Air Liquide

Benoit Potier adalah pengusaha yang berasal dari Perancis. Potier adalah lulusan Ecole Centrale Paris yaitu sekolah teknik terkemuka, dia telah menjadi CEO perusahaan gas indsutri multinasional Prancis Air Liquide sejak 2006.

CEO L’Air Liquide (AIQUF) Benoit Potier pada Q2 2017 Hasil - Transkrip Panggilan Penghasilan

Yang bisa saya katakan adalah dari sudut pandang kita, proses berjalan dengan baik, sinergi berjalan dengan baik. Jadwal integrasi benar-benar sangat dihormati saat kita melihat berbagai langkah yang ada dalam pikiran kita pada dasar tiga langkah; satu tahun lalu dan dua tahun ini. Dua satu tertinggal dan satu lagi tersisa.

Kami akan kembali lagi nanti. Dan sejajar dengan integrasi Airgas, tentu saja, kita sekarang melaksanakan rencana strategis jangka menengah kita, NEOS. Dan saya hanya akan mengucapkan sepatah kata dalam satu menit.

Kami mengintegrasikan bisnis IM Air Liquid ke Airgas tahun lalu. Kami memiliki bisnis logistic massal IM yang diintegrasikan ke dalam ERP pada bulan April tahun ini. Langkah utama dan terakhir adalah untuk tahun ini ketika bisnis massal Airgas akan terintegrasi sepenuhnya ke dalam ERP menggunakan teknologi Air Liquide yang disebut altow untuk mengukur dan mngatur pengiriman produk massal. Dalam hal sinergi, Fabienne akan kembali pada 138 juta akumulasi sinergi sejak awal dan kami berada di jalur yang benar. Dan satu hal yang menarik, kami memiliki tim Airgas yang bergabung dalam pertemuan manajemen yang kami miliki untuk pertama kalinya tahun ini, dan ini adalah diskusi yang sangat menarik antara presiden divisi dan tim manajemen Air Liquide. Dalam kaitannya dengan NEOS, rencana strategis paruh waktu kami, masing-masing entitas memiliki rencana strateginya sendiri yang didefinisikan dengan baik. Prioritasnya jelas tumbuh berdasarkan pendekatan customer centric.

Sumber : https://seekingalpha.com/article/4092122-lair-liquides-aiquf-ceo-benoit-potier-q2-2017-results-earnings-call-transcript

Benoit Potier (lahir 3 September 1957) adalah seorang pengusaha Prancis. Potier adalah lulusan Ecole Centrale Paris, sebuah sekolah teknik terkemuka, telah menjadi CEO perusahaan gas industri multinasional Prancis Air Liquide sejak 2006.

Pendidikan
Benoit Potier adalah lulusan Ecole Centrale des Arts et Manufactures Paris (tahun 1979). Benoit Potier juga menghadiri program pelatihan eksekutif Wharton International Forum dan program INSEAD Advanced Management.

Karir Profesional
Benoit Potier bergabung dengan Air Liquide pada tahun 1981 sebagai Research and Development Engineer. Dari tahun 1985 sampai 1993 ia menjabat sebagai Project Manager dan Business Developer di Engineering and Construction Department of Company. Benoit Potier menjadi Direktur Perencanaan Strategis dan organisasi pada tahun 1993, dan Wakil Direktur Operasi pada tahun 1994. Dia diangkat sebagai Executive Vice President pada tahun 1995.

Benoit Potier juga merupakan ketua Yayasan Air Liquide, dan telah dianugerahi dengan pembedaan Prancis: Knight of the French Legion of honor “Chevalier de la Legion d’Honneur” dan dengan perbedaan “Officier de l’Ordre du Merite” di 2006.

Di luar Air Liquide Group, saat ini juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas dan anggota Komite Audit Michelin dan Dewan Danone, Direktur Ecole Centrale des Arts et Manufactures de Paris, anggota dewan ANSA (Association Nationale des Societes par Actions), anggota dewan dari AFEP (Association Francaise des Entreprises Privees), anggota dewan Cercle de l’Industrie, Anggota Dewan InSEAD Perancis, anggota dewan “La Fabrique de l’Industrie” dan sebagai Wakil dari Roundtable Industrialis Eropa “ERT”.

Sumber: https://alchetron.com/Benoit-Potier-337535-W

Benoît Potier, CEO Air Liquide: "Ada Tanda Positif Pemulihan Yang Nyata"

image
Dia percaya bahwa kelompok gas industri yang sepertinya dapat menahan perlambatan ekonomi yang kuat.

FIGARO - Kelompok industri mencatat penurunan penjualan yang tajam, Air Liquide bertahan. Mengapa?
Benoît POTIER. - Kami tentu saja melawan krisis lebih baik daripada beberapa industrialis lain. Tidak termasuk evolusi harga gas alam, omset kami turun hanya 3,3%. Ini adalah kinerja yang sangat bagus, dalam konteks melambatnya permintaan. Dengan tradisi dan strategi, aktivitas kita tersebar di berbagai sektor dan wilayah geografis. Kami menangani industri kimia, baja dan minyak bumi terbesar, dan yang terkecil. Apalagi produk kami terkait dengan aktivitas pelanggan kami, apapun jenis produksinya. Ini merupakan bidang resistensi yang sangat kuat. Dengan segera kami tambahkan bahwa kontrak yang dibuat dengan pelanggan kami dari industri besar menyediakan bagian tetap yang independen dari volume. Secara total, 80% bisnis kita cukup terpelihara dengan baik.

