Benarkah orang yang pendiam sulit bergaul?

20210803_110048_0000

Jika menyebutkan orang yang pendiam, seringkali muncul berbagai perspektif yang notabenenya negatif. Seseorang yang pendiam kerap dianggap terlalu cuek, tidak peduli dengan sekitarnya, dan lebih sibuk dengan dunianya sendiri. Jika terlalu hening juga sering dianggap boring, kaku dan gak asik. Orang yang pendiam juga cenderung sulit ditebak, sehingga dianggap dapat lebih berbahaya. Semua perspektif ini membuat si pendiam menjadi sosok yang kurang pergaulan.

Apakah kalian setuju kalau pendiam itu buruk terutama bagi pergaulan? Ataukah kalian justru tertarik berinteraksi dengan orang yang pendiam? Lantas jika kita adalah pribadi yang pendiam, haruskah kita mengubahnya?

3 Likes

Menurut saya, sikap pendiam dapat menjadi dampak buruk bagi seseorang. Bergaul pada dasarnya merupakan sesuatu yang sangat familiar karena kita semua merupakan mahkluk sosial, di mana kita perlu berinteraksi antarsesama. Ada beberapa orang yang mengakui nyaman dengan lingkup pergaulan yang sempit, ada juga yang nyaman dengan lingkup pergaulan yang luas. Yang terpenting lingkup pergaulan yang kita pilih dapat memberi dampak baik bagi kita. Sikap pendiam dapat menjadi dampak buruk jika dengan sikap tersebut kita tidak mampu berkembang (tidak memiliki lingkup pergaulan yang walaupun sempit, tetapi tetap mendukung). Oleh karena itu, jika kita menyadari bahwa sikap pendiam yang kita miliki lebih memberikan keterbatasan, lebih baik kita mencoba memberanikan diri keluar dari zona nyaman.

1 Like

Berdasarkan pengalaman aku rata-rata temen aku itu pendiam hanya ketika di lingkungan baru, namun ketika mereka berjumpa dengan orang-orang yang mereka rasa mereka satu frekuensi maka sifat pendiam mereka berubah menjadi lebih asik untuk berdiskusi dll. Apakah berdampak buruk atau tidaknya dalam pergaulan saya juga tidak terlalu yakin namun orang yang pendiam itu rata-rata adalah orang yang sangat mementingkan hubungan interpersonalnya ia tidak mau lawan bicaranya tersakiti oleh cara bicaranya atau bahasanya maka ia lebih memilih untuk diam. Lantas apakah kita harus mengubah jika kita orang yang pendiam, menurut saya tidak karena tidak ada yang salah terkait hal itu, asal kita pandai meletakkan tempat kapan kita harus menjadi orang yang lebih interaktif, menurut saya orang yang pendiam juga bukanlah perliaku yang menyalahi norma, dll. sehingga tidak perlu dirubah hanya saja kita harus bisa kapan dan dimana kita harus lebih interaktif saat berkomunikasi dengan orang lain.

terimaksih kak

2 Likes

Sebagian besar orang beranggapan bahwa sifat pendiam akan lebih sulit dalam bergaul dengan orang lain, karena mereka cenderung pemalu sehingga lebih awas terhadap orang asing di sekitarnya. Begitupun dengan saya yang beranggapan seperti itu. Menurut Saliba et al., (2015) dalam Nursyahrurahmah (2017), hal inilah yang membuat mereka memiliki keterbatasan dalam bergaul, sehingga mengalami kesulitan dalam mengembangkan hubungan sosial dan lebih memilih untuk berkomunikasi secara pribadi dengan teman serta menikmati setiap kegiatan yang dapat dilakukan sendirian atau dengan teman dekat.

Namun, menurutku seseorang yang pendiam bukan berarti melulu buruk dalam hal pergaulan, karena biasanya mereka akan jauh lebih hati-hati dalam memilih teman. Pernyataan tersebut juga didukung oleh pendapat Alavinia (2012) dalam Nursyahrurahmah (2017), yang mengatakan bahwa kepribadian introvert tidak selalu bersikap pasif, pemurung atau tidak bergaul, namun juga bisa menjadi individu yang aktif, periang dan suka bersosialisasi. Orang yang pendiam memang cenderung bersifat tertutup, namun tidak menutup kemungkinan bahwa aku tertarik untuk berinteraksi dengan mereka. Sebab, mengapa tidak jika memang mereka membawa hal positif bagi kita?. Disamping itu, bukankah baik jika kita membantu mereka untuk bergaul dengan orang lain di sekitar kita?.

