Benarkah Sebuah Negara Harus Berutang Agar Bisa Membangun Ekonomi?

Utang adalah kata kerja berkonotasi negatif namun disebut menjadi solusi bagi kebanyakan masyarakat. Indonesia kembali mendapatkan sorotan oleh BPK (Badan Pengawas Keuangan) akibat lonjakan utang pemerintah yang terus bertambah dan beban bunga yang terus naik.

Berdasarkan catatan Bank Dunia, Indonesia menempati urutan ketujuh sebagai negara dengan utang terbanyak yakni 402,08 miliar dolar Amerika Serikat. Jika kurs rupiah saat ini berkisar Rp14.780, maka total keseluruhan utang Indonesia adalah Rp5,94 triliun. Total akumulasi tersebut merupakan catatan dari hasil akumulasi utang Indonesia yang terus bertambah semenjak tahun 2009 lalu.

Namun dilain sisi, disebutkan oleh Kemenkeu sebuah negara perlu berutang agar dapat memprioritaskan belanja yang ekspansif di sektor infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Utang negara juga diperlukan agar menghindari momentum opportunity loss.

Menurut Youidic sekalian, bagaimana tanggapan kamu mengenai hal tersebut? Jika melihat dari perspektif ekonomi dan pembangunan, haruskah negara berutang lagi di kemudian hari mengingat jumlah dari utang negara saat ini?

Summary

Mengapa Negara Harus Berutang? Halaman all - Kompas.com

https://www.kemenkeu.go.id/menjawabutang