Benarkah selera musik dapat mencerminkan kepribadian seseorang?

Selera musik seseorang sejak lama dikaitkan dengan kepribadian. Namun, siapa sangka hal itu ternyata benar. Ini dibuktikan dengan dua penelitian dalam jurnal Psychological Science. Studi yang dilakukan para peneliti dari Cambridge dan beberapa universitas di AS ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan studi terdahulu. Untuk penelitian kali ini, para peneliti merekrut 21 ribu peserta dalam dua survei daring terpisah. Survei tersebut dilakukan untuk melihat lima tipe kepribadian utama bisa cocok dengan berbagai genre musik. Hasilnya:

  1. Tipe orang yang penurut cenderung menyukai seluruh jenis musik.
  2. Musik yang mengentak umumnya dipilih orang-orang yang condong pada kepribadian neurotisisme (emosional tinggi).
  3. Orang yang energik dan suka berbicara lebih nyaman mendengar musik akustik.
  4. Musik yang lambat dan lembut dihindari pribadi berjiwa terbuka. Individu seperti ini lebih menggemari musik kekinian yang inspiratif, kompleks, dan dinamis.
  5. Orang yang penuh imajinasi dan berwawasan luas lebih hanyut dalam aliran musik yang dilantunkan dalam opera.
  6. orang ekstrover yang gemar bicara dan energik lebih tertarik pada musik sederhana yang santai dan bergenre akustik.

Nah, Youdics selera musik kalian yang bagaimana nih? dan cocok tidak dengan kepribadianmu? Yuk sharing…

Halo, wah topik yang menarik sekali ya!
Saya akan sharing pengalaman saya saja mengenai musik dan hubungannya dengan kepribadian seseorang. Adakah kaitan antara keduanya? Bisa jadi iya, namun tidak sepenuhnya 100%. Mengapa? Berdasarkan pengamatan di lingkungan saya pribadi, kecenderungan seseorang menyukai musik tertentu sangat dipengaruhi banyak hal. Bisa jadi suasana hati, tren musik, suka karena sering mendengar, atau memang menyukai genre musik tersebut. Keadaan emosional dan psikis seseorang menurut saya sangat menentukan pilihan musik apa yang akan didengarkan saat itu. Saya tidak tahu betul apakah selera musik seseorang bisa berubah, namun jika ternyata bisa dibuktikan, maka selera seseorang dalam hal apapun, salah satunya musik, akan cenderung dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Pendapat saya ini tidak menutup kemungkinan bahwa memang selera musik dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Apalagi sudah dibuktikan dengan penelitian.

Selera musik seseorang sejak lama dikaitkan dengan kepribadian. Namun, siapa sangka hal itu ternyata benar. Ini dibuktikan dengan dua penelitian dalam jurnal Psychological Science. Studi yang dilakukan para peneliti dari Cambridge dan beberapa universitas di AS ini lebih lengkap jika dibandingkan dengan studi terdahulu.

Saya sebenarnya tidak paham sama sekali mengenai musik, tetapi saya pernah membaca dari suatu platfrom kalau selera musik itu menggambarkan kepribadian atau identitas diri seseorang. Walau ada individu yang toleransi dengan berbagai jenis musik, tetapi pasti ada satu jenis musik yang menjadi zona nyamannya. Saya sendiri merupakan penikmat musik-musik reflektif, bermakna dalam, dan emosional seperti jazz dan pop. Menurut saya, jenis musik ini mampu menjadi tempat saya dalam mencurahkan perasaan dan pemikiran saya terhadap pengalaman yang telah terjadi pada saya dalam hari itu. Musik yang memiliki tekanan pada melodi gitar dan piano membuat saya merasa lebih mudah untuk jujur kepada diri sendiri. Progression chord serta pemilihan tempo dalam musik itu sendiri juga menjadi pertimbangan saya dalam memilih lagu. favorit. Kalau ada kesalahan mohon dikoreksi.