Sifat pendiam yang dimiliki oleh seseorang merupakan kepribadian yang memang telah ada sejak mereka lahir atau mungkin muncul karena faktor-faktor tertentu. Dan menurutku tidak ada salahnya jika seseorang memiliki kepribadian tersebut. Namun, alangkah lebih baik jika hal itu dikondisikan terutama jika kita baru saja memasuki lingkungan baru dimana mengharuskan kita untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sebab jika tidak, maka hal tersebut akan menyulitkan diri kita sendiri seperti merasa kesepian, tidak memiliki banyak orang yang dapat membantu, dan lain-lain.

Sumber

Nursyahrurahmah. 2017. Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dan Kelekatan Teman Sebaya Dengan Kesepian Remaja. 4(2)

3 Likes

Saya pribadi tergolong orang yang dikatakan pendiam oleh orang-orang sekitar. Biasanya istilah pendiam sering kali dikaitkan dengan introvert dan ekstrovert. Memang stereotype orang yang pendiam tampak tidak mudah bergaul dan sukar untuk berbaur. Namun untuk saya pribadi mungkin itu kurang tepat ya, karena sebenarnya tipikal pendiam mereka hanya memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda. Sehingga, tipe individu seperti ini akan memilih kelompok pertemanan yang memang biasanya lebih kecil. Sehingga kita lebih melihat mereka lebih suka berada di lingkaran yang menurut mereka lebih familiar dan nyaman menurut mereka. Tetapi pada nyatanya mereka bisa bergaul dengan baik namun tingkat pertemanan mereka memang tidak akan sebanyak orang-orang yang lebih vokal.

1 Like

Saya pribadi tergolong orang yang dikatakan pendiam oleh orang-orang sekitar. Biasanya istilah pendiam dikaitkan dengan introvert dan ekstrovert. Memang stereotype orang yang pendiam tampak tidak mudah bergaul dan sukar untuk berbaur. Namun untuk saya pribadi mungkin itu kurang tepat ya, karena sebenarnya tipikal pendiam mereka hanya memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda. Sehingga, tipe individu seperti ini akan memilih kelompok pertemanan yang memang biasanya lebih kecil. Sehingga kita lebih melihat mereka lebih suka berada di lingkaran yang menurut mereka lebih familiar dan nyaman menurut mereka. Tetapi pada nyatanya mereka bisa bergaul dengan baik namun tingkat pertemanan mereka memang tidak akan sebanyak orang-orang yang lebih vokal.

1 Like

Setiap individu di muka bumi ini dianugrahi oleh Tuhan jasmani/fisik dan perasaan/psikis. Tiap individu mempunyai perbedaan karakter sifat dan perilaku yang mempengaruhi masing-masing individu baik dalam mengambil keputsan atau dalam hal berinteraksi sosial. Sosok yang pendiam sering kali kita kenal dengan orang yang memiliki kepribadian introvert. Orang dengan kepribadian ini cenderung menutup diri dengan lingkungan dan terkadang lebih asyik dengan dunia nya sendiri serta suka memendam masalah. Saya rasa memang benar adanya individu yang pendiam akan menemui kesulitan dalam hal interaksi secara sosial atau bergaul. Hal ini selaras dengan karakteristik seorang pendiam yang mana orang dengan sifat ini akan menolak dan menghindar dari hingar bingar dunia dan memilih membangun “dunia”nya sendiri. Tapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Memang susah mengubah sifat dan perilaku seorang manusia dalam sekejap. Namun, ketika menemukan “pasangan” yang cocok, seorang yang introvert akan bisa merubah dirinya menjadi lebih terbuka dan pada akhirnya mudah dalam bergaul. Ya memang, tidak akan mampu menyaingi seorang ekstrovert yang memang ditakdirkan sebagai orang yang mudah bergaul dan membaur kedalam suasana.

