Benarkah pernah Wu Zetian membunuh rivalnya?

image

Kaisar Wu Zetian konon mendapatkan citra sebagai seorang pahlawan wanita, walaupun diketahui pada masanya ia telah menghilangkan banyak sekali nyawa. Semasa Dinasti Tang di China, Wu memulai karir politik sebagai gundik di kawasan istana. Wanita ini sangatlah cerdas memanfaatkan posisinya untuk menjadi dekat dengan Kaisar Taizong dan putranya yaitu Pangeran Gaozong. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai pemimpin ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, setelah kematian kaisar, Wu menikahi sang pangeran agar menjadi Istri Kaisar China. Bahkan sebelum kematian Gaozong pada 683 Masehi, Wu telah menjadi penguasa sesungguhnya di negeri tersebut.

Ketika sedang naik ke puncak kekuasaan, Wu memperlihatkan keinginannya membunuh semua yang mungkin menjadi musuhnya. Termasuk memerintahkan pembunuhan Lady Wang dan Lady Xiao. Bukan hanya itu, ia juga membunuh anak perempuannya sendiri dan menyalahkan Lady Wang sebagai tersangkanya.

Karena kejahatan-kejahatan dan kekuasaannya di belakang layar, para ilmuwan Konfusius menyebut Wu sebagai seorang wanita yang sangat angkuh. Serem ya… sampai-sampai putrinya sendiri dianggap musuh dan dibunuh…

Referensi: https://www.liputan6.com