Apakah Anda terkejut dengan skala krisis?
Ini adalah yang terbentang lebih dari besarnya yang mengejutkan kami. Pada bulan Desember, aktivitas pelanggan utama kami berhenti tiba-tiba, kemudian dilanjutkan pada bulan Januari, sebelum menurun secara lebih luas dari pertengahan Februari. Hal ini membuat kami meninjau perkiraan kami pada akhir April.

Apakah Anda melihat tanda-tanda pemulihan?
Ada tanda positif yang nyata. Dalam elektronik, aktivitas produsen semikonduktor turun 70% di awal tahun. Sekarang, tetesnya hanya 30%. Dalam bahan kimia, sektor pertama yang terkena dampak krisis pada bulan November, kegiatan telah dimulai kembali di Amerika Serikat sejak awal musim semi. Secara geografis, saya melihat bahwa China sudah kembali, Jepang mulai membalikkan trennya, Prancis dan Eropa Selatan telah mencapai titik terendah, namun hal ini belum terjadi di Jerman. Beberapa pelanggan mulai mengisi kembali saham mereka. Pemulihan yang lamban terjadi di industri ini. Hal itu bisa diikuti oleh penurunan aktivitas lebih lanjut, atau kenaikan yang lebih jernih. Masih terlalu dini untuk mengatakannya. Tapi, menurut saya, tidak akan ada pemulihan yang spektakuler di tahun 2009.

Bagaimana Anda bisa mempertahankan margin Anda?
Pada bulan Desember, kami telah memperkirakan bahwa tahun 2009 akan menjadi tahun yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kami tahu bahwa kami tidak dapat mengandalkan perkembangan pelanggan. Untuk melawan krisis, kita hanya bisa mengerjakan tiga parameter yaitu: biaya, arus kas dan investasi. Dengan demikian kita telah meningkatkan rencana penghematan biaya, mengendalikan investasi kita dengan penurunan sekitar 25%, sekaligus mempertahankannya pada 1,6 miliar euro. Untuk menjaga kepercayaan para pemegang saham, kami mempertahankan dividen. Karena kami telah membagikan satu saham gratis untuk setiap sepuluh narapidana tahun lalu, mereka yang memegangnya menerima dividen sampai 10%.

Bagaimana rencana tabungan Anda?
Rencana tiga tahun kami pada awalnya memberikan penghematan 200 juta untuk tahun 2009. Dengan adanya krisis tersebut, kami meningkatkan jumlahnya menjadi 300 juta dan mencapai setengah dari target pada pertengahan tahun. Pada Desember, kami membekukan upah dan mengurangi biaya perjalanan. Sejak saat itu, kami telah mengurangi biaya logistik dan pembelian peralatan. Keseluruhan tenaga kerja kita akan turun beberapa persen. Kami mendapatkan keuntungan dari 5.000 arus masuk dan arus keluar tahunan alami untuk mengalokasikan keterampilan dengan lebih baik sesuai sektor pertumbuhan, seperti perawatan kesehatan, naik 6%, dan area geografis yang kuat seperti China, di mana penjualan kami tumbuh sebesar 25% .

Apa prioritas pembangunan anda?
Energi dan lingkungan. Kami sedang mengerjakan solusi sehingga perusahaan mengkonsumsi lebih banyak atau sedikit energi, seperti pembakaran oxy, yang memfasilitasi pemulihan CO2. Kesehatan juga merupakan pasar yang apung, dengan harapan hidup meningkat dan perbanyakan masalah pernafasan, alergi dan sleep apnea. Teknologi tinggi akan terus berkembang, terutama di panel elektronik dan fotovoltaik. Kami juga memiliki pendekatan geografis. Ekonomi yang sedang berkembang seperti China, Timur Tengah, Amerika Selatan, Eropa Timur dan India adalah pembalap pertumbuhan sejati.

Apakah Anda mempertimbangkan akuisisi besar?
Industri kita sudah sangat terkonsentrasi, dan akuisisi besar akan menghadapi masalah persaingan. Di sisi lain, kita akan terus membeli perusahaan kecil dan menengah. Krisis akan menciptakan peluang tambahan, di sisi perusahaan keluarga misalnya. Apalagi, mengingat konteks ekonomi, beberapa mantan konsumen kami yang memproduksi gas mereka bisa memilih untuk melakukan outsourcing produksi ini. Kami kemudian dapat membeli kembali unit produksi yang telah kami jual kepada mereka dan menandatangani kontrak pasokan jangka panjang dengan mereka. Jika pemulihan tertunda, kita akan mencari peluang seperti itu untuk mengejar pertumbuhan.

Sumber: http://www.lefigaro.fr/societes/2009/08/01/04015-20090801ARTFIG00146-benoit-potier-pdg-d-air-liquide-il-existe-des-signes-positifs-tangibles-de-reprise-.php