1 Like

Rendahnya kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan sosial dapat di lihat ketika jam istrahat, subjek kasus lebih senang menyendiri di dalam kelas maupun diluar kelas. Penyebab kesulitan bersosialisasi dengan teman sebaya yaitu : kurang berkomunikasi dengan teman, suka menyendiri, dan juga kurangnya minat dalan bergaul dengan orang lain

1 Like

Kalau dari pandangan saya orang pendiam ndk semuanya begitu, mungkin karena memang mereka jarang berinteraksi sehingga ketika dihadapkan dengan sosialisasi mereka kebingungan harus melakukan atau mengatakan apa dan pada akhirnya perlakuan mereka membuat image mereka kurang baik, padahal sebenarnya mereka juga menyesal melakukan hal tersebut karena apa yg di pikiran tidak sesuai dng ketika dia melakukannya, ya karena itu mungkin, karena jarang bersosialisasi atau jarang melatih, mungkin.

Terus buruk untuk pergaulan, juga tidak. Karena biasanya orang yg pendiam cenderung memiliki sudut pandang yg berbeda, karena mereka senang mengamati, dan lebih dalam. Kalau dari saya, saya juga orangnya agak pendiam :laughing: dan perlukah mengubahnya? menurut ku tidak tapi klo dari saya cukup menyesuaikan saja dengan lingkungan atau kondisi tertentu, karena tidak ada rasa yg paling capek selain, ketika berpura-pura tidak menjadi diri sendiri.

2 Likes

Menurut saya, orang pendiam kebanyakan menjadi pengamat yang baik, dia suka diam namun memperhatikan. Selain pengamat yang baik mereka juga pendengar yang baik, mereka bisa mendengarkan keluh kesah kita dengan cermat. Tapi disisi lain mereka sulit untuk mengutarakan pendapat maupun perasaan yang mereka miliki. Oleh karena itu, cukup banyak dari mereka yang sering dimanfaatkan. Jika ada orang disekitar kita yang mempunyai sifat pendiam ataupun diri kita sendiri, cobalah belajar untuk mengutarakan apa yang dirasakan saat itu, sehingga hal tersebut tidak dipendam sendiri dan menimbulkan rasa sakit.

1 Like

Pendiam itu tidak selalu buruk kok bagi pergaulan. Bayangkan saja, ketika dalam pertemanan ini semua orang tidak bisa diam? semua orang extrovert? semua bakalan ngomong terus, tidak ada yang sanggup untuk mendengarkan ocehan mereka. Jadi ya menurutku menjadi pendiam juga tidak buruk. Jadi pertemanannya bisa saling melengkapi.

Mungkin untuk beinteraksi dengan orang yang pendiam aku tertarik" saja. Tetapi, aku tidak sepenuhnya bisa bersama orang pendiam, karena akupun tipikal orang yang pendiam. Jadi, aku biasanya mencari pergaulan yang banyak ngomong supaya suasana lebih hidup. Dan pastinya ketika mereka sedang dalam kesedihan atau butuh tempat bercerita, pasti mencari orang yng pendiam bukan? ssttt orang pendiam tuh pantai menjaga rahasia.

Sejauh ini aku tidak mengubah diri aku. Aku pernah mencoba menjadi orang yang extrovert tapi aku tidak bisa. Mungkin nyamannya diawal, tapi lama-lama aku jadi tidak enjoy saja. Dari situlah aku berfikir bahwa emang dalam pergaulan harus ada tipikal yang berbeda" agar semua saling melengkapi. Mungkin dalam beberapa pergaulan terkesan pendiam, tapi sebenernya jika orang pendiam ini menemukan dan berada di situasi yang sesuai, aku jamin sihh dia bakal lebih heboh dari orang yang extrovert disitu hahaha.

1 Like

Saya berpandangan bahwa seseorang yang pendiam sebenarnya tidak buruk bagi pergaulan. Kita tidak bisa berkata bahwa mereka tidak peduli, tidak pandai bersosialisasi, dan lain sebagainya. Sebab, tiap orang yang memilki kepribadian yang pendiam itu berbeda-beda, ada yang dia benar-benar tertutup tetapi masih bisa bersosialisasi dengan mudah dan ada juga yang sebaliknya. Ketika berinteraksi kepada orang pendiam tentu kita juga harus memposisikan diri begitu pula sebaliknya yakni jika orang tersebut bukan pendiam.Jika ditanya mengenai diri sendiri yang memiliki kepribadian yang pendiam, menurut saya tidak perlu mengubahnya tetapi cukup beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi. Sebab memilih untuk menjadi pribadi yang pendiam juga tidak salah, tetapi ketika kita dihadapkan dengan situasi maupun kondisi yang tidak biasa ataupun berbeda dengan biasanya. Kita harus dapat beradaptasi dan membaur.

1 Like

Menurut saya tidak semua orang pendiam itu sulit bergaul. Mungkin mereka agak kesulitan dalam mengajak ngobrol terlebih dahulu, karena memang mereka tipe orang yang tidak banyak bicara. Namun bukan berarti mereka sulit bergaul. mereka akan berbicara omongan yang penting-penting aja dan biasanya orang pendiem juga kao sedang bersama orang yang dekat dengannya pasti tidak akan diem aja, minimal dia akan ngomong sedikit-sedikit. Jadi itninya, tidak semua prang pendiam sulit bergaul, mungkin ada yang seperti itu tapi tidak semuanya.

1 Like

setiap orang memiliki rasa nyaman tersendiri dalam berinteraksi di kehidupan sosial. saya rasa memaksa mereka yang pendiam untuk berubah malah akan menjadi boomerang kepada diri mereka sendiri. dan juga tidak ada salah atau benar dalam hal preferensi seseorang dalam berinteraksi seseorang selagi tidak mengganggu orang lain.

1 Like

Menurut saya orang pendiam sulit untuk bergaul. Kesusahannya yaitu biasanya orang pendiam susah untuk berbicara. Untuk bergaul kita harus bisa berbicara dengan semua orang. Karena orang pendiam jarang berinteraksi mereka justru susah dalam bergaul. Skill berbicara mereka sangat susah dianalkan untuk memulai pembicaraan. Orang pendiam biasanya suga dengan tempat yang tenang. Mereka biasanya tidak suga diganggu. Itulah mengapa orang pendiam susah untuk bergaul.

1 Like

Kebanyakan orang-orang akan beranggapan bahwa orang yang pendiam itu adalah orang yang sulit bergaul. Akan tetapi orang yang pendiam bukan berarti sesuatu yang negative. Pendiam merupakan kepribadian yang mungkin dibawa sejak lahir. Pendiam juga bukan selalu akibat dari sesuatu yang buruk yang pernah dialami oleh seseorang tersebut, dibalik sifat pendiam seseorang aku yakin banyak sekali tersimpan hal-hal baik di dalamnya. Keinginan untuk bergaul kerap ada pada orang-orang pendiam, akan tetapi kebanyakan dari mereka cenderung bingung bagaimana untuk memulai menjalin pertemanan atau bahkan sekedar membangun komunikasi. Namun, jika mereka sudah berhasil dekat dengan orang lain, menurutku akan ada banyak hal-hal baik yang mereka lakukan untuk temannya. Orang yang pendiam sering memiliki sifat yang suka mendengarkan dan mampu menjaga rahasia yang dia ketahui. Hal seperti ini dapat dianggap menjadi sesuatu yang baik. Sulit bergaulnya orang yang pendiam kemungkinan ada pada kendala dalam mengeluarkan isi hati mereka atau mereka berfikir bahwa tidak penting untuk banyak biacara sehingga mereka mengurung keinginan untuk membangun komunikasi tersebut dengan orang baru. Kebanyakan orang lain yang bukan pendiam menghindari orang yang pendiam dikarenakan rasa bosan saat berbicara dengannya padahal bisa aja banyak kebaikan yang dapat ditemukan pada orang-orang yang pendiam. Seharusnya orang lain juga membantu atau berusaha dalam memulai percakapan untuk membangun relasi dengan orang-orang yang dianggap pendiam tadi.

1 Like

jujur sih, punya temen yang pendiem itu salah satu tantangan tersendiri bagiku karena aku orangnya gak sungkan untuk memulai duluan pembicaraan, so, dibilang baik atau tidak pendiem bagi dirinya mungking fifty fitty ya karena balik lagi kepribadian org beda beda ada yg bisa di ubah ada yg tidak. Jadi skrg fokus untuk saling menghargai ya.

1 Like

Sifat pendiam merupakan salah satu karakter individu yang cenderung untuk memilih sendiri dan tidak begitu aktif dalam kehidupan sosial. Orang pendiam lebih tertarik terhadap perasaan dan pemikirannya sendiri daripada menghabiskan waktu bertukar pikiran dengan orang lain. Sifat pendiam merupakan karakteristik dari seseorang yang berkepribadian introver.

Dalam kehidupan sosialnya seorang pendiam memiliki beberapa stigma buruk seperti tidak mudah bergaul, sulit diajak diskusi, membosankan hingga susah dimengerti. Meski begitu kita tidak bisa mengesampingkan orang-orang berkepribadian introver mampu meraih apa yang dicita-citakan. Terdapat banyak orang hebat di dunia ini dengan kepribadian tersebut mampu membuat dunia seperti apa yang dirancang dalam pikirannya.

Perilaku diammu sangat tidak tepat jika kamu lakukan ketika berada dalam forum. Karena orang pendiam sebenarnya memiliki banyak pikiran yang ada di pikirannya namun jarang untuk berani mengungkapkannya.

Jika terus bersembunyi di balik ketakutanmu, kamu akan sulit berkembang dalam lingkungan sosialmu. Kamu harus tahu penyebab ketakutan dan sikap diammu. Dengan itu kamu bisa mulai bicara sedikit demi sedikit. Jangan salah, karena bicaranya orang diam yang singkat tersebut biasanya sangat elegan dan dihormati orang lain.

1 Like

Manusia dibekali oleh tuhan jasmani/fisik dan perasaan/psikis. Tiap individu mempunyai perbedaan karakter sifat dan perilaku yang mempengaruhi masing-masing individu baik dalam mengambil keputsan atau berinteraksi sosial. Adapun tipe kepribadian diantaranya :

  • Introvert , orang dengan kepribadian ini cenderung menutup diri dengan lingkungan dan terkadang lebih asyik dengan dunia nya sendiri. Beberapa ciri orang dengan kepribadian ini adalah pendiam dan suka memendam masalah.
  • Extrovert , orang dengan kepribadian ini lebih terbuka dan mampu mengungkapkan perasaan dan fikiranya serta terkesan cerewet dalam beberapa hal.

Selain perbedaan tipe kepribadian ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku seseorang yakni :

  • Faktor lingkungan tempat tinggal, dimana jika seseorang berada di lingkungan baik keluarga yang suka bercanda maka lama kelamaan akan menjadikan seseorang awalnya pendiam jadi lebih ceria dan begitu pula sebaliknya
  • Adanya trauma di masa lalu, misal kejadian yang tidak sesuai harapan serta membekas di memori seseorang juga bisa mempengaruhi sikap seseorang
  • Rasa tidak percaya diri berlebihan bisa mempengaruhi seseorang merasa tidak sebaik orang lain dan malu untuk berkumpul dengan orang lain.

Jadi menurut saya orang yang introvert atau pendiam belum tentu buruk bagi pergaulan karena saya pribadi nyaman memiliki teman yang introvert atau pendiam karena berkebalikan dengan saya yang ekstrovert. Yang mana memiliki teman introvert atau pendiam juga memiliki keuntungan tersendiri karena mereka yang tidak suka banyak bicara pastinya bisa menjaga rahasia kita sebagai sahabat.

1 Like

Menurutku ada benarnya, biasanya orang pendiam akan sulit untu memulai perkenalan terlebih dahulu dengan orang yang baru ditemuinya. Namun, ini bukanlah suatu hal yang buruk karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda dan memiliki kelebihan masing-masing serta bukan berarti ia diam karena ingin menutup diri dalam bersosial hanya saja membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memulai.

Lalu, kebanyakan juga orang yang pendiam dimuka umum justru akan berbicara lepas ketika bersama orang-orang terdekatnya. Hal ini menunjukkan bahwa orang yang pendiam hanya terlalu berhati-hati untuk memulai percakapan.

1 Like